Sejarah Nasi Padang yang Perlu Di Ketahui

0
16
nasi padang

Nasi padang, siapa yang tidak suka nasi padang ?? semua pasti menyukai makanan yang satu ini. Makanan yang sangat sudah familiar dan gampang untuk di jumpai di daerah manapun di Indonesia  ini. Makanan yang cukup di gandrungi mulai dari anak – anak sampai orang dewasa bakalan menyukai makanan yang satu ini. Sedikit menyinggung masakan yang satu ini yakni Masakan Padang adalah nama yang digunakan untuk menyebut segala jenis masakan yang berasal dari kawasan Minangkabau, provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Semua jenis masakan ini lebih populer dengan sebutan masakan Padang. Meskipun sesungguhnya berbagai resep masakan Sumatra Barat mayoritas tidak berasal dari kota Padang, misalnya kota Bukittinggi, Solok, Padang Pariaman, Payakumbuh, dan sebagainya juga dikenal memiliki tradisi kuliner yang kaya. Rumah makan Padang atau rumah makan urang awak adalah sebutan untuk usaha rumah makan yang khusus menyajikan masakan Padang di luar daerah.

Sejarah Nasi Padang

Pernah tidak terbanyang sejarah nasi padang, dan penyebutan makanan padang ?? dari temuan hasil yang ditinjau bahwa Menurut dosen dan peneliti dari Universitas Leiden, Suryadi Sunuri, penggunaan nama ” Restoran Padang ” atau “Rumah Makan Padang ” ditemukan pada sebuah iklan surat kabar yang terbit pada 1937. Menurut beliau iklan tersebut dimiliki oleh pemilik rumah makan Padang itu bernama Ismael Naim. Dari iklan di atas, yang mengungkapkan sangat mungkin kata “Padangsch-Resrtaurant” merupakan arketip dari istilah ” Restoran Padang ” yang dikenal di rantau pada zaman sekarang ini. Jadi, istilah tersebut terkait dengan pemakaian bahasa Belanda pada zaman kolonial.

Para perantau Minang pada masa itu memakai istilah ” Padangsch-Restaurant ” untuk menyebut masakan Minangkabau yang mereka jual. Kedua, iklan tersebut menyebutkan Restoran Padang Goncang Lidah ada di Cirebon. Ini menandakan bahwa pada 1930an perantau Minang sudah menyebar di Pulau Jawa. Tidak hanya di kota-kota besar seperti Batavia dan Bandung, tapi juga kota-kota kecil seperti Cirebon. Terakhir, penamaan restoran Padang yang agak bombastis seperti “Goncang Lidah”, “Goyang Lidah” dan lain-lain rupanya sudah sejak dulu ada.

Kenapa nasi padang digemari semua orang ??

Masakan Padang atau biasa disebut dengan nasi Padang sangatlah populer di daerah asalnya tetapi juga populer dan digemari hampir di seluruh daerah di Indonesia ini. Fakta ini membuktinya banyak sekali rumah makan atau restoran padang  yang menjajahkan makanan padang ini  di setiap pelosok daerah dan mudah untuk dijumpai di pinggir jalan maupun di pusat perbelanjaan atau mal bahkan sampai di hotel bintang lima. Padahal, dulu berita yang berada hingga saat ini konon di zaman dulu hanya orang kaya atau saudagar kaya yang bisa menyantap makanan padang. Semua kalangan dari yang bawah sampai yang atas, yang tua sampai yang muda, baik pria maupun wanita, banyak yang menyukai masakan padang. Dan kenapa nasi padang di gemari oleh semua orang ini menurut versi saya sendiri terhadap makanan yang satu ini dikarenakan saya sangat pencinta nasi padang.

Banyak Pilihan Menunya

Di setiap daerah sangat mudah dijumpai tempat – tempat nasi padang mulai dari yang warung sederhana hingga restaurant besar dan menjadi kesukaan saya terhadap nasi padang adalah banyaknya pilihan yang ingin dicobai mulai dari di warteg aja kita bisa memilih banyak lauk pauk dan sayuran yang ingin dicobai. Misalnya saja untuk menu ayam saja ada macam versi di buat ada ayam panggang, ayam goreng dan gulai. Belum lagi ditambah menu – menu lainnya. Belum lagi berbagai menu gulai, bakar dan goreng lainnya. Lalu ditambah dengan sayuran dan sambal yang pedas dan gurih.

Porsinya yang Sangat Banyak

Ya alasan yang satu ini pasti digemari hampir semua orang, porsi yang banyak. saya sangat menyukai nasi padang ini dikarenakan porsi yang banyak disaat saya sendiri memesan dan dibungkus atau dibawa pulang. Dikarenakan makanan nasi padang yang dibungkus/dibawa pulang kerumah itu porsinya jauh berbeda dengan saat kita makan di tempat nya langsung.

Bumbunya yang Tajam

Makanan yang satu ini memang bisa membuat semua orang ketagihan jika sudah mencobai makanan ini. Alasan kenapa saya menyukai makanan ini dikarenakan bumbunya yang tajam dan enak. bumbu nya yang dibuat dari rempah-rempah asli Indonesia sehingga rasanya kian mantap untuk disantap. Inilah mengapa masakan yang satu ini adalah masakan terenak pertama di dunia. Keren bukan makanan yang satu ini.

Harga yang Cukup Bersahabat

Alasan lainnya saya menyukai ini dikarenakan harganya yang cukup bersahabat di kantong. Untuk mendapatkan porsi yang murah dan banyak ada enaknya saya menyarankan untuk mencoba warung masakan padang yang kecil seperti di warteg. Dikarenakan harga sudah pasti jauh berbeda dengan makan di tempat restaurant yang besar. Biasanya saya menghabiskan makan untuk sekali makan nasi padang ini adalah 15rb saja anda sudah cukup puas dengan sebungkus nasi padang.

Jadi itulah sekian sejarah nasi padang yang perlu diketahui, dan kenapa nasi padang adalah makanan terenak yang perlu dicobai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here