Kebudayaan Nasional Indonesia

0
84
kebudayaan nasional indonesia

Kebudayaan nasional Indonesia merupakan wujud dari pola perilaku, kebiasan, dan juga sikap masyarakat. Indonesia sendiri merupakan negara yang memiliki banyak budaya nasional. Budaya-budaya tersebut berhasil membuat nama Indonesia dikenal di kancah internasional.

Sebagai masyarakat Indonesia yang baik, kita tetunya perlu melestarikan kebudayaan nasional. Salah satu wujud pelestarian yang bisa kita lakukan yaitu dengan mempelajari budayanya.

Ada banyak hal yang bisa kamu pelajari dari kebudayaan nasional Indonesia. Mulai dari ciri-cirinya, manfaatnya, hingga bentuk kebudayaan itu sendiri.

Perbedaan Kebudayaan Nasional Indonesia Dan Kebudayaan Lokal/ Daerah

Budaya nasional dan budaya daerah merupakan dua hal yang bisa dikatakan sama namun juga berbeda. Hal ini dapat dilihat dari pengertian kedua istilah tersebut.

Budaya daerah atau lokal merupakan suatu budaya yang berkembang di daerah tertentu dan memiliki ciri khas yang benar-benar merepresentasikan daerah tersebut. Budaya lokal terbentuk karena perilaku, tindak tanduk, dan juga pola pikir masyarakat yang ada pada daerah tertentu. Contoh budaya daerah antara lain bahasa daerah, upacara adat, kesenian tradisional seperti ludruk, makanan tradisional, dan lain sebagainya.

Hampir sama dengan budaya daerah, kebudayaan nasional Indonesia merupakan suatu kebudayaan masyarakat yang diangkat menjadi identitas nasional. Jika budaya lokal hanya merepresentasikan daerah tertentu maka budaya nasional lebih merepresentasikan identitas suatu negara dan bangsa. Contoh budaya nasional Indonesia antara lain wayang, batik, dan Bahasa Indonesia.

Ciri-Ciri Kebudayaan Nasional Indonesia

Untuk dapat dikatakan dan dijadikan sebagai budaya nasional tentunya sebuah kebudayaan perlu masuk dalam kriteria-kriteria tertentu. Budaya nasional sendiri memiliki ciri-ciri tertentu yang menjadikannya identitas negara. Dan juga menjadikannya unik serta berbeda dari negara-negara lain.

  1. Budaya tersebut diakui, digunakan, dan benar-benar diterapkan masyarakat dari generasi ke generasi
  2. Mencerminkan pola perilaku masyarakat
  3. Menciptakan jati diri bangsa

Manfaat Kebudayaan Nasional Indonesia

Memiliki kebudayaan nasional tentunya juga sangat bermanfaat bagi negeri ini. Dengan adanya budaya nasional, negara Indonesia memiliki identitas tersendiri. Kebudayaan nasional pula yang menjadikan suatu negara dikenal oleh negara lain. Ini bisa terjadi karena dengan adanya budaya nasional, suatu negara dianggap unik dan berbeda dengan negara-negara lainnya.

Bentuk-Bentuk Kebudayaan Nasional Indonesia

Indonesia yang terkenal sebagai negara kaya akan suku dan budaya pastinya memiliki banyak aset kebudayaan nasional. Kebudayaan nasional di Indonesia sendiri memilki berbagai macam wujud.

Rumah Adat

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari 34 provinsi. Dengan banyaknya provinsi di Indonesia membuat jumlah rumah adat di Indonesia juga sangat banyak. Setiap provinsi di Indonesia memiliki rumah adat mereka masing-masing.

Misalnya saja rumah adat Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Walaupun berada di satu pulau yang sama yaitu pulau Jawa, namun ketiga provinsi tersebut memiliki rumah adat yang berbeda-beda. Rumah adat Jawa Barat bernama Rumah Kesepuhan, rumah adat Jawa Tengah dan jawa timur bernama Joglo.

Upacara Adat

Selain rumah adat, upacara adat juga menjadi salah satu dari wujud kebudayaan nasional Indonesia. Sama halnya dengan rumah adat, daerah-daerah di Indonesia juga memiliki upacara adatnya sendiri.

Contoh upacara adat yang sangat terkenal di Indonesia adalah Ngaben. Upacara adat ini berasal dari Bali. Ngaben merupakan sebuah upacara pembakaran jenazah umat Hindu yang ada di Bali.

Aksara

Bentuk kebudayaan nasional Indonesia yang selanjutnya yaitu aksara. Salah satu asksara yang sangat terkenal dari Indonesia yaitu aksara hanacaraka. Aksara ini merupakan aksara yang berasal dari daerah Jawa Tengah dan DIY. Hingga saat ini aksara ini masih dimasukkan ke dalam kurikulum Bahasa Jawa di sekolah dengan tujuan untuk melestarikannya.

Tarian

Indonesia juga memiliki budaya-budaya nasional yang berkaitan dengan seni misalnya saja tarian. Budaya tarian yang ada di Indonesia merupakan sebuah kesenian yang kini mulai merambah dunia internasional. Misalnya saja pertunjukkan tari topeng yang ditampilakan di Inggris.

Tarian merupakan salah satu bentuk budaya yang masih sangat dilestarikan di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya jumlah sanggar tari yang ada di Indonesia. Selain itu, di Bali, setiap anak diajarkan untuk menari sebagai wujud pelestarian budaya tersebut.

Alat Musik

Kebudayaan nasional Indonesia yang ada di bidang seni selain tarian yaitu alat musik. Alat musik merupakan sebuah budaya yang juga sering dipadukan dengan tarian. Salah satu alat musik yang terkenal di Indonesia maupun di luar negeri adalah gamelan.

Gamelan yang terbuat dari perunggu ini terdiri dari beberapa alat penghasil suara misalnya saja gong, saron, dan gendang.

Alat musik dari Indonesia yang juga sudah terkenal di dunia internasional yaitu angklung dari Jawa Barat dan sasando dari Pulau Rote.

Seni Pertunjukan

Seni pertunjukan juga merupakan wujud budaya nasional yang ada di Indonesia. Setiap daerah di Indonesia tentunya memiliki seni pertunjukannya masing-masing. Tidak hanya dikenal di Indonesia dan berhasil menjadi identitas bangsa, namun seni pertunjukan Indonesia juga telah banyak menarik perhatian dari orang-orang manca negara.

Salah satu seni pertunjukan yang banyak diminati untuk ditonton yaitu sendra tari Ramayana yang rutin digelar di Candi Prambanan. Banyak wisatawan yang berbondong-bondong datang ke Candi Prambanan pada malam hari hanya untuk menonton pertunjukan tersebut.

Pakaian Adat

Pakaian adat juga merupakan budaya nasional yang berhasil menjadi identitas bangsa Indonesia. Indonesia memang sudah terkenal dengan berbagai macam pakaian adatnya yang sangat bagus dan menarik. Salah satu pakaian adat yang kini banyak digunakan untuk acara-acara formal negara yaitu kebaya. Kebaya merupakan pakaian adat yang berasal dari Jawa Tengah dan DIY.

Selain kebaya tentunya Indonesia memiliki pakaian adat lainnya seperti ulos, kain gringsing, batik, dan tenun.

Mengapa Kita Perlu Melestarikan Budaya Nasional Indonesia?

Melestarikan budaya tentunya menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Budaya nasional memiliki peran sebagai identitas bangsa. Jadi jika tidak dilestarikan, maka Indonesia akan kehilangan identitasnya.

Selain itu budaya nasional juga menunjukkan jati diri suatu negara di kancah internasional. Jadi dengan melestarikannya, masyarakat di luar Indonesia tentunya juga akan lebih mengenal Indonesia sebagai negara yang memiliki banyak kebudayaan.

Melestarikan budaya juga sangat perlu agar nantinya kebudayaan tersebut tidak punah. Hal ini bertujuan  supaya generasi penerus bangsa bisa menegtahui jika negaranya memiliki aset budaya yang banyak dan sangat membanggakan.

Mengenal budaya nasional Indonesia merupakan hal yang sangat perlu dilakukan sebagai masyarakat Indonesia. Mengenal dan melestariakn budaya juga merupakan salah satu wujud dari cinta tanah air.

Melestarikan kebudayaan nasional Indonesia bisa diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari hal kecil misalnya melihat pertunjukan seni, belajar menari, mengenakan batik atau pakaian adat. Dengan melakukan hal-hal kecil tersebut berarti kamu sudah ikut melestarikan kebudayaan Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini