Pulau Pasumpahan, Pulau Eksotis Dengan Ombak Bersahabat

0
375
Pulau Pasumpahan, Pulau Eksotis Dengan Ombak Bersahabat

Pulau Pasumpahan adalah pulau eksotis dengan ombak yang bersahabat, memiliki bukit yang dapat melihat seluruh pandangan bahkan pulau lainnya.

Jika anda pernah nonton film Jurassic Park, ada sebuah adegan penutup dimana seekor burung raksasa atau Thunderbird terbang di atas laut melewati pulau-pulau indah.

Mungkin karena saya gagal fokus lebih tertarik dengan pesona pemandangan pulau-pulau tersebut, bukan kepada si burung rakasasa.

Akhirnya saya mulai mencari tahu dimana letak pulau tersebut, dan ternyata syutingnya dilakukan di Kepulauan Hawaii tepatnya di Oahu dan Kauai.

Sejenak lamunanku mulai mengusik, kenapa ya Steven Spielberg sebagai sutradara film tersebut tidak melakukan syutingnya di Indonesia? Padahal Indonesia memiliki pesona bahari yang tidak kalah cantiknya dengan Hawaii.

Ah mungkin karena si Steven belum tahu karena tingkat promosi wisata bahari kita belum “ngeGass” banget.

Di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat terdapat sebuah pemandangan yang tidak kalah indah dengan pemandangan yang ada di film tersebut.

Pulau-pulau yang ada saling berdekatan dan masing-masing memiliki ciri khas keindahan yang berbeda. Salah-satunya Pulau Pasumpahan atau Pantai Pasumpahan.

Untuk lebih jelasnya yuk kita simak deskripsi Pulau atau Pantai Pasumpahan tersebut.

Sejarah Pulau Pasumpahan

Tempat wisata Indonesia sangat kaya akan hikayat, sejarah, maupun legendanya. Selalu ada muatan nilai yang ingin dihadirkan untuk menjadi hikmah positif bagi manusia atau generasi selanjutnya.

Begitupun dengan Pulau Pasumpahan, terdapat cerita rakyat yang sudah berkembang dari mulut ke mulut.

Terlepas dari kontroversi tentang sebuah kebenarannya, namun itulah cerita yang sudah menjadi konsumsi publik.

Terdapat dua versi mengenai sejarah Pulau Pasumpahan ini. diantaranya

1. Versi Pertama

Pulau Pasumpahan adalah lokasi atau tempat bersumpahnya ibu Malin Kundang saat mengutuk anaknya menjadi batu.

2. Versi Ke Dua

Masih tentang kisah seorang anak yang durhaka terhadap ibunya. Tetapi tidak disebutkan nama anak dan ibunya tersebut.

Karena saking durhakanya sang anak terhadap ibunya, maka ibunya mengutuk anaknya menjadi bukit yang kini ada di sekitar Pulau Pasumpahan.

Sekilas bentuk bukitnya memang tampak seperti badan yang sedang telungkup bersujud.

Ragam Wisata Dan Aktivitas Di Pulau Pasumpahan

1. Menjelajah Pulau

Di Pulau Pasumpahan terlihat pulau-pulau kecil yang mempesona. Sehingga membuat rasa penasaran para pengunjung untuk menjelajah pulau tersebut.

Ombak di sekitar Pulau Pasumpahan tidaklah besar, apalagi saat cuaca cerah menjadi momen yang sangat pas untuk menjelajah pulau-pulau cantik di sekitar Pulau Pasumpahan.

Adapun pulau yang biasa menjadi pilihan paket wisata penjelajahan para wisatawan adalah :

  • Pulau Padang
  • Pulau Suwarnadwipa

2. Bermain Air Dan Pasir Pantai Pasumpahan

Bermain air dan pasir Pantai Pasumpahan merupakan bagian keseruan ke dua yang tidak boleh terlewatkan oleh para wisatawan.

Air di Pantai ini sangatlah jernih, dengan pasir pantai yang putih dan lembut. Ombaknya juga tidaklah besar, sehingga para pengunjung bisa sepuasnya bermain di spot ini.

3. Snorkeling

Jernihnya air di Pantai atau Pulau Pasumpahan, serta kelestarian ekosistem laut yang masih sangat terjaga menjadikan lokasi wisata ini surga bagi para pecinta snorkeling.

Momen saat di dalam air dapat diabadikan melalui kamera apalagi saat snorkeling bersama ikan – ikan cantik menjadi sebuah kebahagiaan yang sulit digambarkan.

4. Puncak Bukit Pasumpahan

Terdapat sebuah bukit di Pulau Pasumpahan yang tingginya sekitar 100 meter. Puncak Bukit Pasumpahan adalah spot yang mampu melihat keseluruhan alam yang terhampar di sana secara jelas dan tentu saja lebih indah.

Namun untuk menaiki bukit tersebut pengunjung dihimbau untuk berhati-hati, karena belum ada pagar pembatas keamanan serta pijakan kaki masih berbentuk bebatuan dan tanah.

Untuk naik ke atas Bukit Pasumpahan disediakan tali untuk berpegangan untuk memudahkan para pengunjung menuju puncak bukit.

Memang melelahkan, namun semua terbayarkan setelah sampai di Puncak Bukit Pasumpahan. Pemandangan yang tersaji sangat luar biasa.

5. Ayunan Di Atas Air

Bermain di Pantai Pasumpahan semakin tidak terbatas keseruannya apalagi ditambah dengan fasilitas ayunan di atas air pantai yang sangat jernih dan gelombang yang sangat kecil.

Ayunan di atas air menjadi spot favorit bagi para wisatawan untuk melakukan selfie atau kebutuhan konten di media sosial.

6. Wisata Kuliner

Tentu saja menjelajah keindahan di Pulau Pasumpahan sangat menguras energi. Saat lelah menyapa, maka datanglah ke cafe/warung/kedai yang ada di sekitar Pulau Pasumpahan, dijamin lelah, haus, dan lapar anda akan cepat terobati.

Sajian makanan laut atau seafood, kelapa muda, atau jagung bakar bisa anda nikmati di sana. Dan untuk menambah kenikmatannya, duduklah di spot yang sudah disediakan dengan kursi dan meja yang terbuat dari kayu, atau lesehan di gazebo sambil menikmati indahnya panorama Pulau Pasumpahan.

7. Spot Selfie

Pulau Pasumpahan secara keseluruhan adalah hamparan keindahan dan kesempurnaan ciptaan tuhan. Oleh karena itu banyak sekali spot selfie yang tersedia.

Bukan hanya itu saja, bahkan untuk kebutuhan konten media sosial lainya seperti instagram maupun youtube sangat layak untuk ditampilkan.

Lokasi Dan Alamat Pulau Pasumpahan

Lokasi dan alamat Pulau Pasumpahan berada di Kematan Bungus, Teluk Kabung Selatan, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Rute Menuju Pulau Pasumpahan

Rute menuju Pulau Pasumpahan jika berangkat dari Kota Padang sangat mudah sekali dan jaraknya sekitar 35 kilometer. Dari Kota Padang ambil arah menuju Padang-Painan kemudian menuju Kelurahan Sungai Pisang.

Setelah sampai di Kelurahan Sungai Pisang, nanti ada sebuah dermaga penyebrangan ke pulau-pulau terdekat seperti : Pulau Padang, Pulau Pasumpahan, dan Pulau Suwarnadwipa.

Jangan khawatir, di sana sudah ada nelayan yang siap mengantarkan anda sampai ke Pulau Pasumpahan, bahkan menyediakan paket tour menjelajah pulau-pulau yang ada di sana.

Total waktu penyebrangan dari dermaga Sungai Pisang kurang lebih 20 menit.

Biaya ke Pulau Pasumpahan

  • Harga tiket masuk Pulau Pasumpahan sebesar Rp. 25.000,-/orang
  • Biaya camping di Pulau Pasumpahan sebesar Rp. 35.000,-/orang
  • Biaya sewa gazebo sebesar Rp. 100.000,-

Jam Buka Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan buka 24 jam dari hari Senin sampai dengan hari Minggu. Hanya saja jika cuaca tidak mendukung, maka penyebrangan sudah pasti dihentikan sementara.

Fasilitas Pulau Pasumpahan

Fasilitas yang ada di Pulau Pasumpahan diantaranya:

  • Warung makanan dan minuman
  • Penginapan
  • Gazebo
  • Toilet

Penginapan Pulau Pasumpahan

Ada beberapa penginapan di Pulau Pasumpahan dengan tarif mulai dari Rp. 250.000 – Rp. 700.000 per malam tergantung fasilitas yang didapatkan.

Pengunjung yang datang ke Pulau Pasumpahan bisa juga mendirikan tenda untuk berkemah di spot yang diinginkan.

Tips Wisata

Tips wisata menuju Pulau Pasumpahan adalah sebagai berikut :

  • Pastikan semua perlengkapan yang dibutuhkan tidak ketinggalan.
  • Pintar-pintar menawar harga ya… terutama saat menggunakan jasa transportasi
  • Jika berencana camping, atau menjelajah pulau di Pulau Pasumpahan pastikan cuacanya cerah
  • Jangan membuang sampah sembarangan
  • Selalu menjaga setiap fasilitas yang sudah ada jangan sampai dirusak atau dicoret-coret
  • Abadikan setiap momen kebahagiaan anda melalui jepretan kamera

Penutup

Padang adalah hamparan sejuta pesona alam yang sudah sangat terkenal baik di tingkat lokal, nasional, bahkan internasional.

Semua tersaji indah di tanah Padang, wisata alam, wisata edukasi, wisata sejarah, sampai wisata kuliner. Jadi masukan Padang sebagai list liburan anda selanjutnya ya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here