50 Sambal Khas Indonesia yang Akan Menjadikan Makan Kamu Lebih Lahap dari Biasanya!

4
15
sambal bawang

Orang Indonesia terkenal akan kecintaannya pada masakan pedas. Makanan tidak akan lengkap jika tidak ada sambal. Sambal adalah saus dengan bahan utama yang disiapkan dari cabai yang dilumatkan sehingga keluar kandungan sari cabe yang berasa pedas dan ditambah bahan-bahan lain seperti garam dan terasi.

Indonesia yang memiliki budaya yang sangat banyak juga memiiki beragam sambal yang tersebar di seluruh nusantara. Berikut adalah sambal-sambal yang ada di nusantara.

1. Sambal Cabe Ijo

sambal-cabe-hijau
Sambal Cabe Ijo. Sumber: www.resepmedia.com

Sambal ini lebih dikenal di Padang. Sambal ini berbahan dasar dari cabai ijo. Kamu dapat menemukan sambal ini di restoran padang atau berkreasi mebuatnya sendiri..

2. Sambal Kecap

sambal-kecap
Sambal Kecap. Sumber: witnifood.blogspot.com

Sambal yang satu ini akan memberika citarasa yang pedas dan manis. Rasanya yang mantap sangat cocok dihidangkan bersama dengan ikan bakar.

3. Sambal Kacang

sambal-kacang
Sambal Kacang. Sumber: vemale.com

Sambal kacang merupakan salah satu jenis sambal yang terbuat dari bahan campuran kacang tanah goreng dan cabe rawit juga jenis bahan yang lainnya. Sambal kacang merupakan makanan pelengkap yang biasa dinikmati ketika sedang makan.

4. Sambal Bawang

Sudahkah kamu menocoba sambal bawang? Kenikmatannya bisa menambah cita rasa makanan yang sedang kamu santap. Pada dasarnya ada beragam jenis sambal bawang. Sambal bawang ini juga mudah jika kamu ingin membuatnya sendiri.

5. Sambal Tomat

sambal-tomat

Sambal ini menggunakan segarnya tomat dan rasa pedas dari cabai. Sambal tomat memang sering menjadi sebuah pelengkap ketika jamuan makan. Namun sambal tomat ini akan memiliki rasa yang begitu nikmat dan lezat jika dipadukan dngan berbagai macam jenis lalapan untuk pelengkapnya.

6. Sambal Terasi

sambal-terasi
Sambal terasi. Sumber: resepdanmasakan.com

Sambal terasi adalah menu pelengkap makan yang disukai oleh banyak orang termasuk saya. Bagi kebanyakan orang jawa barat (sunda) sambal terasi merupakan salah satu menu wajib saat makan.

7. Sambal Bajak

sambal-bajakSambal bajak. Sumber: cosmopolitanfm.com

Sambal ini sudah terkenal luas sebagai sambal khas nusantara. Sambal ini seperti sambal terasi yang memilki cita rasa yang lebih kaya dan nempel di lidah. Rasanya yang pedas dan teksturnya yang agak kasar menggugah selera untuk ingin segera menggarapnya sehingga sering dijadikan teman istimewa dalam melengkapi menu hidangan spesial lainnya.

8. Sambal Dabu-dabu

sambal-dabu
Sambal Dabu-dabu. Sumber: www.vemale.com

Sambal dabu-dabu merupakan sambal khas Manado, Sulawesi Utara. Sambal dabu-dabu ini tersasa segar dan bikin nagih. Banyak yang menilai bahwa sambal dabu-dabu paling pas untuk pendamping makan ikan bakar rica-rica.

9. Sambal Matah

Sambal Matah merupakan sambal khas Bali. Sambal khas dari Bali ini biasanya disajikan sebagai pelengkap. Nama sambal matah berarti sambal mentah. Sambal matah terbuat dari bahan-bahan yang segar.

10. Sambal Colo-colo

SAMBAL-COLO
Sambal colo-colo. Sumber: kemblakareun.com

Sambal colo-colo adalah sambal khas Ambon, sambal ini sangat terkenal pedas, dan hampir masyarakat Ambon tidak pernah lepas dari sambal ini, bahan-bahan yang digunakan juga bahan yang sudah umum dan banyak digunakan.

11. Sambal Embe

sambal-embe
Sambal Embe. Sumber: cookpad.com

Selain sambal matah ada juga sambal Embe yang berasal dari Bali. Citarasa dari sambal embe ini tentunya pedas banget serta mantap, sangat cocok deh menemani setiap menu makan kamu.

12. Sambal Honje

sambal-honje
Sambal Honje. Sumber: www.merahputih.com

Sambel khas tanah Sunda ini terdapat di daerah Kec. Labuan Kab. Pandeglang-Banten sambal ini menjadi menu sajian sedap yang wajib ada di tiap acara makan-makan bersama pada saat kumpul Botram atau Bancakan selain itu juga ngaliwet makan bersama dengan nasi liwet.

13. Sambal Andaliman

sambal-andaliman
Sambal Andaliman. Sumber: vebma.com

Sambal yang pedas bukan hanya bisa menimbulkan rasa ketagihan, tapi juga bisa membuat hidangan yang kita makan , terasa lebih sedap. Soto, misalnya, tambah lezat setelah diberi sambal. Nah, mari kita lihat sambal apa saja yang bisa kita tambahkan pada katering kita agar bisa menaikkan rasa masakan yang kita buat.

14. Sambal belut

Sambal dengan campuran belut goreng. Rasa sambal yang pedas dan gurih dari belut menjadi perpaduan yang lezat.

15. Sambal Goang

sambal-goang
Sambal Goang: kompinikmat.blogspot.com

Sambal goang adalah sambal dengan bahan cabai, bawang serta garam yang dihaluskan dan disajikan dengan keadaan mentah.

16. Sambal Roa

sambal-roaSambal roa. Sumber: www.agrowindo.com

Sambal dengan perpaduan suwiran daging ikan roa panggan yang dihaluskan dan disangrai kemudian dicampur dengan tumisan bumbu halus khas sambal roa beserta pelengkap bahan lainnya ini memang terasa begitu spesial. Ditambah nikmatnya daging ikan roa dalam sajian sambal ini membuat rasa sedapnya tidak ada duanya.

17. Sambal Kaluku

sambal kalukuSambal kaluku. Sumber: resepsambal-ayomasak.blogspot.com

Sambal ini mirip dengan serundeng, karena sambel yang dicampur dengan parutan kelapa.

18. Sambal Seruit

sambal-seruitSambal seruit. Sumber: liputanbengkulu.com

Sambal ini adalah sambal terasi yang disajikan bersama ikan yang digoreng atau yang dibakar.

19. Sambal Belacan

Sambal ini mengandung belacan atau udang yang dilumatkan. Sambal ini juga dapat digabung dengan bahan lain seperti kangkung untuk menghasilkan sambal kangkung, dengan cumi-cumi untuk menghasilkan sambal sotong, dan dengan telur untuk sambal telur.

20. Sambal Mentah

sambal-mentahSambal mentah. Sumber: cookpad.com

Sambal yang haluskan dan disajikan mentah bersama lalapan yang segar.

21. Sambal kemangi

samabl-kemangiSambal daun kemangi. Sumber: blogoresep.blogspot.com

Aroma daun kemangi yang sangat khas memang sangat pas untuk menambahkan aroma pada setiap sajian. Menikmati sajian yang menggunakan lalap juga terasa kurang lengkap jika tak ada kemangi. Nah, kali ini daun kemangi menjadi campuran dalam membuat sambal.

22. Sambal Mangga

sambal-manggasambal mangga. sumber: cookpad.com

Biasanya memang mangga muda pas dijadikan bahan rujak. Selain itu, mangga muda ini juga populer diolah menjadi sambal. Jika Anda bosan dengan jenis sambal yang itu-itu saja, sebaiknya Anda mencoba sambal ini.

23. Sambal Goreng Ikan Asin

sambal-goreng-ikan-asinSambal goreng ikan asin. Sumber: cookpad.com

Sambal atau sering disebut sambel bagi orang jawa adalah menu masakan yang utama, kurang lengkap rasanya jika hidangan di meja makan anda tiada sambel goreng ikan asin.

24. Sambal Oncom

resep-sambal-oncomSambal oncom. Sumber: vemale.com

Ciri khas dari olahan sambal oncom basah adalah lenca dan petai dimasak setengah matang agar menghasilakan cita rasa enak dan gurih. Cara membuat sambal oncom basah mudah dan praktis tinggal oncom sama petai dicampurkan dengan bumbu halus seperti kencur, bawang merah dan bawang putih serta kencur.

25. Sambal Pecel

sambal-pecelSambal pecel. Sumber: vemale.com

Sambal pecel ini bisanya dipakai untuk bumbu atau campuran pecel yang biasanya terdiri atas bayam, daun ketela, kecambah, kol, dan sayur-mayur lainnya yang semuanya telah direbus.

26. Sambal Peda

sambal-ikan-pedaSambal Peda. Sumber: tribunnews.com

Ikan peda asim memang memiliki rasa dan aroma yang sangat menggugah selera. Ikan kembung yang telah diawetkan dengan cara di asinkan ini selain dipepes cocok juga disajikan dalam sajian yang lain. Misalnya dibuat sambal dengan cabai yang serba hijau.

27. Sambal petis

sambal-petisSambal petis. sumber: resepmasakanrahasia.blogspot.com

Sambal petis adalah salah satu sambal yang biasanya dijadikan sebagai cocolan gorengan baik itu tahu ataupun tempe goreng. Sambal petis ini memiliki rasa yang enak dan pedas, namun sangat cocok dengan lidah kita.

28. Sambal Rujak

Namanya rujak buah segar, pasti sangat nikmat jika disantap pada saat panas begini. Buah-buahan yang segar dan berair dipadu dengan sambal rujak yang segar dan pedas.

29. Sambal Tempoyak

sambal-tempoyakSambal tempoyak. Sumber: Resepkuekeringku.com

Tempoyak adalah masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasi. Tempoyak merupakan makanan yang biasanya dikonsumsi sebagai lauk saat menyantap nasi.

30. Sambal Pencit

sambal-pencitSambal pencit. Sumber: www.vemale.com

Sambal pencit masih jarang mendengar nama sambal ini, kecuali orang Jawa Timur. Pencit merupakan sebutan orang Jawa Timur untuk mangga muda. Jadi, sambal pencit adalah sambal mangga muda sebenarnya.

31. Sambal Kenari

sambal-kenariSambal Kenari. Sumber: sayangi.com

Sambal kenari adalah sambal tradisional dari daerah Indonesia bagian timur seperti Maluku dan Sulawesi. Pemakaian kenari membuat sambal ini terasa gurih dan nikmat.

32. Sambal Tumpang

sambal-tumpangSambal tumpang. Sumber: resepharian.com

Sambal tumpang merupakan salah satu olahan kuliner nusantara yang cukup digemari banyak orang. Sambal yang satu ini memiliki rasa yang khas yang membedakan dengan sambal-sambal lain.

33. Sambal Lingkung

sambal-lingkungSambal lingkung. Sumber: belbangka.blogspot.com

Sambal lingkung adalah sambal yang dibuat dengan bahan dasar ikan tenggiri, ikan gabus, ikan belida, berbeda dengan sambal pada umumnya yang menonjolkan citarasa pedas, sambal lingkung justru memiliki rasa pedas yang tipis dan rasa gurih yang menonjol.

34. Sambal Korek

Sambal korek yang super pedas bikin keringat bercucuran saat menyantapnya. Apalagi dihidangkan dengan nasi yang masih ngebul, bisa dibilang pedesnya nampol.

35.Sambal Dadak

sambal-dadakSambal Dadak. Sumber: www.cookpad.com

Sambal dadak cukup terkenal di Indonesia khususnya di tanah Sunda. Biasanya rumah makan Sunda selalu menyediakan resep sambal dadak ini sebagai pendamping aneka masakan Sunda terutama olahan makanan yang digoreng.

36.Sambal Tutuk

Sambal tutuk adalah makanan khas yang berasal dari Sumatra Utara tepatnya dari daerah Batak Toba. Berbahan dasar ikan kembung yang sudah diproses dengan cara diasapi atau bisa diganti dengan ikan teri yang dicampur dengan bumbu sambal lain.

37. Sambal Cibiuk

sambal-cibiuk-garutSambal cibiuk. Sumber: menuresepmasakan.com

Sambal yang di campur dari bahan olahan tersendiri. Sambal ini merupakan sambal yang berasal dari Garut.

38. Sambal Asem

sambal-asamSambal Asem. Sumber: cookpad.com

Sambal ini merupaka khas Cirebon. Biasanya sambal ini menjadi teman untuk makanan sayur seperti kangkung sambal asem.

39. Sambal Bongkot

sambal-bongkotSambal bongkot. Sumber: www.klikhotel.com

Sambal ini berasal dari Bali. Nama Bongkot adalah nama lain dari bunga kecombrang, di Bali. Sambal ini terbuat dari bunga kecombrang yang diiris tipis dan dicampur bersama cabai rawit dan bawang. Biasanya untuk menemani lauk ayam atau ikan.

40. Sambal Kemiri

sambal-kemiriSambal Kemiri. Sumber: cookpad.com

Sambal kemiri adalah sambal olahan dari kemiri. Biasanya sambal ini dipakai untuk opor. Selain untuk opor sambal kemiri juga cocok untuk beragam jenis ikan.

41. Sambal Lado Mudo

Sambal hijau lado mudo ini berbeda dengan sambal merah biasanya. Sambal ini biasa kita temukan di masakan Padang.

42. Sambal Petai

sambal-petaiSambal Petai. Sumber: www.satujam.com

Sambal merah yang di uleg dengan adanya oetai di dalamnya atau sesudah di uleg, petaipun ada di atasnya.

43. Sambal Parado

Sambal-ParadoSambal parado. Sumber: dapurmiranti.blogspot.com

Sambal ini berasal dari Nusa Tenggara Barat. Sambal ini biasanya disantap saat makan ikan laut bakar atau ikan laut goreng .

44. Sambal Teri Asam

Sambal ini adalah gabungan antara sambal merah dan teri . Sambal ini bisa disantap dengan urap Aceh.

45. Sambal Goreng Kentang

sambal-goreng-kentang

sambal goreng kentang. sumber: selerasa.com

Makanan yang berbahan dasar kentang ini termasuk menu favorit di acara Lebaran. Tidak jarang makanan ini disajikan dalam menu makan sehari-hari.

 46. Sambal Telur Ceplok

sambal-telor-ceplokSumber : www.k9886.com

Sambal ini merupakan paduan dari sambal balado yang disajikan bersama telor ceplok.

47. Sambal Tumis Kecap

sambal-tumis-kecapsumber: selerasa.com

Sambal ini campuran dari tahu yang sudah digoreng dalam bentuk dadu yang ditumis dengan campuran kecap manis dan cabai.

48. Sambal Tempe Buncis

sambal-tumis-buncis-tempeSumber : www.ilmci.com

Sambal ini memiliki dua bahan tambahan utama yaitu tempe dan buncis yang dipotong sesuai selera. Khas dari sambal ini memakai potongan bawang bombay yang dipotong kasar.

48. Sambal Teri Medan

Sambal khas medan ini bisa bertahan cukup lama dengan cara disimpan di dalam toples kedap udara. sambal ini biasanya disajikan sebagai pendamping nasi.

49. Sambal Goreng Cirebon

Berbeda dengan sambal-sambal lainnya, sambal ini menggunakan bahan utamanya adalah daging. Daging yang dimasak hingga empuk, setelah itu cabai yang sudah dipotong kecil-kecil ditumis bersamaan dengan daging.

50. Sambal Bacang

sambal-bacangSumber : cookpad.com

Sambal ini hampir sama dengan sambal mangga. Buah bacang satu jenis dengan buah mangga. Khususnya masyarakat di Sumatera Selatan yang mencampurkan buah bacang ke dalam sambalnya.

sumber: http://www.gulalives.co/jenis-sambal/

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here