Pantai Hits di Jogja

0
11
Pantai Hits di Jogja

Yogyakarta atau yang lebih populer disebut Jogja, merupakan salah satu kota yang direkomendasikan untuk menghabiskan liburan bersama keluarga. Pantai di Jogja misalnya, destinasi alam seperti ini masih menjadi primadona keluarga untuk menghabiskan momen liburan bersama anak-anak.

Jogja terkenal dengan wilayahnya yang unik. Mungkin ini alasannya mengapa Jogja disebut sebagai Daerah Istimewa. Mulai dari wisata kebudayaan hingga wisata alam bisa disuguhkan secara berdampingan. Hari demi hari Jogja semakin berkembang mengikuti perkembangan teknologi dengan tetap mempertahankan keutuhan warisan budaya nenek moyang.

Berbicara soal pantai, Jogja menjadi salah satu daerah di Jawa Tengah yang mempunyai banyak daerah pesisir pantai. Ada pantai yang sudah termasyhur, ada pula hidden gem yaitu pantai yang belum ramai dijamah wisatawan. Penasaran dengan pantai di Jogja? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Baca Juga: Wisata Pantai di Jogja

Pantai Hits di Jogja

Bagi kamu yang ingin menghabiskan liburan bersama ke pantai di Jogja, berikut ini adalah 5 rekomendasi pantai di Jogja yang wajib kamu kunjungi.

Pantai Parangtritis

Siapa yang tidak kenal pantai di Jogja yang satu ini. Pantai Parangtritis kerap menjadi pilihan utama wisatawan saat mengunjungi Kota Gudeg. Biasanya pantai Parangtritis juga menjadi tujuan rombongan karyawisata anak-anak sekolah baik dari dalam maupun luar kota.

Yang menjadikan pantai Parangtritis menjadi favorit para pelancong adalah keindahan pasir vulkaniknya yang berwarna hitam. Pantai di Jogja yang satu ini akan terlihat berkilauan jika terkena sinar matahari.

Bermain air tidak disarankan di pantai ini karena ombak pantai selatan terlalu besar. Tapi, bermain pasir pantai juga tak kalah seru.

Pantai Parangtritis terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul Yogyakarta. Menyoal tentang tiket masuk pantai di Jogja, kamu perlu menyiapkan uang tiket masuk sebesar Rp 10.000 per kepala untuk menikmati pasir yang ada di pantai Parangtritis.

Pantai Indrayanti

pantai indrayanti wisata pantai di jogja

Pantai Indrayanti menjadi pantai di Jogja terhits setelah pantai Parangtritis. Dulunya pantai ini bernama pantai Pulang Sawal. Agak berbeda dengan pantai Parangtritis yang identik dengan pasir vulaknik berwarna hitam mengkilap, pantai Indrayanti justru menawarkan keindahan pasir putih yang tak kalah estetiknya.

Menilik pantai Indrayanti, pantai ini memiliki kawasan wisata yang lebih bersih daripada Parangtritis. Di pantai ini banyak disewakan tempat berteduh beratapkan payung yang membuat kamu dan keluarga tidak kepanasan.

Tidak perlu khawatir jika tidak membawa makanan dari rumah, pantai di Jogja ini sudah tersedia warung-warung yang menjajakan kuliner modern dan tradisional khas Yogyakarta. Di sepanjang pantai, kamu dan keluarga bisa memilih warung mana yang menjadi pilihan untuk singgah hanya untuk sekedar mengisi perut.

Berlama-lama di pantai Indrayanti sudah menjadi candu. Jadi bagi kamu yang ingin menghabiskan weekend atau libur panjang bersama anak-anak, pantai Indrayanti menjadi pantai rekomendasi yang ciamik.

Tiket masuk pantai Indrayanti cukup ramah di kantong, yaitu Rp 5.000 per kepala. Biaya tambahan biasanya ada di tempat parkir. Untuk sepeda motor hanya perlu membayar uang parkir Rp 2.000 sedangkan mobil Rp 5.000.

Pantai Baron

pantai baron - pantai di jogja

Pernah dengar nama pantai Baron? Pantai di Jogja yang satu ini mungkin kalah dengan Parangtritis dan Indrayanti. Namun jangan salah, pantai Baron saat ini sudah menjadi pantai hits Yogyakarta yang sering dikunjungi wisatawan dari luar kota.

Di pantai Baron, melihat keindahan pantai ini dari atas bukit menjadi rekomendasi untuk mendapatkan view yang bagus.

Di pantai Baron terdapat aliran air yang membelah pasir pantai. Pantai yang mempunyai pasir putih bersih ini mempunyai akses jalan yang sudah mulai dibenahi dan lancar. Bagi yang ingin masuk pantai yang berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul ini, cukup merogoh kocek sebesar Rp 5.000 per kepala. Murah bukan?

Pantai Kukup

pantai kukup - pantai di jogja

Wilayah yang dipimpin oleh Sultan Hamengkubuwono X ini tidak diragukan lagi keindahannya. Pantai di Jogja sangat banyak dan berkesinambungan satu sama lain. Pantai Kukup salah satunya. Pantai ini merupakan pantai terusan dari pantai Baron.

Yang menjadi ciri khas, pantai Kukup mempunyai dua buah batu karang yang saling berhadapan dan membentang sebuah jembatan di atasnya. Biasanya tempat ini menjadi latar foto wisatawan yang berlibur di pantai Kukup.

Kamu dan keluarga bisa menghabiskan masa liburan di pantai yang terletak di wilayah Gunung Kidul ini. Gardu pandang yang ada di seberang batu karang menambah estetik wisata pantai Baron karena sekilas mirip vibes wisata Ubud yang ada di Bali.

Sayangnya hamparan pasir di pantai ini tidak terlalu lebar, tapi jangan salah, pasir putihnya terlihat lebih indah daripada pantai Baron. Anak-anak bisa menemukan banyak jenis hewan dan benda-benda laut lainnya saat air laut surut. Apalagi sekarang di dekat pantai ini ditanami bunga celosia yang menambah keindahan pantai Baron dan pantai Kukup.

Sama dengan pantai Baron, pengunjung hanya perlu membayar harga tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang untuk menikmati keindahan pantai Kukup.

Pantai Sepanjang

pantai sepanjang - pantai di jogja

Pantai di Jogja lainnya yang juga direkomendasikan untuk berlibur bersama keluarga adalah pantai Sepanjang. Mungkin namanya sedikit terdengar asing, namun keindahannya tidak bisa diragukan lagi.

Banyak aktivitas bersama anak yang bisa dilakukan di pantai hits Jogja yang satu ini. Beberapa permainan bisa dilakukan seperti sepak bola dan voli pantai. Atau yang lebih asik bagi anak-anak, di pantai Sepanjang banyak pedagang menjajakan layangan untuk memenuhi hasrat bermain anak-anak.

Pantai Sepanjang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul Yogyakarta. Harga tiket masuk dipatok sebesar Rp 10.000 per orang untuk bisa menikmati keindahan pantai yang mirip pantai Kuta Bali ini.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Pantai di Jogja Yang Kekinian

Tips Liburan ke Pantai di Jogja Bersama Anak-Anak

Berlibur ke pantai di Jogja lebih baik dilakukan pada musim kemarau. Selain meminimalisir terjadinya badai di pantai, kenyamanan saat berwisata tentu tidak akan terganggu dengan datangnya hujan. Apalagi untuk kamu yang membawa keluarga dan anak-anak ke pantai di Jogja, wajib perhatikan beberapa tips supaya aman liburan ke pantai bersama si Kecil.

Lakukan packing sejak awal untuk menghindari barang-barang seperti baju dan keperluan bermain anak yang tertinggal di rumah. Kemudian jangan lupa juga untuk membuat list barang-barang krusial seperti tabir surya, bedak, minyak telon, dan obat-obatan, untuk berjaga-jaga.

Tips selanjutnya adalah membawa makanan kecil dan air minum untuk keluarga. Meski pantai di Joga menyediakan banyak warung, namun tidak ada salahnya jika snack disediakan dari rumah. Akan lebih baik jika jajanan yang disediakan adalah snack sehat yang tidak terlalu banyak mengandung MSG.

Tips yang terakhir adalah membiarkan anak-anak menjelajah apapun yang bisa dilakukan di pantai. Namun selalu diingat, semua aktivitas yang dilakukan anak-anak di pantai harus dengan pengawasan orang tua.

Sudahkan kamu berkunjung ke salah satu pantai di Joga yang direkomendasikan di atas? Jika belum, yuk agendakan!

Tinggalkan Balasan