Menelisik Keindahan Pantai Jelenga yang Sabet Penghargaan ISTA Festival 2019

2
36
pantai jelenga

Berbicara soal destinasi wisata, pantai pasti dan sepertinya bakalan menjadi elemen yang selalu termasuk di dalamnya. Hal itu juga turut menjadi perhatian Kementerian Pariwasata melalui ajang penghargaan yang bertajuk Indonesian Suistainable Tourism Award (ISTA) Festval 2019. Dari barisan nama yang berjejal, ajang yang diadakan di Jakarta pada Kamis (26/9/2019) kemarin itu memberikan penghargaan untuk Pantai Jelenga. ISTA Festival 2019 memberikan penghargaan dalam kategori pemanfaatan ekonomi untuk masyarakat lokal untuk pantai yang berlokasi di Sumbawa Barat tersebut.

Tidak kalah dengan Lombok, pulau tetangganya dalam satu Provinsi yang sama, pulau Sumbawa khususnya Kabupaten Sumbawa Barat memang dikenal dengan wisata pesisirnya. Pantai Jelenga merupakan salah satu dari jejeran objek wisata pantai yang ada di sana. Lalu, apa saja keindahan yang diusungnya?

1. Membangun Destinasi Wisata Berbasis Masyarakat

Penghargaan yang diperoleh menjadi cerminan bagaimana sebuah objek wisata dibangun dan dikembangan untuk memberikan pengaruh nyata secara ekonomi kepada masyarakat setempat. Pantai yang berada tepat di Kecematan Jereweh, Sumbawa Barat, NTB ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Alam Asri.

Salah satu yang menjadi program untuk merealisasikan hal tersebut adalah dengan program penyediaan modal kerja dan fasilitas penunjang wisata di sana. Dengan begitu, warga setempat diberi akses untuk membangun penginapan, rumah makan, hingga aneka usaha souvenir.

2. Hamparan Pasir Putih Tapal Kuda

Bukan hanya mengandalkan tata kelola yang berbasis warga lokal saja, Pantai Jelenga juga memiliki keunikannya sendiri. Hamparan pasir putih yang seolah berbentuk tapal kuda juga menambah keindahannya. Yang semakin membuat pengunjungnya jatuh cinta juga terletak pada butiran pasirnya yang nampak seperti butiran merica.

3. Bentangan Alam di Sekitarnya

Tidak berhenti di situ, pemandangan alam yang membentang di sekitar pantai memberikan ketenangan yang membuat pengunjung betah berlama-lama. Areal perbukitan hijau seolah menyuguhkan paket pemandangan untuk dinikmati mata. Sekadar berjalan menyusuri pantai sambil mendengarkan alunan debur gulungan ombak semakin memperkaya keindahan Pantai Jelenga.

4. Air Jernih yang Berikan Kesan Natural

Kesan alami dari pantai ini terletak pada airnya yang masih tergolong jernih. Suguhan pemandangan yang dimiliki Pantai Jelenga semakin lengkap dengan elemen terpenting tersebut. Dari atas permukaan, kita bisa memandang dan menembus hingga penampakan dasar di bawahnya. Sepoi tiupan angin yang khas tidak segan membuat kita merasa puas telah datang ke tempat ini.

5. Cocok Dengan Fasilitas Pendukung

Sadar akan posisinya sebagai salah satu destinasi wisata, Pantai Jelenga juga menyediakan fasilitas pendukung untuk memberikan kenyamanan bagi para wisatawan yang datang. Gazebo, dan Bungalow sebagai penginapan merupakan sebagian dari fasilitas yang tersedia. Nah, supaya tidak mengurangi kesejukan dan kesan naturalnya itu, atap gazebo dan bungalow tersebut dibuat dari ilalang.

6. Tempat Singgah Para Penyu

Kekaguman yang dihasilkannya tidak akan berhenti di situ saja. Pasalnya, selain sebagai tempat wisata, Pantai Jelanga juga merupakan tempat singgah para penyu. Perairan di sekitar pantai digunakan oleh penyu untuk menumpang bertelur. Sebagai tempat budidaya, pantai ini akan menjadi tempat telur-telur itu menetas menjadi segerombolan tukik. Sebelum dewasa dan dilepaskan ke laut, tukik-tukik itu akan dipelihara terlebih dahulu.

7. Surga Bagi Para Perselancar

Apabila kamu seorang peselancar, jangan ragu untuk datang ke pantai ini. Pantai Jelengan sendiri memang dijuluki sebagai “Scar Reef” oleh para surfer lantaran gulungan ombaknya yang besar. Tidak sekadar besar, gelombangnya itu seolah membentuk pipa besar yang bergulung-gulung mencapai tinggi antara dua sampai tiga meter. Tidak heran jika wisatawan mancanegara berbondong-bondong datang untuk menaklukan ombak besar di pantai tersebut.

8. Jangan Lupakan Matahari Terbenam

Pantai tentu identik dengan momentum matahari terbenam alias sunset. Bentang alam dan instrumen lain yang ada di Pantai Jelenga tentu tidak akan melepaskanmu segera pergi sebelum menikmati suasana senja di tempat tersebut. Seusai puas berselancar, momen memerahnya warna langit bakal melengkapi semua pengalaman yang bakal kita dapatkan di sini.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here