Contoh Keragaman Budaya Indonesia Beserta Gambar

0
2427
contoh keragaman budaya indonesia

Indonesia adalah Negara yang memiliki keberagaman budaya yang begitu kaya. Hal ini juga diakui secara universal dan menjadikan banyak Negara di seluruh dunia menjadi kagum dengan masyarakat Indonesia. Bagaimana bisa ada begitu banyak budaya dan adat istiadat dalam satu Negara? Bergeser saja ke kota sebelah maka budaya yang dianutnya akan berbeda dari kota sebelahnya lagi.

kebudayaan daerah di indonesia
Kebudayaan Daerah di Indonesia

Begitu banyaknya ragam budaya Indonesia itu tentunya menjadikan Indonesia menjadi Negara yang sangat kaya. Sebagai masyarakat Indonesia, kita seharusnya berbangga dan ikut melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia. Meski ada banyak budaya luar yang masuk ke Indonesia namun jangan sampai hal tersebut menghilangkan jati diri masyarakat Indonesia. Berikut ini ada beberapa contoh keragaman budaya Indonesia:

Bahasa Di Indonesia

sumpah pemuda, sejarah bahasa indonesia
Sumpah Pemuda – sumber gambar: liputan6.com

Salah satu contoh keragaman budaya Indonesia yang pertama adalah bahasa. Bahasa yang berlaku di Indonesia ada dua, bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa daerah yang berlaku di tiap-tiap daerahnya. Totalnya ada sebanyak 746 bahasa daerah yang ada di Indonesia. Misalnya di Aceh terdapat bahasa aceh, di Jawa Barat terdapat bahasa sunda, di Ambon juga terdapat bahasa Ambon tersendiri. Bahasa itu dituturkan oleh masyarakat asli di daerah-daerah itu masing-masing. Apabila kebetulan Anda datang ke suatu daerah tertentu dan tidak mengerti dengan bahasa daerah di sana maka Anda bisa menggunakan bahasa Indonesia, karena bahasa Indonesia juga berperan sebagai pemersatu bangsa.

Baca Juga: Belajar Tentang Sejarah Bahasa Indonesia.

Rumah Adat Di Indonesia

rumah adat nias salah satu rumah tahan gempa
Rumah Adat Nias – sumber gambar: rumah-adatindonesia.blogspot.com

Contoh keragaman budaya Indonesia lainnya bisa dilihat dari keberagaman rumah adat tiap daerahnya. Biasanya rumah adat ini dibuat berdasarkan adaptasi dengan lingkungan yang ada di sekitarnya dan berdasarkan kebutuhan adat di tiap daerah. Misalnya saja rumah panggung yang ada di daerah Sumatra dibuat untuk menghindari binatang buas, sebab dahulu Sumatra merupakan daerah yang padat hutannya sehingga dengan demikian masyarakat di sana harus waspada terhadap bahaya binatang buas yang berkeliaran pada malam hari. Pada rumah adat di Indonesia itu pun biasanya terdapat simbol-simbol tertentu yang melambangkan berbagai hal dalam adat istiadat suku yang bersangkutan.

Rumah Adat Honai
Rumah Adat Honai Papua
rumah adat mbaru niang
Rumah Adat Mbaru Niang Pulau Flores
rumah sade
Rumah Sade Lombok
Rumah Uma Mbatangu Sumba

Baca Juga: Rumah Tradisional yang Paling Populer dan Unik

Pakaian dan Tari Adat

pakaian adat kalimantan
Pakaian Adat Kalimantan Barat

Pakaian Dan Tari Adat Selanjutnya contoh keragaman budaya Indonesia bisa dilihat juga dari pakaian adat dan tari adat tiap daerah. Pakaian adat dibuat berdasarkan kepercayaan dan nilai-nilai yang ada pada masing-masing daerah. Sedangkan tarian daerah yang biasanya dipertunjukkan pada upacara adat juga biasanya mengandung cerita tertentu yang dipercaya dalam daerah tersebut. Hingga saat ini tarian daerah dari berbagai suku di Indonesia masih dipertontonkan bahkan ada beberapa diantaranya yang terkenal dan mendunia seperti misalnya Tari Saman dari dataran Aceh. Semua contoh keragaman budaya Indonesia itu melambangkan betapa kayanya Negara Indonesia yang tentunya keragaman itu harus dijaga.

tari saman budaya aceh
Tari Saman Aceh
tari kecak
Tari Kecak Bali – sumber gambar: pegipegi.com
tari melinting
Tari Piring Sumatera Barat

Baca Juga: Pakaian Tradisional Paling Unik di Indonesia

Agama yang diakui di Indonesia

Keberagaman Agama di Indonesia

Indonesia dikarunia oleh suku bangsa yang beragam. Kita dapat bangga dengan karunia yang luar biasa ini. Mulai dari pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi, Kalimantan hingga Papua. Tak sedikit kebudayaan daerah yang kita temukan di setiap pulau tersebut. Kadang walau satu pulau bahkan satu provinsi budaya yang terlihat juga berbeda. Hal ini juga dipengaruhi oleh kepercayaan dan agama yang dianut oleh penduduk setempat. Misalnya saja bagi masyarakat yang tinggal didaerah pesisir, mereka percaya bahwa laut memiliki peran besar dalam kelangsungan hidup mereka. Oleh sebab itulah mereka memiliki upacara yang berkaitan dengan laut.

Agama yang resmi diakui oleh negara Indonesia saat ini pun ada 6 yaitu:

  • Agama Islam
  • Agama Katolik
  • Agama Kristen Protestan
  • Agama Hindu
  • Agama Budha
  • Agama Konghucu

Baca Juga: Kebudayaan Daerah di Indonesia.

Adat Istiadat Daerah di Indonesia

adat istiadat daerah

Dengan keanekaragaman pulau, bahasa, suku bangsa, maka tidak heran kiranya Indonesia juga dikaruni oleh adat istiadat yang beragam. Sebut saja contohnya seperti didaerah jawa yang terkenal dengan adat “Grebeg” yang bisa kita temui pada hari – hari besar Islam. Atau didaerah Sumatera Barat yang terkenal dengan filosofi “Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah”. Dan tentu saja masih banyak yang lainnya.

Baca juga: Adat Istiadat Daerah Indonesia.

Suku Di Indonesia

Ragam Suku di Indonesia

Terdapat hampir 1340 suku yang ada di Indonesia menurut data sensus BPS pada tahun 2010. Luar biasa bukan. Dengan jumlah sebanyak itu, suku Jawa merupakan populasi terbanyak yaitu hampir sekitar 41% nya menurut data sensus tersebut. Data ini mungkin saja lebih sedikit dari kenyataannya, karena masih banyak daerah terpencil di Indonesia yang tidak terjangkau oleh akses petugas sensus BPS. Belum lagi banyak suku di Indonesia yang masih bersifat nomaden alias selalu berpindah tempat setiap saat. Bahkan ada suku yang memilih hidup diatas perahu/rakit di laut yang luas.

Baca Juga : Ragam Suku di Indonesia.

Berikut data 10 suku dengan populasi terbanyak di Indonesia:

  • Suku Jawa – 40%
  • Suku Sunda – 15%
  • Suku Batak – 3.5%
  • Suku Madura – 3%
  • Suku Betawi – 2.8%
  • Suku Minangkabau – 2.7%
  • Suku Bugis – 2.6%
  • Suku Melayu – 2.2%
  • Suku Arab – 2.1%
  • Suku Banten – 1.9%

Tinggalkan Balasan