Jamu Minuman Khas Asli dari Indonesia

0
17
jamu minuman khas indonesia
jamu minuman asli indonesia - sumber gambar: indonesia.go.id

Indonesia memiliki beragam minuman yang sangat banyak mulai dari minuman dingin, panas, manis, bahkan asam manis yang bercampur menjadi satu di negeri indonesia. Tetapi dari semua itu ada minuman tradisional asli dari Indonesia, yakni Jamu. Jamu adalah minuman tradisional yang sudah dikenal pada jaman dulu hingga sekarang. Minuman ini sendiri memiliki manfaat yang baik bagi tubuh bagi yang meminumnya. Minuman ini sendiri memiliki rasa yang cukup unik, dikarenakan memiliki rasa yang pedas, manis bahkan pahit. Unik bukan?

Jamu Indonesia sendiri memiliki berbagai macam bahan rempah asli Indonesia untuk menciptakan rasa pedas manis dan pahit tersebut dari bahan bahan tanaman asli dari Indonesia loh. Kita simak yuk..

Jahe

Jahe adalah tanaman yang cukup terkenal bahkan sampai keseluruh dunia. Jahe memiliki rasa pedas dan menciptakan rasa hangat yang cukup membara dan mampu menghangatkan tubuh pada saat di minum. Jahe sendiri merupakan rempah rempah yang biasanya banyak digunakan sebagai bumbu masak untuk ibu rumah tangga. Jahe bukan hanya digunakan untuk bumbu rumah tangga saja, tapi digunakan untuk pengobatan tradisional yang cukup ampuh untuk menyembuhkan segala penyakit seperti batuk, pilek, flu, demam, dan lain lain sebagainya. Jahe  yang biasa digunakan untuk jamu biasanya jahe emprit dan jahe merah. Wow luar biasa ternyata manfaat jahe loh teman teman he he.

Kunyit

Kunyit adalah tanaman yang asli dari Indonesia juga yang sama dengan jahe. Kunyit ini sendiri biasanya digunakan untuk bumbu masak untuk membuat berbagai macam makanan asli dari Indonesia. Kunyit sendiri memiliki warna orange kekuningan dan memiliki rasa pedas dan sedikit pahit serta dapat digunakan sebagai pewarna kuning alami bagi beberapa masakan atau makanan yang ingin dicampurkan pewarna. Kunyit tumbuh luas subur di daerah daerah Indonesia karena tanah Indonesia yang cukup subur serta iklim nya yang cukup baik sehingga tanaman ini cukup cepat tumbuhnya. Kunyit untuk dalam penggunaan jamu cukup simple, hanya dengan merebusnya saja selama beberapa menit dengan menggunakan air hingga warna kekuningan muncul dari kunyit nya, lalu disaring sampai mendapatkan sari dari kunyitnya, nah dari situlah air jamunya tercipta. Nah kunyit memiliki khasiat untuk kesehatan, termasuk untuk wanita yang sedang haid, karena dapat mengurangi gejala nyeri haid yang berkepanjangan semasa periode haid pada wanita loh, untuk anak anak juga bisa menambah nafsu makan. Bukan hanya itu saja, ini juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa mual untuk yang mengalami penyakit maag, asam lambung dan sedang batuk maupun flu.

Gula Merah

Gula merah atau disebut juga sebagai gula aren memiliki warna coklat kemerahan yang memiliki rasa manis yang biasanya digunakan dalam jamu sebagai pemanis supaya rasa pahit dan pedas pada jamu tidak terlalu terasa khususnya pada anak anak yang tidak terlalu suka pedas. Gula merah berasal dari nira dari pohon enau yang tumbuh subur di Indonesia. Gula merah biasanya juga dicampurkan pada makanan manis bahkan dapat ditambahkan ke minuman agar terasa lebih manis seperti cendol, air kelapa, es campur, kolak dingin dan lain lainnya. Gula merah yang kaya akan antioksidan yang banyak memiliki khasiat seperti meredakan nyeri sendi dan haid sama seperti kegunaan kunyit loh.

Nah, segitu dulu ya teman teman informasi mengenai jamu minuman khas tradisional Indonesia. Semoga bermanfaat ya teman teman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here