Sejarah dan Keunikan Tari Jaipong Asal Jawa Barat

2
22
tari jaipong
Tari Jaipong - sumber gambar: wikimedia.org

Salah satu tari tradisional Indonesia yang unik adalah tari jaipong karena tari asal Jawa Barat ini memiliki gerak yang enerjik. Para penari memakai kostum yang cerah dengan selendang dan hiasan rambut yang anggun membuat tari ini digemari oleh banyak kalangan.

Sebelum kita membahas tentang keunikan dari tari tradisional jaipong, mari kita mengenal tentang sekilas sejarahnya.

Sejarah Tari Jaipong

Tari tradisional yang satu ini berasal dari buah hasil kreativitas seorang seniman asal Karawang, Jawa Barat yang bernama Haji Suanda yang begitu mencintai kesenian. Beliau juga dikenal sebagai sosok seniman yang handal dan memiliki banyak talenta di bidang tari dan menciptakan berbagai kreasi tarian yang terkenal.

Beliau menggabungkan beberapa unsur seni pertunjukan untuk menciptakan inovasi di bidang seni pertunjukan lainnya yang kemudian melahirkan tari jaipong yang pada awal mulanya belum diberi nama jaipong.

Buah dari karya seorang Haji Suanda inilah yang banyak menarik antusias para seniman lainnya dari berbagai kalangan. 

Salah satu dari para seniman yang antusias dengan hasil kreasi tari dari Haji Suanda adalah Gugum Gumbira. Beliau mempelajari dan berusaha menguasai gerak-gerak tari lainnya yang kemudian gerak-gerak tari tersebut dikemas menjadi gerak tari yang baru dan diperkenalkan sebagai tari jaipong ke masyarakat luas.

Keunikan Tari Jaipong

Setelah kita mengenal tentang sejarah singkatnya, kita akan membahas keunikan dari tari asal Jawa Barat ini.

Gerakan

Gerakan tari tradisional yang satu ini memang berbeda dari kebanyakan tari tradisional lainnya yang cenderung lemah lembut, jaipong justru memiliki gerakan yang lincah dan energik membuat para penonton tidak akan bosan menyaksikan pertunjukan seni yang satu ini.

Musik

Musik yang digunakan untuk mengiringi tari menggunakan alunan musik yang gembira, perpaduan antara merdunya suara vokal sinden dengan alunan gendang, gong, kecapi, rebab, dan kecrek yang berpadu menjadi instrument musik tradisional yang menarik dan cocok dengan gerak lincah penari.

Kostum

Kostum para penari yang dirancang dengan warna kebaya yang cerah dan mencolok, serta paduan selendang panjang (sampur) dan hiasan kepala memakai konde dan aksesoris lainnya menjadikan para penari semakin terlihat anggun.

Jenis Gerakan

Jenis Gerakan Jaipong terdiri dari gerakan bukaan, gerakan pencungan,gerakan ngala, dan gerakan mincit.

Gabungan Berbagai Kesenian

Jaipong merupakan gabungan dari berbagai kesenian lainnya yang berasal dari Jawa Barat, seperti pencak silat, ketuk tilu, dan wayang golek. Karena itulah beberapa gerakan jaipong mirip dengan gerakan pencak silat yang bersifat atraktif.

Jaipong sendiri sudah menjadi seni tari yang terkenal dan menjadi ciri khas daerah Jawa Barat. Tari ini menggambarkan sebuah seni tari dan seni pertunjukan yang lincah namun tetap dikemas anggun menjadikan tari jaipong sebagai tari tradisional Indonesia yang unik dan berwarna. 

2 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan