Mencoba Nasi Tutug Oncom Di Bandung

0
12
nasi tutug oncom bandung

Indonesia memiliki beragam kuliner sangat banyak di setiap daerah di Indonesia. Makanan kuliner nya pun beragam mulai dari makanan asin, pedas manis, asam – asam, segar, basah, maupun kering dan lainnya. Di Jawa Barat sendiri khususnya makanan khas Bandung sangat banyak sekali di jumpai. Makanan asli khas dari daerah tasikmalaya yang cukup populer hingga saat ini adalah “ Nasi Tutug Oncom ”. Ya nasi tutug oncom ini bahan utama nya adalah nasi.

Sedikit menyinggung mengenai nasi tutug oncom ini adalah yang di buat dengan nasi yang di aduk – aduk terlebih dahulu dan menggunakan oncom bakar maupun oncom goreng. Menariknya penyajian makanan ini di sajikan dalam keadaan masih panas atau pun hangat. Sehingga enak untuk dimakan sesuai keadaan cuaca daerah bandung ini. Dalam bahasa sunda nya tutug itu adalah “ Menumbuk “. Walaupun aslinya makanan yang satu ini adalah makanan asli Tasikmalaya tetapi tidak salahnya di coba terlebih dahulu agar tau makanan yang satu ini adalah makanan terbaik di kawasan Jawa Barat ini.

Mencoba Nasi Tutug Oncom

Oke langsung saja, sesudah membahas mengenai makanan yang ini tadi dan asal – muasal makanan yang satu ini, langsung saja saya mencobai makanan nasi tutug oncom di Bandung di salah satu warung makan cukup besar di Kota Bandung. Saya mencoba melihat menu – menu yang ditampilkan di menu nya. Saya mencoba membaca satu – satu menu apa yang di sajikan. Lalu seketika saya membaca nama menu nasi tutug oncom ini. Saya menanyakan teman – teman yang kebetulan makan bareng bersama dengan saya saat itu. Dan kebetulan beliau asli orang bandung. Dan apa salahnya menanyakan makanan ini terlebih dahulu sebelum di coba untuk memesan. Setelah beliau menceritakan panjang lebar mengenai makanan ini, beliau juga cukup suka dengan makanan yang satu ini, Dan rekomendasi untuk di makan. Setelah cukup lama memilih – milih makanan apa yang mau di makan siang ini akhirnya datang juga apa yang mau dimakan.

Setelah cukup lama menunggu pesanan nya akhirnya datang makanan nya saya melihat pesanan makanan yang saya pesan. Sebuah nasi yang di susun secara rapi ditambah berbagai lauk pauk yang di buat dan tempe dan tahu goreng serta tidak lupa lalapan ala khas makanan sunda. Setelah cukup untuk melihat beberapa detik saya mengambil sendok dan mencoba makanan ini. Makanan ini cukup enak perpaduan rasa asin, gurih, pedas dari sambal nya menambah selera makan. Setelah itu mencobai oncom nya rasa nya cukup unik tapi nagih banget untuk di makan. Setelah beberapa saat makanan ini pun langsung lenyap seketika, tak terasa makanan ini habis begitu cepat. Akhirnya saya berpikir kenapa makanan ini enak dan makanan tradisional masyarakat khususnya orang sunda Jawa Barat makanan ini cukup populer dikalangan masyarakat dikarenakan makanan ini memiliki rasa yang cukup enak di padu dengan bumbu – bumbu rempah khas Indonesia itu sendiri.

Kesan Percobaan

Kesimpulan yang bisa diambil dari makanan nasi tutug oncom Bandung ini adalah, rasa nya sangat enak untuk di makan kapan pun dan di mana pun. Dikarenakan makanan ini cukup terjangkau dan harganya yang tidak terlalu mahal untuk semua kalangan. Bukan itu saja makanan ini cocok di makan oleh siapa saja baik kalangan anak – anak maupun orang dewasa. Sensasi dari makanan yang satu ini adalah rempah – rempah asli Indonesia yang dikhususkan untuk nasi dan oncom nya, yang memberikan rasa sensasi gurih dan asin untuk makanan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here