Makanan Khas Sumatera Utara yang Wajib Dicoba

0
34
arsik makanan khas sumatera utara

Indonesia memiliki serangkaian kuliner makanan dari berbagai penjuru daerah, mulai dari makanan pedas, manis, asin, dan gurih Indonesia adalah juara kuliner makanan semua ada di dalamnya. Di sumatera utara sendiri memiliki makanan khas yang wajib di coba jika berada di Sumatera Utara. Kaya akan bumbu rempah – rempah yang kuat ada di dalam makanan khas Sumatera Utara mulai makanan pedas asin gurih ada untuk dicoba. Maka langsung saja ini dia makanan khas Sumatera Utara yang wajib dicoba jika berada di Sumatera Utara.

1. Arsik

Arsik adalah salah satu makanan khas Sumatera Utara khususnya masyarakat batak yang paling populer yang wajib di coba. Makanan ini kaya akan khas rempah – rempah. Bahan dasarnya pembuatan arsik ini adalah ikan. Biasanya masyarakat batak menggunakan ikan mas sebagai bahan dasar ikan nya. Arsik ini dikenal dengan masakan bumbu kuning dikarenakan bumbu yang digunakan sama seperti bumbu gulai tetapi ada macam pembeda rempah – rempah yang digunakan diantaranya adalah andaliman. Ya … Andaliman sendiri adalah bumbu yang wajib di punya oleh masyarakat batak dalam memasak arsik ini. Bukan hanya andaliman saja masih banyak sekali bumbu – bumbu yang digunakan dalam pembuatan arsik ini. Cara memasak dari arsik ini cukup unik. Untuk memasak arsik ikan ini membutuhkan waktu berjam – jam untuk menghasilkan rasa yang nikmat dan gurih. Dimasak berjam – jam sampai air dari bumbu mengering dan ikan menyerap air dari si bumbu. Jadilah ikan arsik bumbu resap yang perlu dicoba.

2. Lappet

lappet makanan khas sumatera utara

Lappet adalah makanan kue tradisional batak, makanan ini adalah wajib untuk dicoba jika berkunjung ke Sumatera Utara. Pada jaman sekarang ini lappet sudah mulai jarang ditemukan, dikarenakan sekarang ini tidak banyak yang mendagangkan lappet di setiap daerah. Tetapi daerah – daerah terpencil kemungkinan bisa saja masih ada yang menjual lappet sebagai kebutuhan perekonomian di daerah itu. Biasanya lappet dijajahan setiap pagi hari sekitaran di jam 7 – 10 siangnya. Lappet ini terbuat dari tepung beras, kelapa, dan gula merah sebagai bahan dasar utamanya. Kue tradisional ini memiliki tekstur yang kenyal dan jika digigit tengahnya akan merasakan parutan kelapa yang sudah dicampur dengan gula merah yang merasakan sensasi nikmat untuk di coba jika dibarengi dengan minum teh, dan kopi hangat.

3. Mie Gomak

mie gomak

Di Sumatera Utara memiliki mie yang khas untuk dicoba, ya .. mi gomak. Mie yang biasanya disebut spaghetti orang batak ini memang masih asing di telinga orang – orang luar sumatera utara. Banyak orang sumatera khususnya masyarakat asli orang batak menjadikan tempat bisnis mencari rejeki dengan berjualan mie gomak. Mie gomak dapat dijumpai pagi hari dikarenakan dikenal cocok dijadikan sebagai sarapan di pagi hari. Mie gomak menggunakan kuah kuning bersantan dicampur beberapa sayuran yang wajib untuk dicoba dikarenakan rasanya yang nikmat dan enak jika dicoba untuk sarapan pagi hari.

4. Kue Ombus – Ombus

Makanan yang satu ini wajib untuk dicoba jika berada di Sumatera Utara. Kue dengan paduan legit dan gurih nya sangat enak untuk dimakan apalagi di dijadikan sebagai sarapan dengan teh dan kopi hangat. Kue ini sangatlah kue tradisional yang sangat populer di Sumatera Utara dan cocok dicoba jika berada di Sumatera Utara.

5. Pohul – Pohul

pohul pohul

Salah satu makanan tradisional yang cocok untuk do coba karena akan dijumpai di setiap daerah pedalaman Sumatera Utara, penyajian kue pohul – pohul sendiri di sajikan dengan di genggam dengan tangan langsung oleh penjual nya. Kue ini akan sering dijumpai pada kesempatan pesta ada batak.

6. Dengke Na Niura

dengke na niura

Dengke Na Niura adalah makanan khas orang batak, yang berupa ikan mas tanpa dimasak atau direbus yang diberi bumbu khas batak yang kemudian didiamkan menjadi lunak. Makanan khas batak ini adalah makanan khas tradisional orang batak yang akan ada setiap pada kesempatan acara – acara dari setiap agenda orang batak maka akan ada makanan tradisional ini dijumpai.

Itulah beberapa makanan khas orang batak yang wajib untuk dicoba jikalau berkunjung ke Sumatera Utara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here