Alat Musik Gamelan Sejarah, Asal Daerah dan Cara Memainkannya

0
160

Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari Alat Musik Gamelan Sejarah, Asal Daerah dan Cara Memainkannya, gamelan merupakan alat musik tradisional yang memiliki bunyi senada, gamelan memiliki arti alat/instrumen satu kesatuan yang utuh.

Gamelan diambil dari bahasa Jawa “gamel” yang artinya menambuh atau memukul dan diakhiri dengan kata “an” sehingga menjadi kata gamelan yang merupakan kata benda. Orkes gamelan terdapat dibeberapa pulau di Indonesia seperti Jawa, Madura, Bali dan lombok dan memiliki keanekaragamannya sendiri.

Nada yang dihasilkan dari Gamelan merupakan perpaduan seni luar negri, alat musik (Asia tenggara, not nada (Tiongkok), bowed string(timur tengah),gerakan musik dan drum band(India) dll.

Awal mula munculnya Gamela dengan hadirnya kebudayaan Hindu Budha dan menjadi awal sejarah seni asli Indonesia. Sedangkan untuk perkembangan Gamelan, alat musik ini terus dikembangkan dari Majapahit hingga jadi seperti saat ini.

Instrumen gamelan sendiri sudah ada sejak abad ke-8 masehi yang terpapar pada relief dinding candi Borobudur.Pada paparan relief kita bisa melihat beberapa instrumen musik seperti suling, kendang, lonceng, kecapi dan alat musik petik serta gesek.

Asal mula gamelan sudah ada sejak masa kerjaan Hindu-Budha, alat musik ini diperkenalkan oleh masyarakat Jawa dan dikembangkan oleh kerajaan Majapahit.

Mitos mitologi Jawa, menginformasikan pencipta gamelan yaitu Sang Hyang Guru pada era saka, ia merupakan sosok dewa yang menguasi seluruh tanah Jawa. Sosok ini memiliki istana mahendra di Medangkamulan atau lebih dikenal dengan gunung lawu.

Sang Hyang Guru menciptakan gamelan bertujuan untuk memanggil para dewa, alat ini di ciptakan dengan 2 gong dan berbentuk set gamelan agar pemanggilannya lebih efektif dan spesifik.

Selain gamelan ada juga alat musik pengiring untuk memberikan pesan khusus, sehingga terbentuklah gamelan dengan set yang lebih lengkap. Gamelan sangat berkembang di dalam kerajaan Majapahit, penyebarannya sangat pesat hingga ke Sunda dan Bali.

Asal Daerah Alat Musik Gamelan

Beberapa set gamelan terdiri dari beberapa alat musik, beberapa di antaranya:

Gong

Alat Musik Gamelan Sejarah, Asal Daerah dan Cara Memainkannya

Gong merupakan alat musil dari Asia Tenggara dan Asia Timur, alat musik ini banyak digunakan dan menjadi alat musik tradisional daerah. Untuk saat ini pembuat gong sangatlah langka, membuat gong butuh waktu yang cukup lama untuk bisa menghasilkan nada yang diinginkan.

Kendang

Alat Musik Gamelan Sejarah, Asal Daerah dan Cara Memainkannya

Kendang atau Kendhang, alat musik ini merupakan salah satu set gamelan Jawa Barat dan Jawa Timur, memiliki fungsi mengatur irama. Jenis alat musik ini bermacam-macam dan penamaannya juga berdasarkan dari ukurannya.

Untuk ukuran kendang kecil disebut ketipung, ukuran menengah disebut kebar/ciblon, sedangkan kendang yang memiliki ukuran besar di sebut kendang gedhe/kendang kalih. Sedangkan kendang yang di khususkan untuk wayangan disebut kendang kosek.

Bonang

Bonang merupakan alat musik yang memiliki banyak cerita dipulau Jawa, alat kesenian ini memiliki 2 jenit yaitu bonang penerus dan bonang barung.

Alat Musik Gamelan Sejarah, Asal Daerah dan Cara Memainkannya

Perbedannya bonang penerus memiliki ukuran lebih kecil dengan oktaf tinggi, bonang penerus bisa dimainkan dengan kecepatan yang lebih tinggi dari bonang barung.

Sedangkan bonang barung merupakan versi lebih besar/sedang, memiliki oktaf tengah hingga tinggi, biasanya alat musik ini digunakan untuk musik pemuka dalam ansambel.

Kempul

Alat Musik Gamelan Sejarah, Asal Daerah dan Cara Memainkannya

Selanjutnya ada alat musik kempul, salah satu set instrumen gamelan yang tidak boleh dilewatkan. Kempul biasanya digantung dengan gong dan menjadi instrumen keras, walaupun memiliki bentuk yang kecil tapi suara yang dikeluarkan lebih besar di banding gong.

Demung dan Saron

Alat Musik Gamelan Sejarah, Asal Daerah dan Cara Memainkannya

Alat musik ini merupakan salah satu set gamelan dari keluar balungan, biasanya dalam satu setu terdiri dari 2 demung yang memiliki versi slendro dan pelog keduanya menghasilkan oktaf terendah dan memiliki ukuran yang lebih besar.

Saron atau ricik merupakan salah satu musik gamelan dalam keluarga balungan, satu set gamelan biasanya terdiri dari 2 pasang saron, pelog dan laras slendro. Oktaf yang dihasilkan lebih tinggi dari demung atau saron penembung sedangkan ukurannya jauh lebih kecil.

Kenong dan Kethuk

Alat Musik Gamelan Sejarah, Asal Daerah dan Cara Memainkannya

Kenong merupakan salah satu set gamelan yang sering digunakan untuk mengisi harmoni atau akor dalam kesenian gamelan. Memiliki fungsi sebagai penentu batas gatra dan penegas irama, alat muskik ini memiliki ukuran yang besar daripada bonang.

Alat musik kethuk dalam satu set biasanya teridiri dari 10 unit atau bervariasi, alat musik ini dimainkan dengan tempo tetap secara terus menerus.

Slenthem

Alat Musik Gamelan Sejarah, Asal Daerah dan Cara Memainkannya

Slentehem merupakan alat musik set gamealan Jawa yang dibuat dari logam tipis dengan tali yang direntangkan di atas tabung sehingga menghasilkan dengung yang berirama rendah. Biasanya alat musik ini mengikuti nada balungan dan ricik saat dimainkan.

Gender

Alat Musik Gamelan Sejarah, Asal Daerah dan Cara Memainkannya

Gender merupakan salah satu set gameran khas dari Jawa dan Bali, Memiliki beberapa set bilah logam sebanyak 10-14 buah. Bilah ini ditempatkan diatas resonator dari bambu atau seng agar memiliki nada yang lebih tinggi.

Gambang

Alat Musik Gamelan Sejarah, Asal Daerah dan Cara Memainkannya

Gambang merupakan alat musik tradisional yang biasanya dimainkan pada kesenian gambang Kromong Betawai, memiliki 18 bilah bambu dengan nada minor dan mayor.

Gambang menghasilkan suara yang merdu saat dimainkan, biasanya gambar dimainkan untuk mengiringi set gamelan lainnya.

Rebab

Alat Musik Gamelan Sejarah, Asal Daerah dan Cara Memainkannya

Alat musik tradsional Rebab, rebeb, rebap, al-rebaba atau rababah memiliki nama yang berbeda-beda dari tempat asalnya alat musik ini menyebar lewat perdagangan dan penyebaran islam dari timur tengah, eropa, afrika uta dan timur jauh.

Dalam set gamelan alat musik Rebab ini merupakan instrumen yang paling penting untuk dikolaberasi dengan melodi dasar lainnya. Sedangkan di Malaysia, kelantan, terengganu rebab sering digunakan untuk penyembagan “Main Puteri”.

Siter dan Celempung

Alat Musik Gamelan Sejarah, Asal Daerah dan Cara Memainkannya

Alat musik siter dan celempung merupakan set gamelan Jawa yang masih ada hubungannya dengan kecapi dari set gamelan Sunda. Perbedaan siter Memiliki 11 pasang senar sedangkan celempung memiliki 12 senar, alat musik ini memiliki arti dari bahasa belanda “citer” dan bahasa inggris “zither”. Sedangan celempung memiliki hubungan dengan musikal sunda celempungan.

Suling

Suling pada umumnya merupakan pengiring/pengrengga lagu dengan nada khasnya yang lembut. Suling biasanya dimainkan sebagai instrumen gamelan, alat musik yang terbuat dari bambu ini memiliki nada khas yang enak di dengar.

Alat Musik Gamelan Sejarah, Asal Daerah dan Cara Memainkannya

Agar nada yang dihasilkan lebih terdengar merdu, pemain suling harus mempelajari teknik yang beragam dan menyesuaikan nada dengan instrumen musik yang sedang berjalan.

Cara Memainkan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, gamelan merupakan beberapa set alat musik dan memiliki ciri khas tersendiri. Untuk memainkan gamelan memiliki teknik yang beragam, alat musik ini dimainkan dengan berbagai cara seperti di pukul menggunakan telapak tangan (ditabuh) atau alat pemukul, digesek, dipetik hingga di tiup.

Kesenian gamelan dijaman kerajaan Majapahit sangat populer dan berkembang sangat pesat hingga tersebut ke Nusantara, bahkan kesenian ini juga hingga saat ini sudah tersebar ke china dan internasional.

Tinggalkan Balasan