Pantai Kedungu, Pantai Pasir Hitam Dengan Tempat Surfing Terbaik

0
28
pantai cinta kedungu

Pernah berkunjung ke pantai Kedungu? Kalau belum, kamu wajib memasukkannya ke dalam list liburan kamu.

Pantai Kedungu sering dijadikan sebagai tujuan wisata karena memiliki ombak yang tenang disertai pasir dan bebatuan. Tempat ini cocok dijadikan sebagai arena berselancar karena ombaknya yang bersahabat. Tak jarang pula, dijadikan sebagai lokasi yang tepat untuk melihat sunset.

Daya Tarik Pantai Kedungu

Pantai Kedungu berada di Tabanan Bali. Memang, Bali selalu menawarkan keindahan pantai yang tidak ditemukan di tempat lain. Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri untuk wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pasir Hitam

Berbeda dengan pantai pada umumnya yang menawarkan keindahan pasir putih, Pantai Kedungu justru menawarkan keindahan pasir hitam. Justru karena keunikannya ini banyak wisatawan yang penasaran dan memutuskan untuk berkunjung di sini.

Pasir hitam di sini sangat halus dan lembut. Sama seperti pasir putih pada umumnya. Hanya saja warnanya yang berbeda. Pantai Kedungu akan menjadi destinasi yang pas kalau kamu datang kesini bersama anak-anak. Karena mereka bisa bermain pasir sepuasnya.

Tanah yang cenderung landai juga memudahkan kamu selama di sini.

Air Terjun di Pantai

Kamu mungkin belum pernah melihat ada air terjun di pantai bukan? Tapi, kamu bisa menemukan keunikan ini di Pantai Kedungu. Di sana terdapat areal tebing yang tidak terlalu tinggi. Namun mengeluarkan air terjun seperti pada umumnya.

Kamu bisa menikmati sensasi air terjun yang mudah dijangkau di sini. Pasti akan menjadi pengalaman yang menarik buat kamu.

Tempat Surfing Terbaik

Pantai Kedungu memang dikenal karena ombaknya yang pas untuk berselancar. Jangan heran kalau setiap harinya pantai ini dipenuhi oleh wisatawan yang ingin berselancar. Setidaknya, 40 orang wisatawan melakukan surfing. Tentu akan menjadi pemandangan yang menyenangkan, menyaksikan mereka menari di atas ombak.

Cocok untuk Memancing

Nah, buat kamu yang hobi memancing, kamu bisa lho menikmati hobimu di sini. Kamu bisa berburu ikan-ikan yang bersembunyi di balik karang. Pasti akan menjadi pengalaman memancing yang berbeda dibanding sebelum-sebelumnya.

Lebih Privat

Walaupun bertetangga dengan Tanah Lot, tapi di sini masih tidak seramai Tanah Lot. Karena pantai ini masih terbilang baru. Jadi belum banyak wisatawan yang melirik ke tempat ini. Di sini juga belum dijadikan destinasi wajib Bali. Maka dari itu wajar saja kalau pantai ini terlihat sepi.

Tapi keuntungannya adalah kamu bisa menikmati momen spesialmu lebih privat. Karena tidak terlalu ramai pengunjung dan kamu bisa menikmati pemandangan lebih puas dengan keasrian tempatnya.

Spot Foto Instagrammable

Kealamian tempatnya dan juga keindahan sunset di sini bisa menjadi spot foto yang menarik buat kamu. Apalagi air laut yang tidak deras, bisa kamu jadikan sebagai salah satu lokasi foto yang dipadukan dengan panorama matahari tenggelam. Sungguh indah bukan?

Fasilitas

Sayangnya, fasilitas di sini sangat minim. Namun untuk tempat parkir yang mushola sudah tersedia di tempat ini. Tak seperti pantai di Bali pada umumnya yang menyediakan restoran dan cafe, Pantai Kedungu hanya menyediakan warung makan kecil untuk pengunjung. Ada juga warung untuk orang muslim.

Harga Tiket

Untuk kamu yang ingin berlibur di tempat ini, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Karena harga tiket masuknya sangat murah. Untuk motor cukup membayar 2 ribu dan mobil 3 ribu. Pantai ini sudah lama dikelola oleh desa setempat sejak tahun 2010.

Dana hasil dari pengunjung diputar kembali untuk mengembangkan desa dan fasilitas lainnya.

Pantai Cinta

Pantai Cinta adalah sebutan baru untuk Pantai Kedungu. Sebenarnya, pantai ini masih satu kawasan dengan Pantai Kedungu. Karena di Kedungu, kawasannya sangat luas sehingga mencakup lebih dari satu tempat wisata.

Lokasi ini sangat cocok untuk kamu yang sedang berlibur bersama pasangan. Karena suasananya sangat romantis. Di sini kamu juga bisa merencanakan bulan madu spesial. Tempat ini sebenarnya cukup tersembunyi.

Tapi karena kekuatan media sosial, pengunjung Pantai Cinta Kedungu terus mengalami kenaikan yang tajam. Paling tidak, ada 300 pengunjung yang datang berlibur pada hari Minggu. Apalagi saat ini banyak anak muda yang membuka usaha di pinggiran pantai dengan memanfaatkan pemandangan laut saat sore hari.

Lokasi

Kalau kamu memutuskan untuk berkunjung ke Pantai Kedungu, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Sayangnya, jalanan menuju ke pantai sangat sempit sehingga hanya bisa dilalui oleh motor. Sedangkan untuk mobil bisa parkir di depan gerbang dan berjalan kaki menuju lokasi.

Kalau kamu berada di Tabanan, kamu perlu melakukan perjalanan sejauh 11 Km untuk menuju ke sana. Sedangkan kalau dari Denpasar, setidaknya kamu menempuh perjalanan 20 Km jauhnya. Lokasi ini lebih dekat dengan Tanah Lot, hanya sekitar 3.5 Km saja.

Tips Berlibur di Tengah Pandemi

Meskipun tempat wisata sudah mulai dibuka, tapi kamu tetap harus memperhatikan protokol kesehatan. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan selama berlibur di tengah pandemi.

  1. Pilihlah lokasi dengan area yang luas. Dengan begitu kamu bisa menjaga jarak dengan pengunjung yang lain.
  2. Liburan di tempat yang terbuka lebih disarankan. Karena tempat terbuka meminimalisir terjadinya penyebaran virus. Sedangkan area yang tertutup lebih beresiko tertular virus Covid-19.
  3. Membawa makanan sendiri dari rumah. Jika memungkinkan, bawa bekal sendiri dari rumah. Dengan begitu kamu bisa menjamin kebersihan makanan yang kamu makan. Karena tempat wisata, makanan lebih beresiko terkontaminasi oleh virus. Selain itu, kamu juga tidak tahu bagaimana proses makanan itu dibuat. Namun, jika tempat wisata tidak mengijinkan membawa makanan dari rumah, kamu bisa memilih makanan yang tertutup atau makanan dalam kemasan. Karena makanan seperti ini lebih terjamin kebersihan dan keamanannya.
  4. Sebisa mungkin tidak datang di hari libur. Karena di hari libur pengunjung akan lebih banyak dan resiko berdesakan lebih tinggi. Sebaiknya kamu memilih weekday untuk berlibur. Selain harga tiketnya yang cenderung murah, kamu juga tidak perlu berdesak-desakan. Sehingga bisa menikmati tempat wisata dengan lebih leluasa.
  5. Selalu gunakan masker yang direkomendasikan. Kamu tidak pernah tahu kapan kamu terpapar virus. Jadi, sebaiknya tetap gunakan masker di area wisata.
  6. Jangan lupa membawa hand sanitizer. Hand sanitizer bisa memberikan perlindungan selama berwisata. Apalagi kalau kamu menggunakan wahana umum yang banyak digunakan oleh orang lain.
  7. Tetap patuhi aturan yang ada di tempat wisata untuk kebaikan bersama. Karena setiap aturan dibuat untuk tujuan tertentu agar tidak ada yang dirugikan.

Pantai Kedungu memang tempat wisata yang belum banyak terjamah sehingga masih terlihat sangat alami. Tapi, keindahan pantai yang disajikan tak kalah dari pantai-pantai terkenal yang ada di Bali. Kamu bisa merencanakan untuk datang ke sana bersama keluarga atau pasangan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini