Ayam Goreng Nyonya Suharti: Lezatnya Rasa Tradisional Indonesia

0
28
ayam goreng nyonya suharti

Indonesia dikenal sebagai negara dengan beragam masakan lezat, salah satunya adalah ayam goreng Nyonya Suharti. Ayam goreng ini merupakan salah satu hidangan yang paling terkenal di Indonesia dan diakui secara internasional sebagai salah satu masakan khas Indonesia yang harus dicoba.

Dengan menggunakan resep turun-temurun dari keluarganya, ayam goreng Nyonya Suharti cepat menjadi terkenal di Indonesia dan memenangkan banyak penghargaan. Sekarang ini, ayam goreng Nyonya Suharti dapat ditemukan di seluruh Indonesia, dan bahkan memiliki cabang di luar negeri.

Pada 1972, lahirlah rumah makan Ayam Goreng Ny.Suharti yang dibangunnya bersama sang suami. Lokasinya berada di JL.Sucipto No.208 Yogyakarta dan menjadi pusat perdagangan ayam goreng Ny.Suharti saat itu.

Perbedaan Logo

Dalam sebuah wawancara dengan Majalah Tempo, Suharti pernah bercerita, awalnya rumah makan yang dirintis selama ini oleh Suharti dan suaminya, Sachlan itu menggunakan logo bergambar ayam. Namun siapa sangka, penyebab lahirnya logo kedua justru dipicu aksi suaminya yang diyakini Suharti memiliki wanita lain di Jakarta.

Perang dingin antara keduanya membuat sang suami berhasil mengakuisisi semua rumah makan `Ayam Goreng Ny.Suharti`, karena namanya terdaftar sebagai pemilik resmi bisnis tersebut.

Maka Suharti yang kehilangan semua usahanya, mendirikan kembali rumah makan miliknya sendiri dan masih dengan nama yang sama `Ayam Goreng Ny.Suharti`.

Namun kali ini, Suharti menggunakan potret wajahnya sendiri di logo produknya untuk menandakan bahwa ayam goreng itu asli miliknya. Hingga saat ini, restoran ini masih tetap eksis dengan nama yang berbeda yaitu “Ayam Goreng Suharti” dan tetap menggunakan potret wajahnya sendiri sebagai logo.

Resep Otentik

Ayam goreng Suharti memiliki ciri khas dalam resepnya, yaitu menggunakan bumbu rempah yang kaya dan diolah dengan teknik khusus yang dipelajari Nyonya Suharti dari ibunya. Bumbu yang digunakan di antaranya adalah bawang putih, bawang merah, ketumbar, kunyit, jahe, dan serai. Setelah itu, ayam yang telah dibumbui tersebut digoreng dengan minyak kelapa hingga matang dan berwarna kecoklatan.

Kelezatan ayam goreng Suharti tidak hanya dari rasa bumbunya, tetapi juga teksturnya yang renyah dan juicy pada bagian dalam. Ayam goreng ini disajikan dengan nasi putih hangat dan sambal, atau bisa juga dinikmati dengan lauk lainnya seperti tahu dan tempe goreng.

Selain ayam goreng, Suharti juga menawarkan hidangan lainnya yang tidak kalah lezat seperti nasi goreng, ayam panggang, dan banyak lagi. Menu-menu tersebut juga menggunakan resep turun-temurun dari keluarga Nyonya Suharti yang diolah dengan bumbu khas Indonesia.

Ayam goreng Suharti telah menjadi salah satu hidangan yang paling terkenal di Indonesia, dan dikenal di seluruh dunia sebagai masakan khas Indonesia yang harus dicoba. Rasanya yang lezat dan kaya rempah, serta tekstur ayam yang renyah dan juicy, menjadikan ayam goreng Nyonya Suharti menjadi salah satu hidangan favorit banyak orang. Jika Anda ingin mencoba masakan khas Indonesia yang lezat dan autentik, jangan lupa untuk mencicipi ayam goreng Nyonya Suharti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here