Tarian Daerah Indonesia Yang Paling Terkenal

0
9
tari saman budaya aceh
Tari Saman Aceh

Indonesia memang tidak terlepas dari yang namanya budaya, adat, kesenian, kuliner, wisata hingga alat musiknya. Namun, bagaimana dengan tarian daerah tradisional Indonesia yang paling terkenal? Nah, hal ini juga tidak kalah penting, sebab Indonesia ini memiliki banyak jenis tarian tradisional yang harus Anda ketahui. Apa saja itu, yuk langsung saja Anda lihat seperti dibawah ini.

Tari Saman

Tarian saman ini memang sudah tidak asing lagi bukan di pendengaran Anda dan bahkan tarian ini sudah sampai go internasional. Tari saman ini berasal dari Aceh dan terdiri dari beberapa penari. Tak hanya itu saja, tari saman ini biasanya dilakukan pada saat adanya pertunjukan, event atau memperingati peristiwa yang penting dalam adat. Selain itu, tarian saman ini juga biasanya ditampilkan pada saat perayaan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Tari Kecak

tari kecak
Kecak – sumber gambar: pegipegi.com

Tarian kecak ini mungkin sering ada lihat dan jumpai pada saat Anda berada di Bali tepatnya yaitu di daerah Uluwatu, Bali. Dimana tari kecak ini biasanya dibawakan oleh puluhan penari laki-laki yang nantinya duduk melingkar dan mengangkat kedua tangannya serta menyerukan suara “cak” dengan berulang kali. Menurut informasi yang didapatkan, konon tarian ini dilakukan menceritakan kisah Ramayana.

Tari Tor-Tor

Tari Tor Tor – sumber gambar: merdeka.com

Berikutnya ada juga tari tor-tor yang menjadi ragam budaya Indonesia yang wajib Anda ketahui. Dimana tarian daerah ini berasal dari suku Batak Toba yang berada di Sumatera Utara. Untuk nama tarian ini yaitu Tari Tor-Tor dan merupakan bunyian hentakan kaki para penari dilantai papan rumah tradisional adat Batak. Jadi, pada saat zaman dahulu tarian tor-tor ini dilakukan sebagai bentuk persembahan bagi para roh leluhur.

Tari Jaipong

Tari Jaipong – sumber gambar: infobudaya.net

Tarian daerah asal Jawa Barat ini merupakan tarian yang cukup populer sekali di Indonesia. Dimana Jawa Barat tidak hanya terkenal dengan alat musik tradisionalnya saja melainkan tarian Jaipongnya yang dilakukan oleh beberapa orang wanita. Namun, yang uniknya bahwa tarian Jaipong ini juga terdapat beberapa gerakan dari pencak silat dan tari ronggeng serta tari ketuk tilu. Tarian seperti ini biasanya menceritakan mengenai karakteristik wanita Sunda yang pekerja keras, pemberani, romantis dan mandiri.

Tari Piring

Tari Piring – sumber gambar: taritradisional.wordpress.com

Yang terakhir yang menjadi tarian daerah yang paling terkenal dan hebat yaitu tari piring yang berasal dari Sumatera Barat. Dimana tarian ini menggunakan properti yaitu berupa piring-piring yang nantinya diayun-ayunkan pada saat penampilan berlangsung. Jadi, para penari ini akan menunjukkan sebuah tarian yang luar biasa dengan menggunakan piring tanpa terjatuh ataupun pecah.

Nah, itulah ada beberapa informasi yang bisa Anda lihat mengenai tarian daerah yang paling populer dan terkenal yang ada di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here