Liburan? Ini Tempat Wisata di Bandung Terlengkap dan Terupdate!

6
63
dusun bambu tempat wisata murah bandung

Kali ini, artikel yang saya sajikan akan membahas tempat wisata di Bandung. Pastinya, Anda suka liburan kan? So, mari kita lihat list tempat wisata yang indah dan tentu saja murah meriah di Bandung!

Wisata Taman di Bandung

Jika Anda hanya mempunyai waktu yang sangat terbatas di kota Bandung, maka pilihan untuk berwisata keliling taman yang ada di Kota Bandung bisa menjadi solusi. Selain tempatnya yang mudah dijangkau karena masih berada di tengah kota. Berwisata keliling taman kota Bandung ini juga bisa Anda lakukan hanya dalam sehari saja. Dan tentu saja beberapa tempat wisata bandung tersebut gratis alias tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Penasaran kan? Simak penjelasannya berikut ini:

Taman Balai Kota

taman balai kota bandung
Taman Balai Kota Bandung – sumber gambar: lokawisatabandung.com

Sesuai dengan namanya, taman ini terletak di kawasan Balai Kota Bandung. Tepatnya terletak di sebelah selatan Balai Kota Bandung. Suasana ditaman ini cukup sejuk karena dikelilingi oleh pohon – pohon besar. Di taman ini kita bisa menikmati berbagai jenis bunga yang berwarna warni. Ditengah taman terdapat juga kolam ikan yang terdapat air mancur. Selain asri dan sejuk untuk menghilangkan kepenatan, kita juga disuguhkan dengan berbagai macam satwa yang terdapat di kebun binatang mini. Untuk masuk ke Taman ini, Anda tidak akan dipungut biaya masuk. Hanya mengeluarkan biaya parkir saja jika Anda menggunakan kendaraan pribadi.

Lokasi: Taman Balai Kota.

Taman Sejarah

Taman Sejarah Bandung – sumber gambar: tourbandung.id

Dari Taman Balai Kota Bandung, Anda jangan berpindah lokasi terlebih dahulu. Berjalanlah sedikit kearah Utara. Anda bisa menelusuri jalan setapak yang berada di sebelah kanan kantor Balai Kota Bandung, atau bagian kantor yang mengarah ke Jalan Merdeka. Ya, Taman sejarah ini masih berada dikawasan Balai Kota Bandung. Hanya dipisahkan oleh Bangunan Kantor Balai Kota Bandung itu sendiri. Di Taman ini Anda dapat menemukan sejarah Kota Bandung beserta informasi pemimpin Kota Bandung dari masa ke masa. Di Taman ini juga terdapat dua kolam kecil yang sering dimanfaatkan oleh anak – anak untuk bermain air dan berenang.

Lokasi: Taman Sejarah.

Taman Vanda

taman vanda tempat wisata di bandung
Taman Vanda – sumber gambar: tempatwisatadibandung.info

Setelah puas menikmati Taman Balai Kota dan Taman Sejarah, masih ada satu taman lagi yang bisa Anda kunjungi tanpa perlu menggunakan kembali kendaraan Anda. Tinggal menyeberang saja ke arah Bank Indonesia yang berada tepat di seberang pintu masuk Taman Balai Kota. Taman Vanda ini terletak persis di pertigaan antara Jalan Merdeka menuju ke jalan Braga dan Wastu Kencana. Jika beruntung Anda dapat menikmati tarian air mancur yang ada di kolam taman. Lokasi yang strategis dan di kelilingi oleh gedung – gedung berlatar vintage, menjadikan taman ini sering dipakai untuk lokasi pemotretan.

Lokasi: Taman Vanda.

Taman Lansia

taman lansia bandung
Taman Lansia – sumber gambar: reisha.net

Meskipun bernama Taman Lansia, akan tetapi taman ini ramai dikunjungi oleh semua kalangan. Mulai dari anak – anak hingga dewasa. Taman ini terletak di sebelah Gedung Sate dan di seberang Museum Geologi Bandung. Dinamakan Taman Lansia, karena dahulunya sebelum direnovasi seperti sekarang ini, taman tersebut rutin digunakan oleh para lansia untuk berolah raga.

Lokasi: Taman Lansia.

Taman Pustaka Bunga

taman pustaka bunga tempat wisata di bandung
Taman Pustaka Bunga – sumber gambar: wisatadiindonesia.com

Taman ini sebelum direnovasi lebih dikenal oleh masyarakat Bandung dengan nama taman cilaki. Letaknya berada didaerah cilaki, persis disebelah taman lansia. Sesuai dengan namanya, taman ini diisi berbagai macam bunga dan tanaman lainnya. Selain dapat menikmati berbagai macam bunga yang indah, pengunjung juga dapat membawa pulang beberapa jenis bunga. Tentu saja tidak cuma – cuma. Di taman ini terdapat penjualan beberapa tanaman hias.

Lokasi: Taman Pustaka Bunga.

Taman Hutan Raya (Tahura) Djuanda

taman hutan raya djuanda tempat wisata di bandung
Taman Hutan Raya Djuanda – sumber gambar: tempatwisatadibandung.info

Taman Hutan Raya Djuanda merupakan daerah hutan konservasi yang dibuka untuk dikunjungi. Tanaman di hutan ini didominasi oleh jenis tanaman pinus. Terletak di daerah dago Bandung dengan lingkungan yang sejuk dan asri khas pegunungan. Di taman hutan ini Anda bisa melakukan berbagai kegiatan. Mulai dari hiking, menikmati udara segar hutan pinus, menikmati keindahan air terjun Curug Omas, Berpetualang di Goa Jepang dan Goa Belanda. Untuk masuk ke taman hutan ini memerlukan biaya, yang sebagian besar digunakan untuk melestarikan hutan pinus didalamnya. Harga tiket masuknya berkisar antara Rp. 10.000 hingga Rp 20.000.

Lokasi: Taman Hutan Raya Djuanda.

Taman Hutan Kota Babakan Siliwangi

taman hutan kota babakan siliwangi tempat wisata di bandung
Taman Hutan Kota Bandung – sumber gambar: pegipegi.com

Satu hal yang unik di Kota Bandung adalah masih terdapat banyak hutan yang asri ditengah kota. Salah satunya adalah Hutan Kota Babakan Siliwangi. Ditaman ini Anda bisa menikmati suasana hutan tanpa harus takut terkena lumpur. Hal tersebut dapat dilakukan karena di sekiling taman ini sudah dibuat jalur khusus yang dinamakan forest walk untuk kenyamanan para pengunjung. Untuk menelusuri seluruh sudut taman hutan ini, pastikan Anda untuk membawa bekal selama perjalanan. Karena, meskipun terlihat kecil, jarak yang ditempuh cukup lumayan dan bergelombang. Berbeda dengan taman hutan raya djuanda, untuk masuk ke taman ini tidak dipungut biaya.

Lokasi: Taman Hutan Kota.

Taman Alun Alun Regol

taman alun alun regol tempat wisata di bandung
Taman Regol – sumber gambar: destinasibandung.co.id

Taman Alun – Alun Regol ini baru saja dibuka pada tahun 2018. Sebelumnya, lokasi yang berada dibantaran sungai cikapundung ini, dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah sementara. Adakalanya sampah yang ditumpuk dilokasi tersebut meluap hingga mengotori sungai cikapundung. Untuk mengatasi masalah tersebut, akhirnya pemerintah kota Bandung merubah tempat tersebut menjadi taman kota.

Di tempat ini, Anda bisa menikmati keindahan alam yang sejuk yang dikelilingi pohon besar sambil ditemani gemercik air pinggir sungai cikapundung. Selain dapat merasakan udara segar, ditempat ini juga banyak terdapat spot foto yang instragamable. Terdapat juga kolam renang kecil untuk anak – anak dan beberapa wahana sederhana seperti istana balon, mobil RC, kereta mini, melukis, menangkap ikan. Untuk menambah kebetahan Anda ditaman ini, di pinggir jalan sepanjang taman Anda akan menemukan jajanan pasar yang tertata rapi dan menggugah selera. Untuk masuk ketaman ini tidak dipungut biaya apapun kecuali biaya parkir kendaraan pribadi.

Lokasi: Taman Alun – Alun Regol.

Teras Cikapundung

teras cikapundung tempat wisata di bandung
Taman Teras Cikapundung – sumber gambar: serbabandung.com

Taman Teras Cikapundung ini sebenarnya masih merupakan bagian dari taman hutan kota babakan siliwangi (baksil) yang telah kita bahas sebelumnya. Terpisah oleh jalan raya siliwangi itu sendiri sehingga seolah – olah menjadi 2 area yang terpisah, persis seperti taman balai kota dan taman sejarah yang terletak di kawasan balai kota bandung. Taman ini memiliki konsep urban dan ekologi yang terletak di sekitar aliran sungai cikapundung yang membelah jalan siliwangi. Disini Anda dapat menikmati gemercik aliran air sungai cikapundung ditemani beberapa fasilitas pendukung lainnya seperti: ampitheater, taman, monumen, jembatan, kolam, gazebo dan spot foto yang instragamable tentunya.

Lokasi: Teras Cikapundung.

Taman Lampion Tegalega

taman lampion tegalega tempat wisata di bandung
Taman Lampion Tegalega – sumber gambar: regional.kompas.com

Taman lampion tegalega ini baru saja dibuka kembali pada pertengahan 2018 yang lalu setelah mengalami renovasi. Taman ini dilengkapi berbagai macam fasilitas yang akan membuat pengunjung untuk betah berlama – lama ditaman ini. Hanya dengan mengeluarkan kocek Rp. 1000 saja (Ya, Anda tidak salah baca, seribu rupiah), Anda dapat menikmati banyak tempat refreshing, jogging track, lapangan bola, dan beberapa hiburan lain. Selain itu ada sekitar 20 replika dinosaurus yang berfungsi sebagai lampion dan akan menyala saat malam harinya.

Lokasi: Taman Lampion Tegalega.

Kiara Artha Park

kiara artha park tempat wisata di bandung
Kiara Artha Park Bandung – sumber gambar: wisatalengkap.com

Satu lagi taman di Bandung yang baru saja diresmikan dan dibuka untuk umum yaitu Kiara Artha Park Bandung. Taman yang berlokasi di Perempatan antara jalan Kiaracondong dan jalan Jakarta ini memiliki luas 2.6 hektare. Didalamnya terdapat area yang dibangun untuk memperingati Konferensi Asia Afrika. Salah satu atraksi yang paling ditunggu di taman ini adalah air mancur menari. Anda bisa menyaksikan atraksi ini setiap Senin hingga Jumat pada pukul 18.30 dan 19.30 serta hari Sabtu dan Minggu pukul 18.30, 19.30 dan 20.30. Dan tentu saja gratis alias tidak dipungut biaya.

Lokasi: Kiara Artha Park.

Taman Ganesha

taman ganesha tempat wisata di bandung
Taman Ganesha – sumber gambar: kktransbandung.com

Taman Ganesha berlokasi tepat di seberang kampus ITB (Institut Teknologi Bandung) yang di Jalan Ganesha. Lokasinya disebelah Mesjid Salman. Tamannya sangat sejuk karena di penuhi oleh pepohonan besar dan tua. Karena lokasinya berdekatan dengan kampus, maka di sekeliling taman ini Anda juga bisa sambil menikmati wisata kuliner jajanan Bandung. Taman ini direvitalisasi tahun 2014 dan turut dibantu oleh alumni ITB itu sendiri.

Lokasi: Taman Ganesha.

Wisata Edukasi Anak di Bandung

Tidak hanya sekedar mengisi liburan, tempat wisata di Bandung juga memiliki nilai edukasi. Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ingin mengajak sibuah hati untuk menikmati kawasan wisata di Bandung. Berikut beberapa tempat wisata di Bandung yang memiliki nilai edukasi:

Museum Geologi

museum geologi tempat wisata edukasi anak di bandung
Museum Geologi Bandung – sumber gambar: feelstheadventureinbali.wordpress.com

Salah satu museum yang cukup terkenal dan paling banyak dikunjungi di kota bandung adalah museum geologi. Museum ini sering dikunjungi anak sekolah yang menjalankan study tour. Didalamnya terdapat bermacam koleksi seperti batuan, mineral, meteroit, fosil dan artefak. Selain itu yang menjadi daya tarik utama dari museum ini adalah fosil manusia purba Homo erectus, fosil gajah purba Stegodon trigonocephalus dan replika fosil dinosaurus paling ganas Tyrannosaurus rex.

Harga tiket untuk masuk ke Museum Geologi Bandung cukup terjangkau yaitu Rp .2.000 untuk pelajar, Rp. 3.000 untuk wisatawan lokal, dan Rp. 10.000 untuk wisatawan asing. Museum Geologi buka dari jam 9 s/d 15.30 hari Senin sampai Kamis. Dan jam 9 s/d 13.30 pada hari Sabtu dan Minggu. Museum ini tutup setiap hari Jumat dan hari libur nasional.

Lokasi: Museum Geologi.

Museum Sri Baduga

museum sri baduga tempat wisata edukasi anak di bandung
Museum Sri Baduga – sumber gambar: sejarahlengkap.com

Museum Sri Baduga merupakan museum yang menyimpan berbagai macam koleksi peninggalan sejarah di Jawa Barat. Museum ini terletak di jalan BKR tepat di seberang lapangan tegalega yang terkenal dengan taman lampionnya. Koleksi yang dimiliki saat ini hampir mencapai 6000 an benda yang terdiri dari koleksi benda-benda bersejarah Keramik, Seni Rupa, benda budaya dan Teknologi. Koleksi tersebut tidak terbatas hanya pada benda asli, tapi juga dilengkapi dengan koleksi replika, miniatur, foto, dan maket. Museum ini buka pada hari selasa s/d minggu jam 08.00 – 16.00 wib, dan hari senin libur. Harga tiket masuknya pun cukup terjangkau yaitu Rp. 2.500 / orang.

Lokasi: Museum Sri Baduga.

Museum Konferensi Asia Afrika

museum konferensi asia afrika tempat wisata edukasi anak di bandung
Museum Konferensi Asia Afrika – sumber gambar: tourbandung.id

Museum Konferensi Asia Afrika sebenarnya merupakan bagian dari Gedung Merdeka. Tempat ini merupakan saksi sejarah berkumpulnya para pemimpin – pemimpin dari negara Asian dan Afrika dalam melaksanakan Konferensi Asia Afrika yang diselenggarakan pada tanggal 18-24 April 1955. 25 tahun setelah kejadian bersejarah itu, barulah gedung ini diresmikan menjadi Museum Konferensi Asia Afrika oleh Presiden Soeharto pada tanggal 24 April 1980. Museum ini dibangun oleh Pemerintah Republik Indonesia dan berada di bawah wewenang Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Sementara pengelolaannya di bawah koordinasi Departemen Luar Negeri dan Pemerintah Daerah Tingkat I Provinsi Jawa Barat.

Museum ini buka pada hari selasa s/d kamis jam 08.00-16.00 WIB, hari jum’at jam 14.00 – 16.00 WIB, dan hari sabtu – minggu jam 09.00 – 16.00 WIB. Tidak dipungut biaya apapun untuk masuk kedalamnya.

Lokasi: Museum Konferensi Asia Afrika.

Saung Angklung Udjo

saung angklung udjo tempat wisata edukasi anak di bandung
Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo merupakan tempat pertunjukan angklung, pusat kerajinan dari bambu, dan sebagai tempat belajar kebudayaan sunda khususnya alat musik angklung. Tempat ini didirikan oleh seorang seniman kelahiran tanah sunda yang biasa dikenal dengan nama Mang Udjo. Ditempat ini kita dapat menyaksikan berbagai pertunjukan seni kebudayaan sunda seperti konser angklung, tarian sunda dan wayang golek. Untuk memesan tiket pertunjukan tersebut Anda dapat memesan secara online melalui website angklung udjo atau melalui agen travel daring seperti traveloka.

Lokasi: Saung Angklung Udjo.

Observatorium Bosscha

observatorium bosscha tempat wisata edukasi anak di bandung
Observatorium Bosscha – sumber gambar: bosscha.id

Observatorium Bosscha adalah lembaga riset yang berada di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung (FMIPA ITB). Observatorium Bosscha (dahulu bernama Bosscha Sterrenwacht) dibangun oleh Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereniging (NISV) atau Perhimpunan Astronomi Hindia Belanda. Pembangunan observatorium ini sendiri menghabiskan waktu kurang lebih 5 tahun sejak tahun 1923 sampai dengan tahun 1928.

Walaupun sebagai tempat riset, observatorium boscha juga dibuka untuk dikunjungi. Berdasarkan informasi resmi diwebsite Bosscha, jadwal kunjungan terbagi menjadi dua sesi, yaitu kunjungan siang dan kunjungan malam. Untuk kunjungan siang, pengunjung dapat melihat cara kerja teleskop Zeiss (tidak meneropong) dan mendapat informasi astronomi di ruang multimedia. Pengunjung harus mendaftar terlebih dahulu dengan biaya Rp. 15.000/orang. Sedangkan untuk kunjungan malam jika langit cerah (tidak mendung/hujan/berkabut) dengan biaya Rp. 20.000/orang pengunjung dapat melakukan:

  • melihat cara kerja teleskop Zeiss (tidak meneropong),
  • mendapat informasi astronomi di ruang multimedia dan
  • meneropong langsung dengan teleskop portable dan teleskop Bamberg.

Mengasikkan bukan?. Selain bisa melihat langit dan bintang, kita juga mendapatkan tambahan edukasi astronomi jika berkunjung ke tempat ini.

Lokasi: Observatorium Bosscha

Jendela Alam

jendela alam tempat wisata edukasi anak di bandung
Jendela Alam – sumber gambar: tempatwisatadibandung.info

Jendela Alam merupakan tempat wisata yang memadukan kegiatan wisata dengan unsur edukasi dengan cara bermain di alam terbuka. Terdapat empat program edukasi utama yang ditawarkan oleh tempat ini yaitu: jendela edukasi, jendela permainan, jendela workshop dan jendela seni.

Pada program jendela edukasi, anak – anak akan diajak berkeliling sekitar lokasi untuk melihat hewan dan tumbuhan yang dipandu oleh tour guide. Selain itu ditawarkan juga beberapa kegiatan menarik lainnya seperti: berkebun konvensional, berburu harta karun, panen telur, panen tomat, bercocok tanam terarium, membuat yoghurt, memberi makan hewan, membuat telur asin dan membuat cincau.

Dalam jendela permainan disuguhkan permainan yang dapat merangsang syaraf motorik anak – anak. Permainan yang diselenggarakan seperti: menangkap ikan, perang air, berenang, menggiring bebek, berkuda dan flying fox. Selain itu disini juga terdapat permainan berkelompok yang dapat mengasah kemampuan kerjasama anak. Permainannya antara lain: ballon transfer, floating water stick, four stroke race, fun hula, magic ball, dan tarik tambang.

Di Jendela Workshop, anak – anak akan diajak untuk mengetahui sesuatu dengan cara langsung mempraktekkan bermacam kegiatan. Kegiatan yang diselenggarakan di jendela workshop antara lain: bedah anatomi hewan, workshop hidroponik, biogas, komposting, dan magic box takakura.

Pada jendela seni, anak – anak akan dibimbing oleh fasilitator untuk mempelajari berbagam macam kegiatan seni. Sepert: menghias layang – layang, menghias tanah liat, dan prakarya organik.

Menarik bukan, ragam kegiatan yang diadakan oleh jendela alam ini?. Tempat ini beroperasi setiap hari senin s/d jumat jam 8.30 – 16.00, serta hari sabtu minggu dan hari libur jam 8.30 – 16.30. Untuk harga tiket masuk per orang dikenai tarif Rp. 10.000 untuk hari biasa dan Rp. 15.000 untuk hari sabtu minggu dan hari libur. Harga tiket belum termasuk harga setiap kegiatan yang diselenggarakan di masing-masing program yang diikuti.

Lokasi: Jendela Alam

Taman Lalu Lintas

taman lalu lintas tempat wisata edukasi anak di bandung
Taman Lalu Lintas – sumber gambar: myeatandtravelstory.wordpress.com

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani adalah taman rekreasi sekaligus taman edukasi dalam berlalu lintas bagi anak – anak. Taman ini secara aktif menyelenggarakan kegiatan penyuluhan dan pendidikan keamanan dalam berlalu lintas kepada murid taman kanak – kanak. Salah satu materi yang diajarkan adalah bagaimana cara menyeberang jalan yang aman.

Taman ini sangat cocok untuk tempat bersantai dan berlibur yang cukup murah ditengah kota bandung. Hanya dengan merogoh kocek Rp. 6.000 per orang pada hari biasa dan Rp. 7.000 per orang pada hari minggu atau hari libur. Kita dapat menikmati sejuknya kota Bandung di taman ini, karena di taman yang memiliki luas lebih kurang 3.5 Ha ini terdapat lebih dari 1000 pohon. Selain itu terdapat juga taman bunga.

Tidak hanya itu, beragam wahana pun dapat dinikmati disini dengan harga yang cukup murah juga tentunya, bahkan ada juga yang gratis. Wahana yang terdapat ditaman ini antara lain: kereta api mini, sepeda mini, kerosel, kolam renang anak, kolam pancing anak, mobil batere, flying fox, ayunan, prosotan, dan masih banyak lagi. Taman ini buka setiap hari senin s/d kamis dan hari sabtu s/d minggu. Libur pada hari jumat kecuali hari besar nasional.

Lokasi: Taman Lalu Lintas.

Wisata Alam di Bandung

Tidak dipungkiri lagi, salah satu daya tarik Bandung dan daerah disekitarnya bagi para wisatawan domestik perkotaan seperti jabodebek adalah alamnya yang sejuk dan asri. Dengan modal keindahan alam yang mempesona ditambah banyaknya fasilitas penunjang seperti tempat penginapan murah dan transportasi yang terjangkau maka tidaklah heran mengapa Bandung selalu macet setiap akhir pekan. Dimana sajakah tempat wisata alam di Bandung yang terbaik? Berikut rekomendasi dari Greatnesia:

The Lodge Maribaya

the lodge maribaya
The Lodge Maribaya – sumber gambar: dakatour.com

Salah satu tempat wisata di Bandung yang sangat populer sampai saat ini adalah Lodge Maribaya. Jangan khawatir, jika anda mengunjungi tempat ini, dijamin anda pasti akan sangat puas. Banyak yang sudah merasakannya.

Di tempat wisata ini, anda akan disuguhi hutan pinus yang terhampar luas nan hijau. Pemandangan ini sangat sejuk dipandang. Selain itu, ada beraneka ragam wahana yang bisa anda nikmati di Lodge Maribaya ini. Inilah yang akan membuat liburanmu dengan keluarga dan teman tercinta semakin berkesan. Contoh wahana yang bisa anda nikmati adalah zip bike, sky tree, mountain swing, dan masih banyak lagi.

Tempat ini sangat cocok untuk anda yang suka gathering, camping, bahkan untuk mengadakan pesta pernikahan. It is so great.

Lalu, berapa tarif untuk masuk ke Lodge Maribaya? Tidak usah resah, tarifnya sangat ramah di kantong. Pada hari Senin hingga Jumat, tarifnya Rp. 15.000. Untuk hari Sabtu dan Minggu, tarifnya Rp. 25.000. lalu, untuk hari libur tarifnya Rp. 35.000. bagaimana, murah kan?

Lokasi: The Lodge Maribaya.

Farm House

farm house tempat wisata di bandung
Farm House – sumber gambar: traveloka.com

Pastinya, setiap orang, khususnya anda ingin sekali bisa jalan-jalan ke Eropa. Tapi tentu butuh biaya yang super mahal. Tenang saja, anda masih bisa menikmati tempat wisata murah di Indonesia ala Eropa, tentunya di Farm House Bandung. Suasana di tempat wisata ini begitu identic dengan suasana ala Eropa.

Saat memasuki Farm House, anda akan melihat peternakan juga berbagai bangunan yang dibangun dengan gaya ala Eropa. Anda juga bisa memakai kostum ala Eropa yang disediakan di sini sambil berkeliling dan berfoto ria. It is very unique.    

Farm House ini bisa anda kunjungi setiap hari. Hari Senin sampai Jumat, Farm House buka mulai pukul 09.00 sampai 20.00. sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu buka dari pukul 08.00 sampai 20.00. untuk tiketnya sangat murah, yaitu Cuma Rp. 20.000.

Lokasi: Farmhouse Susu Lembang.

Leisure Park, Dusun Bambu

dusun bambu
Dusun Bambu – sumber gambar: travel.tribunnews.com

Sesuai dengan namanya, yakni ‘dusun’, pastinya tempat ini dikelilingi pemandangan hijau yang begitu segar. Jika anda ingin relax dan bersantai ria, tempat ini sangat cocok buat anda. Di Leisure Park ini, ada banyak area yang sudah disiapkan untuk anda untuk bersantai. Anda juga bisa mendapatkan pengalaman yang begitu berkesan dengan mengunjungi dan menikmati makanan di sebuah restoran ala Lutung Kasarung dan juga kafe Burangrang.

Biaya masuk ke tempat ini juga begitu murah, Cuma dengan Rp. 15.000, anda bisa mengunjungi Dusun Bambu setiap hari yang buka mulai pukul 08.00 hingga 21.00 WIB.

Lokasi: Dusun Bambu.

Dago Dream Park

dago dream park tempat wisata di bandung
Dago Dream Park – sumber gambar: bandungkunafe.com

Ada lagi objek wisata di bandung yang penuh dengan keindahan pohon pinus, yakni Dago Dreampark. Di tempat ini, Anda akan menemukan banyak spot cantik untuk berfoto ria dengan keluarga, teman, atau pasangan anda. Yang harus kamu tahu, jumlah dari spot tersebut kurang lebih 999. Wow, banyak kan?

Yakinlah, anda tidak akan menyesal liburan disini karena ada juga berbagai wahana yang menemani keseharian anda. Tiket masuknya pun super murah, Cuma Rp. 20.000.

Lokasi: Dago Dream Park.

De’ Ranch

de ranch bandung
De’ Ranch Lembang Bandung – sumber gambar: satulensa.com

Tertarik menunggang kuda ala cowboy? Kalau jawabannya adalah iya, Anda dapat menikmatinya di De’ Ranch Lembang Bandung. Disini kita dapat menunggang kuda, berfoto ala cowboy, dan masih banyak wahana lainnya. Tempat ini buka setiap hari kecuali hari senin dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore. Khusus weekend dan hari libur nasional tempat ini buka lebih pagi yaitu jam 8 pagi dan tutup lebih sore, jam 6 sore.

Tidak hanya menunggang kuda dan berfoto ala cowboy, bermacam ragam permainan yang dapat dinikmati oleh anak – anak maupun dewasa. Antara lain: naik delman, bermain kelinci, sepeda, trampolin, memancing, panahan, memberi makan domba dan kambing, flying, balon air dan masih banyak lagi. Jadi tunggu apa lagi. Bagi yang sudah tidak sabar berikut petunjuk di google maps untuk menuju De’ Ranch lembang Bandung.

Lokasi: De’ Ranch.

D’ Dieuland

didieuland tempat wisata di bandung
D’ Dieuland Bandung – sumber gambar: jalanjalanajah.blogspot.com

Satu lagi tempat wisata alam di bandung yang instragamable adalah D’Dieuland. D’Dieu dalam bahasa sunda artinya disini. Nama ini digunakan karena nama Disini Land pelafalannya jadi mirip Disney Land, sehingga terbentur dalam hal perijinan. Tempat rekreasi dengan luas lebih kurang 5.500 meter persegi ini menyajikan pemandangan alam khas daerah punclut Bandung yang dipadukan dengan banyak sekali spot untuk menikmatinya. Di spot – spot yang disediakan tersebut, tentunya instagramable, bisa juga sebagai tempat bersantai dan bermalas malasan sejenak sambil menikmati udara yang sejuk.

Selain itu tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai wahana permainan outdoor. Seperti flying fox, Sky Walk, Gyroscop Flywheel dan lain sebagainya. Untuk anak – anak juga tersedia arena permainan indoor. Tempat ini buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 10 malam.

Lokasi: D’ Dieuland.

Floating Market Lembang

floating market lembang
Floating Market Lembang – arozaqtour.com

Floating Market konsep awalnya memang menyajikan suasana pasar diatas air alias terapung seperti pasar apung yang terdapat di daerah kalimantan. Disini kita dapat menikmati berbagai jajanan dan makanan yang dijual diatas perahu. Meskipun untuk menikmatinya kita tetap berada di daratan. Dahulunya untuk menikmati setiap kuliner yang dijajakan di atas perahu tersebut kita diwajibkan menggunakan koin khusus floating market yang dapat di beli di booth penukaran koin. Namun saat ini sistem tersebut sudah diganti dengan smart card, seperti penggunaan kartu elektronik terbitan bank (emoney dkk).

Selain menyajikan pasar terapung, disekeliling tempat ini juga terdapat bermacam wahana permainan yang selalu saja bertambah setiap kali Greaters mengunjungi tempat ini. Wahan yang tersedia seperti: Kota Mini, Penyewaan kostum Jepang dan Korea, Rainbow Garden, Kano, Sampan, Paddle Boat, Sepeda Air, Miniatur Kereta Api, Taman Kelinci, Mini zoo dan masih banyak lagi.

Tiket masuk ketempat ini Rp. 20.000 per orang pada hari biasa dan Rp. 25.000 per orang pada weekend dan hari libur. Tiket tersebut dapat ditukarkan dengan segelas minuman hangat atau dingin pada pintu masuk.

Lokasi: Floating Market Lembang.

Tangkuban Perahu

tangkuban parahu tempat wisata di bandung
Tangkuban Perahu – sumber gambar: merahputih.com

Gunung Tangkuban Perahu merupakan kawasan wisata yang sudah sangat terkenal di Bandung bahkan bisa dibilang menjadi iconnya Bandung. Kurang lengkap kalau berkunjung ke Bandung jika belum ke Tangkuban Perahu.

Gunung ini juga identik dengan salah satu cerita rakyat “Sangkuriang”. Dalam cerita tersebut dikisahkan, Sangkuriang jatuh cinta kepada ibunya sendiri yaitu Dayang Sumbi. Untuk menggagalkan keinginan anaknya tersebut, Dayang Sumbi mengajukan sarat untuk membuat sebuah telaga dan perahu dalam semalam, sebelum ayam berkokok. Walaupun sebenarnya sangkuriang berhasil membuat telaga tersebut, namun Dayang Sumbi memebangunkan seekor ayam agar berkokok walau pagi belum datang. Karena merasa usahanya gagal, Sangkuriang marah dan menendang perahu yang dibuatnya tadi sampai perahu tersebut terbalik. Perahu inilah yang dalam legenda tersebut membentuk sebuah gunung Tangkuban Perahu. Dalam bahasa sunda tangkuban perahu tersebut bisa diartikan perahu yang tertelungkup / terbalik.

Gunung Tangkuban perahu Bandung memiliki beberapa kawasan hutan dan kawah yang masih aktif. Baru – baru ini tangkuban perahu sempat ditutup dan tidak menerima pengunjung karena statusnya meningkat menjadi siaga. Jika dibuka, kawasan ini bisa dikunjungi dengan harga tiket masuk Rp. 15.000 per orang.

Lokasi: Tangkuban Parahu.

Kawah Putih

kawah putih
Kawah Putih – sumber gambar: kepogaul.com

Kawah Putih pada awalnya merupakan sebuah danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha. Disebut Kawah Putih karena danau yang terbentuk, air nya berwarna putih akibat campuran belerang disekitarnya. Selain berwarna putih kadang air di danau ini berubah menjadi warna kehijauan. Danau yang berada pada ketinggian 2194 meter diatas permukaan laut ini, memiliki luas lebih kurang 25 Ha. Saking luasnya cukup 5 Ha saja yang dijadikan kawasan wisata.

Untuk berkunjung ke tempat ini, Anda disarankan untuk membawa serta jaket tebal. Karena sewaktu waktu udara di sekitar kawah dapat berubah menjadi ekstrim secara cepat. Bahkan bisa mencapai suhu hingga 5 derjat celcius. Harga tiket masuk ke kawasan Kawah Putih adalah Rp. 17.000 per orang.

Lokasi: Kawah Putih.

Kebun Bunga Begonia

kebun bunga begonia tempat wisata di bandung
Kebun Begonia – sumber gambar: club.iyaa.com

Tak salah kiranya Bandung dijuluki sebagai kota kembang, karena dimanapun Anda melangkah banyak terdapat bunga – bunga yang bermekaran. Salah satunya bisa Anda nikmati di kubun bunga Begonia Lembang Bandung. Di tempat ini Anda dapat menikmati berbagai jenis bunga yang disusun begitu rapi dan asri. Ada banyak benda – benda pendukung yang bisa Anda jadikan sebagai tempat berfoto. Seperti sepeda, saung, patung hewan, miniatur delman, bangku dengan bentuk hati dan masih banyak lagi.

Salah satu yang menarik di tempat ini adalah cafenya. Selain memesan makanan dari menu yang tersedia. Anda dapat memetik langsung buah dan sayur dari kebun yang telah ditanami berbagai jenis tanaman. Hasil panen tersebut dapat dibawa pulang atau dimasak langsung ditempat. Kebun ini juga sering dijadikan tempat untuk foto pre-wedding. Oleh karena itu jangan heran jika Anda berkunjung kesini tiba – tiba terdapat pasangan yang sedang berfoto mesra lengkap dengan fotografer dan kostum yang unik.

Lokasi: Kebun Bunga Begonia.

Rabbit Town

rabbit town bandung
Rabbit Town – sumber gambar: tourbandung.id

Tempat wisata di Bandung yang satu ini bisa dibilang masih baru, karena baru saja dibuka pada awal tahun 2018 yang lalu. Sesuai dengan namanya tentu saja tema wisata yang ditawarkan di tempat ini adalah kelinci. Bahkan Anda pun dapat membawa pulang kelinci – kelinci yang dijual di tempat ini. Konsep yang diusung oleh tempat ini adalah dengan menggabungkan kebun binatang dengan ikon utama kelinci dan tempat kuliner.

Tak hanya kebun binatang mini yang diisi oleh kelinci, merpati, monyet dll, tempat ini juga menyediakan wahan bermain untuk anak – anak. Wahana yang dapat dinikmati antara lain: jungle arena, la store, love light, museum ice cream, dragonfish, love lock, hollywoodland, dan masih banyak lagi. Pada hari biasa tempat ini buka dari jam 12 siang hingga jam 8 malam. Sedangkan pada saat weekend dan hari libur nasional buka dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam.

Lokasi: Rabbit Town.

Orchid Forest Cikole

orchid forest cikole tempat wisata di bandung
Orchid Forest Cikole – sumber gambar: merahputih.com

Koleksi tanaman anggrek yang dimiliki oleh Orchid Forest Cikole ini sudah mencapai ratusan jenis. Bahkan di tempat ini juga terdapat jenis anggrek langka yang berhasil dikembang biakan. Seperti jenis anggrek hitam yang terkenal sulit untuk di tanam dan anggrek kantong semar. Selain sebagai tempat penangkaran anggrek, tempat wisata di bandung yang satu ini terus menambah wahana dan tempat bersantai yang baru.

Pada akhir februari tahun 2019 yang lalu, di tempat ini dengan sukses terselenggara Festival Musik Hutan Internasional. Selain itu, tempat ini juga sempat viral dengan sky bridgenya. Terutama pada malam hari. Karena di sepanjang sky bridge dipasangi lampu – lampu yang akan menyala pada malam hari. Pengunjung akan dikenakan tarif sekitar Rp. 35.000 per orang untuk masuk ke area Orchid Forest Cikole.

Lokasi: Orchid Forest Cikole.

Kebun Binatang Bandung

kebun binatang bandung
Kebun Binatang Bandung – sumber gambar: wartakini.co

Kota Bandung juga memiliki sebuah kebun binatang yang di huni oleh beragam satwa penangkaran. Kebun binatang ini sendiri sudah berdiri sejak jaman pemerintah hindia belanda pada tahun 1930 oleh lembaga Bandung Zoological Park (BZP). Berdiri diatas lahan seluas 13.5 Ha. Kebun binatang ini memiliki koleksi hampir seribu satwa yang terdiri dari 80 lebih jenis. Mulai dari berbagai jenis burung, harimau, singa, gajah, orang utan, simpanse, jerapah, unta, kudanil dan lainnya.

Selain menikmati berbagai macam satwa, tempat ini juga dilengkapi dengan tempat rekreasi dan tempat bermain anak. Berbagai wahana dapat dinikmati di kebun binatang ini. Untuk masuk ke tempat ini setiap pengunjung akan dikenakan biaya Rp. 40.000. Harga tiket ini mualai dikenakan untuk anak usia 3 tahun keatas. Kebun Binatang Bandung buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore.

Lokasi: Kebun Binatang Bandung.

Itulah informasi beberapa tempat wisata di Bandung yang bisa Greatnesia ulas. Selain sebagai tempat wisata, Bandung juga terkenal sebagai tempat nongkrong anak milenial dan tempat belanja kaum hawa. Silahkan di klik tautan tersebut. Sengaja ditulis terpisah karena tulisan ini sudah terlalu panjang dan ada kemungkinan bertambah lagi ketika ada tempat wisata yang baru :).

Tunggu apa lagi? Ayo, liburan ke tempat wisata di Bandung sekarang!

6 KOMENTAR

  1. […] Anda semua pasti tahu tepung kanji. Bahan makanan yang satu ini memang banyak dikenal orang karena mudah diolah menjadi berbagai sajian makanan yang lezat. Selain itu, harganya pun murah dan bahan ini bisa dengan mudahnya anda dapat baik di pasar, supermarket, atau warung-warung kelontong. Banyak sajian kuliner yang bisa dibuat dari bahan tepung kanji ini. Jika anda ingin mencoba beragam olahan makanan yang terbuat dari tepung kanji ini, berkunjunglah ke kota Bandung. […]

Tinggalkan Balasan