Wisata Religi Kabupaten Demak Yang Wajib Dikunjungi

15
206
mesjid agung demak tempat wisata religi
Mesjid Agung Demak

Tempat Wisata Religi memang masih menjadi salah satu tempat wisata favorit masyarakat. Nah, Demak adalah salah satu kota yang mempunyai destinasi wisata religi cukup banyak dibanding kota-kota yang lainnya di Indonesia. Pada era walisongo kota yang berada di wilayah Jawa Tengah ini mempunyai peran vital dalam penyebaran agama Islam di pulau jawa. Kota yang disebut kota wali ini sangat direkomendasikan untuk kalian, karena kalian juga bisa memperdalam keimanan dan ketaqwaan jika mengunjungi kota ini.

Berikut 5 Destinasi Wisata Religi Kabupaten Demak Yang Wajib Dikunjungi :

Masjid Agung Demak

Tempat Wisata Religi yang pertama yaitu Masjid Agung Demak. Salah satu masjid tertua yang ada di Indonesia. Masjid ini letaknya sangat stategis, yaitu ditengah-tengah kota Demak tepatnya berada di kampung Kauman, kelurahan Bintoro, kecamatan Demak, kabupaten Demak, Jawa Tengah. Masjid ini didirikan oleh raja kesultanan Demak yang pertama yaitu Raden Patah yang makamnya berada disebelah masjid agung Demak. Salah satu warisan yang masih berdiri kokoh sampai saat ini yaitu Masjid Agung Demak.

Makam Raja Kesultanan Demak

makam raja kesultanan demak tempat wisata religi
Makam Raja Kesultanan Demak – sumber gambar: travel.detik.com

Makam raja kesultanan Demak masih berada ditengah-tengah pusat kota, yaitu masih satu komplek dengan Masjid Agung Demak yang tepatnya berada pada sisi sebelah barat laut Masjid Agung Demak. Tempat makam ini adalah satu diantara tempat wisata religi yang wajib anda kunjungi.

Di dalam makam ini terdapat makam-makam semua raja kesultan Demak diantaranya yang utama ada Makam Raden Patah (Sultan Demak), Dewi Muthosimah permaisuri raden patah dan Raden Patiunus (raja Demak II).

Museum Masjid Agung Demak

museum masjid agung tempat wisata religi demak
Museum Masjid Agung Demak

Tempat Museum masjid agung Demak masih sama, yaitu berada di pusat kota Demak. Sangat dekat dengan masjid Agung Demak dan Makam raja kesultanan Demak. Letaknya yaitu sebelah utara Masjid agung demak dan sebelah timurnya makam raja kesultanan Demak. Museum ini menyimpan berbagai barang peninggalan bersejarah yang jumlahnya mencapai 60 koleksi. Museum ini buka tiap hari senin – minggu pada jam kerja.

Makam Kanjeng Sunan Kalijaga

makam sunan kalijaga tempat wisata religi demak
Makam Sunan Kalijaga

Makam Sunan Kalijaga adalah makam salah seorang tokoh walisongo yang memiliki nama asli Raden Mas Said. Beliau yang menyebarkan islam di tanah jawa dengan kemampuannya memasukkan pengaruh islam ke dalam tradisi jawa atau biasa disebut berdakwah dengan menggunakan wayang. Makam ini terletak di desa Kadilangu, kecamatan Demak, kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Tempat Wisata Religi satu ini adalah tempat wisata Demak yang paling banyak dikunjungi peziarah yang datang dari berbagai tanah air, tidak hanya masyarakat jawa tengah saja. Dapat dipastikan pengunjung mencapai ratusan ribu per hari selama 24 jam. Jarak tempuh dari pusat kota Demak ke makam sunan kalijaga cukup dekat hanya 2,1 km saja. Di area makam sunan kalijaga juga terdapat banyak penginapan untuk peziarah dari luar kota.

Makam Syeh Abdullah Mudzakir

Makam Syekh Abdullah Mudzakir – sumber gambar: nu.or.id

Syeh Abdullah Mudzakir adalah salah satu tokoh pejuang kemerdekaan dan ulama yang sangat disegani masyarakat pada zaman dahulu. Makam Syeh Abdullah Mudzakir ini berbeda dengan makam-makam sebelumnya karena keunikan makamnya yang terlekat ditengah-tengah laut.

Makam Syeh Abdullah Mudzakir juga tidak kalah ramai pengunjung. Karena letaknya yang terapung inilah jadi memicu wisatawan non lokal untuk datang mengunjunginya. Makam ini berada di Dusun Tambaksari, desa Bedono, kecamatan Sayung, kabupaten Demak, Jawa tengah. Letak makam syeh Abdullah Mudzakir ini cukup jauh, yaitu 20 km dari pusat kota Demak.

15 KOMENTAR

  1. Nah, yang paling ramai itu menurutku masjid agung Demak, apalagi pas hari raya, baik hari raya idul Fitri maupun idul Adha.

    Lumayan banyak juga yang jualan cinderamata..πŸ˜„

  2. Saya belum pernah ke Demak, bisa jadi rujukan ini.
    Untuk sementara ini emang belum begitu bisa jalan-jalan ke ara yang diperkirakan menghabiskan waktu di jalan, maklum masih fokus dengan bisnis yang usianya masih baru πŸ˜€

Tinggalkan Balasan