Wow! – Pulau Indah di Indonesia yang wajib Anda Kunjungi sekali seumur hidup

3
6
pulau indah saumlaki

Saat ini sedang heboh berita mengenai pulau di Indonesia yang dijual untuk asing di situs privateislandsonline.com. Tak heran memang, Indonesia yang notabennya adalah negara kepulauan yang terdiri dari beribu pulau diseluruh nusantara, menyimpan berjuta pesona dan keindahan yang menarik para turis mancanegara untuk mengunjunginya bahkan sampai memiliki keinginan untuk membelinya. Untuk itu kita sebagai warga negara Indonesia sendiri akan sangat rugi jika kita sendiri belum pernah untuk mengunjungi dan menikmati keindahan alam negri kita sendiri. Berikut beberapa daftar pulau di Indonesia yang wajib Anda kunjungi sekali seumur hidup yang Greatnesia rangkum dari berbagai sumber:

1. Pulau Saumlaki – Maluku

Nama Pulau Saumlaki mungkin terdengar asing di telinga kamu. Namun, sekali berkunjung kemari kamu pasti betah dan nggak akan merasa bosan! Ya, Pulau Saumlaki masuk dalam Kabupaten Maluku Tenggara Barat. Karena letaknya di luar Indonesia, maka Pulau Saumlaki lebih terkenal di luar negeri daripada di Indonesia. Kapal mulai dari Australia, Timor Leste sampai Amerika Serikat sangat sering berhenti di Pulau Saumlaki. Wisata pantai di pulau ini adalah yang paling diminati wisatawa, di mana pasir putih dan laut yang jernih akan membuatmu betah berlama-lama di sini. Pantai Weluan dan Pantai Pertamina menjadi salah satu tujuan wisata yang terkenal di Pulau Saumlaki.

2. Pulau Derawan – Kalimantan Timur

pulau-derawan

Kamu pasti setuju kalau Pulau Derawan masuk dalam daftar pulau terindah di Indonesia. Pasalnya, pantai di pulau ini masuk dalam daftar CNN World’s 100 Best Beaches In The World dan menempati posisi ke-63. Pasir putih di pulau ini begitu lembut dan airnya pun jernih. Bahkan, saking jernihnya kita bisa snorkeling menikmati keindahan alam bawah laut. Pokoknya Pulau Derawan nggak kalah dengan Maldives deh!

3. Karimunjawa – Jawa Tengah

pulau-karimunjawa

Siapa bilang di Laut Jawa nggak ada pulau yang keren untuk dikunjungi? Kepulauan Karimunjawa yang terdiri dari 27 pulau ini membuktikan bahwa di Pulau Jawa ada juga wisata pulau yang kece. Dari 27 pulau tersebut hanya 5 pulau yang berpenghuni dan sisanya tidak berpenghuni. Namun, pulau-pulau yang tak berpenghuni, seperti Pulau Menjagan Kecil, Mrican, dan Cemara Kecil inilah yang jadi favorit para traveler. Selain menawarkan pasir putih yang halus dan air laut berwarna hijau tosca, Kepulauan Karimunjawa juga memiliki wisata alam bawah laut dengan terumbu karang yang masih sangat asri.

4. Pulau Weh – Aceh

Pulau-Weh

Mendengar nama Pulau Weh, pasti yang kamu bayangkan adalah sebuah pulau yang terletak di bagian paling barat di Indonesia. Ya, memang betul Pulau Weh adalah pulau yang berada di bagian barat Indonesia, tepatnya berbatasan dengan Aceh. Titik nol kilometer Indonesia ini menawarkan panorama laut yang airnya masih sangat bening. Sejumlah pantai cantik di Pulau Weh juga wajib kamu kujungi jika berlibur kemari. Meskipun hanya berupa pulau vulkanik kecil, sudah banyak penginapan yang tersedia di Pulau Weh ini.

5. Pulau Belitung – Bangka Belitung

pulau-belitung

Pulau yang terletak di lepas pantai timur Pulau Sumatera ini diapit oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata terdapat Batu Mentas yang berada di kaki Gunung Tajam memiliki potensi yang luar biasa sebagai sebuah destinasi wisata terpadu. Keindahan alam baik sungainya yang jernih maupun hutannya yang masih lebat serta keunikan flora dan fauna, kehidupan masyarakat lokal dengan sentra kebun nanas dan lada putihnya ditambah dengan keunikan seni budaya tradisionalnya serta keahlian masyarakat setempat dalam membuat anyaman dari rotan menjadikan Pulau Belitung menjadi salah satu Pulau Terindah di Indonesia bagaikan surga yang patut Anda kunjungi.

6. Pulau Nusa Lembongan – Bali

pulau-Nusa-Lembongan

Pulau Nusa Lembongan terletak di sebelah tenggara Pulau Bali berdekatan dengan Pulau Nusa Ceningan dan Pulau Nusa Penida yang berada di Selat Badung. Selain alam pantainya yang indah dan menarik, Pulau Nusa Lembongan juga menawarkan Gua Alam dan buatan yang unik, tebing laut yang menantang, rawa-rawa yang penuh misteri yang dapat menarik minat Anda untuk datang dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sementara pantai-pantai Di Pulau Nusa Lembongan yang cukup karena  terkenal karena keindahannya adalah Dream Beach, Pantai Tanjung Sanghyang, Pantai Selagimpak, Pantai Selambung, Sunset Beach, Pantai Pemalikan, Pantai Lebaoh (pantai pusat rumput laut) serta tempat-tempat lainnya seperti Rumah Bawah Tanah, Gala-gala, Gua Sarang Walet Batu Melawang, Art Shop Center Buanyaran, Rawa-rawa Pegadungan serta tempat romantis Kolong Pandan Sunset Park.

7. Pulau Tiga Gili – Lombok

pulau-gili-lombok

Tiga Gili adalah nama pulau yang terletak di sebelah barat Pulau Lombok. Pulau-pulau tersebut antara lain Pulau Gili Trawangan yang terkenal dengan air lautnya yang sangat jernih serta alam bawah lautnya yang bagaikan surga. Gili Meno yang baru-baru ini dinyatakan sebagai Pantai Terbaik Di Indonesia oleh Situs Online TripAdvisor serta Gili Air yang terkenal sebagai tempat belajar diving karena tersedia banyak tempat latihan serta penyewaan peralatan yang sangat lengkap.

Pulau Tiga Gili Di Lombok ini merupakan salah satu Pulau Terindah Di Indonesia Bagaikan Surga yang memiliki hamparan pasir putih bersih dan halus dengan air lautnya yang bening sebening kaca serta keindahan bawah laut yang sangat menakjubkan bagaikan surga menjadikan ketiga pulau ini sebagai pulau idaman para wisatawan.

8. Pulau Moyo – Nusa Tenggara Barat

pulau-moyo-nusa-tenggara-barat

Pulau Moyo yang berada sekitar 2,5 kilometer sebelah utara Pulau Sumabawa, Nusa Tenggara Barat, Indonesia merupakan salah satu Pulau Terindah Di Indonesia ini sudah sangat terkenal oleh wisatawan mancanegara dan lokal sebagai tempat berbulan madu atau honeymoon. Bahkan mendiang Putri Diana, Mick Jagger hingga petenis putri Rusia Maria Sharapova sangat menggagumi Pulau Moyo saat berlibur ke pulau ini.

Selain dapat melakukan aktivitas diving, snorkeling, berenang, berjemur matahari dan menikamti keindahan sunset serta keindahan alam daratan dan bawah lautnya yang sangat eksotis, Anda juga bisa mampir ke Air Terjun Mata Jitu yang sungguh indah dan menakjubkan.

9. Pulau Kanawa – Nusa Tenggara Timur

pulau-kanawa

Berlibur ke Pulau Kanawa, Nusa Tenggara Timur bakal membuat Anda tak ingin segera pulang. Pesisir pantainya berkostur landai dan berpasir putih serta air lautnya yang sangat jernih bagaikan permata. Di pulau ini Anda dapat berenang dan snorkeling sepuasnya karena pulau ini terasa milik pribadi.

10. Pulau Sipora – Sumatera Barat

Pulau Sipora

Saat ini, Sipora menjadi tujuan utama bagi mereka yang sedang berkunjung ke Pulau Mentawai. Tak heran, pulau ini menawarkan beberapa tempat wisata menarik dan kawasan selancar yang sempurna. Itu berarti Sipora terkenal di antara mereka yang menyukai olahraga selancar (surfing) dan olahraga air lainnya. Faktanya adalah bahwa pantai di pulau ini akan ramai antara bulan April dan Oktober ketika ombaknya berada pada saat yang terbaik. Meski begitu, bulan lain juga cocok untuk menikmati surfing. Pulau Sipora dianggap sebagai tempat yang paling ideal dan terbaik untuk aktivitass surfing karena pulau menawarkan kondisi yang sempurna bagi peselancar dan turis terutama ombaknya yang mendukung sepanjang tahun. Bahkan para pemula bisa menikmati saat-saat indah di sana asalkan mereka memiliki pengetahuan dasar dan mendapatkan beberapa tip dari penduduk setempat.

Bagi mereka yang mencari tempat berselancar yang baik, beberapa pilihan tersedia termasuk Lance’s Left and Hollow Trees (dikenal dengan gelombang silinder terkenal  yang disebut right tube). Namun, tidak disarankan bagi pemula karena gelombang dianggap berbahaya. Nah, akan lebih mudah jika wisatawan meminta informasi lebih lanjut dari agen tur mereka. Pilihan lainnya adalah Iceland, Telescope, dan Scarecrows yang juga dianjurkan untuk menikmati surfing.

Selain berselancar, Pulau Sipora juga menawarkan daya tarik lain termasuk makanan lokal. Misalnya, ada yang disebut Subbet (kudapan yang terbuat dari talas dan parutan kelapa). Makanan ini murah dan lezat sehingga wisatawan harus mencoba beberapa ketika mengunjungi Sipora. Selanjutnya, mereka bisa bertemu dengan Suku Mentawai dan belajar beberapa budaya dan tarian lokal di sana. Orang-orang Mentawai sangat terbuka dan ramah terhadap wisatawan. Itu berarti tidak akan sulit untuk mendekati mereka.

sumber:
– https://reyginawisataindonesia.blogspot.com/2016/07/10-pulau-terindah-di-indonesia-ini-bagaikan-surga.html
– https://www.mldspot.com/traveling/10-destinasi-wisata-pulau-terindah-di-indonesia

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here