Berwisata Sambil Belajar di Kebun Kopi Karanganjar Blitar

1
11
kebun kopi blitar

Indonesia adalah sebuah negara yang berdiri atas perjuang penuh dari para pahlawan terdahulu. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa bumi pertiwi ini pernah berada dimasa penjajahan oleh Belanda maupun Jepang. Tak heran jika sampai saat ini kita masih menjumpai berbagai situs peninggalan dari jaman penjajahan yang masih terawat. Begitupula dengan wisata Blitar Keboen Kopi Karanganjar atau De Karanganjarr Koffieplantage ini juga mengusung tema sejarah masa kolonial Belanda pada sebuah kebun kopi dan banguan yang masih berasitektur Belanda. Hal ini mungkin digunakan untuk menarik perhatian pengunjung sekaligus membawa kita sedikit mengingat perjuangan bangsa Indonesia.

Lokasi Keboen Kopi Karanganjar

Blitar adalah salahsatu kota yang ada di provinsi Jawa Timur, Adapun Blitar sendiri terletak di bagian selatan provinsi ini. Nah, sedangkan lokasi Keboen Kopi Karanganjar ini berada di sebuah perkebunan Kopi Kanganjar, Tepatnya di sebuah Dusun bernama Karanganjar, juga Desa Modangan, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Bagi kalian yang berminat untuk mengunjungi wisata keboen kopi karanganjar ini bisa datang disetiap harinya mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB.

Harga Tiket Keboen Kopi Karanganjar

Rata-rata wisata yang ada di kawasan Blitar tidak akan menguras kantong kalian. Seperti halnya di Keboen Kopi Karanganjar ini kalian hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 10.000 perorangan namun untuk balita tidak dikenai tiket masuk. Harga tiket tersebut berlaku hari Senin-Jumat. Sedangkan untuk hari Sabtu-Minggu tiket masuk seharga 15.000 perorang. Di loket masuk kalian akan diberikan gelang sebagai tanda memasuki area wisata dan masing-masing orang akan mendapatkan 1 sachet kopi bubuk yang diproduksi langsung di tempat ini. Informasi lainnya adalah biaya parkir mobil cukup dengan 5.000 rupiah dan tak perlu khawatir disini area parkir sangat luas sekali. Jadi, sudah tertarik kah dengan wisata yang satu ini?

Kegiatan menarik yang bisa dilakukan saat berada di Kebun Kopi Karanganjar Blitar

Lokasi wisata keboen Kopi Karanganjar ini sangat luas jadi bagi kalian yang masih pertama kali mengunjungi, hendaknya melihat peta lokasi yang tersedia disana agar lebih mudah menemukan tempat yang ingin kalian eksplor.

1. Bermain Bersama

Arena playground Anak-anak yang telah disediakan di lokasi ini sangat memungkinkan kalian ke sini bersama adik atau keponakan yang masih menyukai dunia permainan. Ada beberapa ayunan, jungkat jungkit, dan beberapa permainan yang membutuhkan keseimbangan yang baik untuk perkembangan anak-anak.

2. Bermain ATV

Nah, bagi kalian juga bisa berkeliling lokasi perkebunan dengan menyewa ATV yang disediakan. Penyewaan ATV ini berkisar sekitar 50.000 untuk per 30 menit. Cocok buat kalian yang suka tantangan dengan menyewa dan mengelilingi area perkebunan ini dengan ATV yang tersedia.

3. Berburu Spot Foto yang Instagramble

Tepat setelah kalian memasuki gerbang wisata ini kalian akan disuguhi dengan bangunan menyerupai rumah jadul belanda bertuliskan Souvenirwinkle disana terdapat penyewaan baju-baju none belanda yang khas. Kalian bisa berfoto sambil memakai baju tersebut untuk agar suasa masa masa kolonial lebih berasa. Selain itu diseluruh sudut lokasi ini juga bagus untuk berburu foto, mulai dari bunga-bunga dan pepohonan yang disusun begitu rapi, dan spot spot kekinian yang menambah koleksi feed instagrammu semakin kece.

4. Mengunjungi Museum Mini

Tempat ini dibangun oleh Seorang Tokoh yang pernah menjabat menjadi Bupati Blitar pada saat itu yaitu Bapak Herry Noegroho Sehingga ditempat ini pula terdapat musium purna bhakti yang isinya berbagai penghargaan yang diperoleh oleh bapak  , kemudian  berisi baju-baju beliau saat menjadi abdi negara. Selain itu juga ada musium Poesaka yang berisi lukisan dan beberapa benda kuno.

5. Melihat Pertunjukan Gamelan Jawa

Jawa khas dengan berbagai kesenian daerahnya termasuk kesenian akan musiknya. Alat musik tradisional yang terkenal ada gamelan jawa dan sindennya. Jika kalian berkunjung kesana tak ada salahnya untuk menikmati pertunjukan ini untuk beberapa saat dan kalianpun diperkenankan berfoto atau mencoba alat musik yang tersedia disana.

6. Belajar Mengolah biji Kopi

Selesai bermain, berburu foto lalu menikmati kesenian musik tradisional maka kalian bisa mengunjungi pabrik pengolahan kopi disini. Kalian sudah pernah mendengar Coffe Roaster? Jika belum, berikut penjelasannya. Coffe Roaster adalah sebuah mesin pengolahan kopi atau pengorengan kopi biji mentah tradisional. Setelah melalui proses pengelupasan kulit kopi dengan biji kopi dan pengeringan, dimana hasil olahan ini nanti akan berupa bubuk kopi. Nah, disana kalian akan menjumpai pemandu wisata yang menjelaskan kegunaan tiap alat pengolahan kopi dan berbagai jenis biji kopi nusantara. Bahkan jika kalian berminat untuk mencoba salah satu kopi tersebut, kalian bisa belajar menyeduhnya ala barista yang ada di dengan kafe yang bernuasa Kolonial. Selain berwisata kalian akan mendapatkan ilmu baru tentang cara mengolah kopi, menyeduh kopi dan menikmati nikmatnya kopi asli Blitar olahan dari penduduk sekitar.

7. Berbelanja Aneka Kopi

Tepat disebelah pabrik pembuatan kopi ini, ada semacam toko tak terlalu luas yang menjual berbagai kopi asli olahan pabrik. Kalian bisa membelinya sebagai buah tangan untuk sanak keluarga di rumah atau sekedar untuk menikmati kopi ini saat tiba dirumah sebagai oleh-oleh kunjungan di wisata kebun kopi karanganjar Blitar. Bagi kalian penikmat kopi nusantra, tempat ini layak anda kunjungi.

Itulah sekilas ulasan mengenai salah satu wisata murah yang ada di kabupaten Blitar tepatnya di Kebun Kopi Karanganjar yang bisa menjadi referensi menghabisakan waktu liburan sekaligus menambah ilmu. Jika kalian ingin menikmati sensasi kopi yang berbeda tak ada salahnya untuk mencoba mengujungi wisata yang satu ini bersama keluarga atau teman.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here