Pilihan Wisata Belanja Kota Bandung Sesuai Budget Liburan

0
24
wisata belanja kota bandung

Semenjak era pemerintahan kolonial, kota Bandung sudah mendapat julukan paris van java. Julukan ini merujuk pada kota Bandung yang kala itu tampak seperti kota Paris di pulau Jawa. Jika yang dimaksud saat itu mengarah pada kota dengan pusat dan tren mode, maka julukan ini masih tetap relevan dengan kota Bandung saat ini.

Saat ini kota Bandung dikenal sebagai pusat fashion. Banyak tren-tren dan mode-mode baru yang berasal dari kota ini. Semua ini tidak lain dari banyak lahirnya brand-brand dan desainer-desainer fashion dari kota yang juga memiliki julukan kota kembang ini. Beberapa sudut di kota ini tampak seperti surga bagi para fashionista. Berwisata ke kota Bandung tampaknya kurang lengkap jika anda tidak berbelanja produk-produk fashionnya. Produk-produk fashion ini juga sangat cocok untuk dijadikan buah tangan bagi keluarga dan kerabat bagi anda yang berwisata ke Kota Bandung. Tempat wisata belanja ini juga kebanyakan terpusat di satu kawasan, sehingga anda bisa berbelanja dan rekreasi di sekaligus tanpa menghabiskan waktu anda.

Namun tentu saja anda juga tetap harus memperkirakan kondisi keuangan yang anda miliki sebelum anda kalap belanja. Jangan sampai budget travelling yang sudah anda sediakan akhirnya membengkak karena pengeluaran belanja yang tidak terduga.  Namun anda tidak perlu khawatir, karena kota Bandung memiliki banyak pilihan wisata belanja yang bisa anda sesuaikan dengan budget travelling anda.

Kawasan Trunojoyo

trunojoyo pusat distro bandung

Familiar dengan istilah “distro?” Istilah ini sebenarnya merupakan akronim dari distribution store. Istilah ini mulai menjamur semenjak awal tahun 2000-an. Distro merupakan semacam sistem toko yang menjual pakaian juga item-item fashion lainnya dengan memproduksi dan mendistribusikannya sendiri. Mereka memiliki brand mereka sendiri yang biasanya didesain dengan jelas dan besar di baju-baju dan fashion item yang mereka produksi. Dalam beberapa tahun terakhir, distro menjadi sesuatu yang hype di kalangan anak muda. Berbelanja produk-produk fashion distro berubah menjadi sebuah tren.  

Menggunakan brand-brand distro ternama seolah menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi pemakainya. Produk-produk distro juga banyak digemari karena dikenal memiliki desain yang unik dan beda. Kebanyakan distro memang biasanya membatasi jumlah produksi untuk setiap itemnya sehingga anda tidak perlu khawatir baju yang anda beli menjadi pasaran. Ketenaran distro ini akhirnya dikenal hingga ke luar kota Bandung. Kini, distro sangat identik dengan fashion kota Bandung.

Saat ini distro di kota Bandung terpusat di kawasan jalan Trunojoyo. Maka, di sepanjang jalan Trunojoyo, anda dengan mudah dapat menemui  distro-distro dengan beragam brand. Produk-produk distro ini cocok untuk anda jadikan buah tangan atau kenang-kenangan dari kota Bandung, karena semua produk tersebut adalah hasil produksi lokal kota Bandung. Untuk kisaran harga produk-produk fashion di kawasan distro ini sebenarnya masih cukup terjangkau, namun anda tetap harus menyiapkan budget yang lebih besar jika dibandingkan dengan kawasan-kawasan perbelanjaan lainnya yang akan dibahas dalam daftar ini. Untuk satu produk fashion berupa kaos biasanya berada di kisaran harga kurang lebih seratus ribu rupiah.

Kawasan Cihampelas

cihampelas bandung

Kawasan Cihampelas di kota Bandung sudah lama dikenal sebagai pusat wisata belanja, semenjak sekitar tahun 1987. Pada tahun itu, seorang pengusaha mencoba membuka sebuah toko jeans dengan harga yang cukup murah untuk menyaingi harga jeans yang kala itu masih relatif mahal. Kawasan ini juga menjadi spot yang sangat ikonik dengan beragam interior dan dekorasi toko-tokonya yang sangat tematik. Di sepanjang jalan Cihampelas, anda akan menemukan toko-toko baju dengan dekorasi patung besar dari karakter-karakter fiktif terkenal, seperti Spiderman, Superman, Rambo, Putri-putri Disney, dan karakter-karakter lain. Maka, selain menjadi destinasi wisata belanja, kawasan Cihampelas ini cocok untuk anda jadikan spot swafoto yang sangat instagramable.

Sesuai dengan sejarahnya, produk yang paling terkenal dari kawasan ini adalah produk jeans-nya, yang merupakan hasil produksi asli para insan kreatif kota Bandung.  Oleh karena itu, kawasan ini juga dikenal dengan nama “jeans-street”.  Namun selain aneka jeans, disini anda juga bisa berbelanja fashion item lain yang tersedia untuk beragam ukuran, mulai anak-anak hingga dewasa. Kisaran harga produk-produk yang dijual di kawasan CIhampelas ini bervariatif, mulai dari yang murah hingga yang cukup mahal. Namun anda akan puas dengan kualitas produksi barang-barang ini.

Pasar Baru

pasar baru bandung

Bagi anda yang memiliki budget terbatas namun tetap ingin membeli buah tangan atau kenang-kenangan berupa produk fashion dari kota Bandung, anda bisa mengunjungi kawasan Pasar Baru. Pasar Baru cukup dikenal luas oleh masyarakat baik dari dalam maupun luar kota Bandung. Lokasi pusat perbelanjaan ini juga cukup strategis bagi para wisatawan, karena dekat dengan stasiun kota Bandung. Bangunan ini sudah dibangun sejak tahun 1906 untuk difungsikan sebagai pertokoan, hingga kemudian pada tahun 1970-an, kawasan ini dibangun menjadi pasar yang lebih modern.

Anda bisa menemukan banyak penjaja busana di seluruh lantai. Kisaran harga barang-barang di Pasar Baru juga dijual dengan harga yang relatif murah. Anda bisa membeli kaos dengan aneka desain tulisan dan logo khas kota Bandung dengan harga hanya sekitar  tiga pulun ribu saja. Selain kaos dan baju, di Pasar Baru ini anda juga bisa menemukan banyak pedagang kain yang menjual bermacam-macam jenis kain dengan harga grosir. Namun jika anda berniat untuk berbelanja disini, sebaiknya anda memiliki kemampuan untuk menawar. Jika anda pintar menawar, bisa jadi anda akan mendapatkan harga yang lebih murah untuk bahan belanjaan anda.

Itulah beberapa kawasan wisata belanja di kota Bandung yang bisa anda kunjungi untuk membeli kenang-kenangan atau buah tangan berupa produk fashion dari kota Bandung. Hadirnya beragam pusat belanja di kota ini tentu sangat menyenangkan karena anda bisa memilih kawasan mana yang ingin anda kunjungi sesuai keinginan dan keuangan liburan anda. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here