Resep Soto Medan Asli yang Enak Dan Gurih

3
24
soto medan

Sumatera Utara adalah daerah yang memiliki banyak serangkaian kuliner yang enak dan sedap serta racikan bumbu – bumbu yang tajam didalamnya. Seperti daerah – daerah yang lain, di Medan memiliki masakan yang tidak kalah menarik dengan daerah lainnya yakni soto medan. Soto ini memiliki bahan dasarnya adalah daging ayam, dan menggunakan racikan kunyit untuk pewarna kuning dari kuah soto. Soto medan menggunakan tambahan santan didalamnya yang menjadikan kuah soto medan enak dan nikmat.

Untuk mencoba soto khas medan ini tidak perlu harus terbang dan pergi menuju medan dan sekitarnya untuk mencoba masakan ini. Anda juga dapat mencoba dirumah untuk makan siang bersama keluarga tercinta atau dengan sendiri dapat mencoba nya dirumah.

Bahan – bahan untuk pembuatan soto medan

  1. Daging ayam 1 kilo bebas bagian apa saja
  2. Bunga lawang secukupnya
  3. Kapulaga 2 butir
  4. Garam secukupnya
  5. Gula secukupnya
  6. Bumbu kaldu ayam secukupnya
  7. santan

Bahan yang dihaluskan :

  1. Bawang merah 5 siung ukuran besar
  2. Bawang putih 2 siung ukuran besar
  3. Kunyit secukupnya sesuai selera
  4. Jahe sesuai selera
  5. Kemiri 3 butir
  6. Ketumbar secukupnya
  7. Merica secukupnya
  8. Jinten secukupnya
  9. Srei sebatang di geprek
  10. Lengkuas secukupnya di geprek

Bahan pelengkap Soto Medan

  1. Telur Rebus 5 butir
  2. Bihun ( jika mau )
  3. Tahu
  4. Bawang goreng
  5. Daun bawang diiris tipis
  6. Daun seledri diiris tipis
  7. Tomat segar dipotong kecil
  8. Tauge
  9. Kerupuk

Cara pembuatan Soto Medan

  1. Rebus daging kedalam panci beserta bumbu halus yang sudah di haluskan sebelumnya, setelah itu masukan bumbu utuh seperti bunga lawang, kapulaga serta srei dan lengkuas yang sudah di geprek sebelumnya. Setelah itu rebus daging sampai benar meresap kedalam dagingnya gunakan api dengan ukuran sedang saja.
  2. Setelah daging sudah dirasa cukup empuk dan meresap bumbu nya, tiris kan sebagian daging untuk digoreng nantinya sebagai tambahan topping lalu masukan santan kedalam panci berisi daging dan bumbu nya. Aduk hingga perlahan sampai bumbu dan santan tercampur rata.
  3. Setelah itu masukan garam, gula dan kaldu bubuk sesuai selera yang diinginkan sesuai tingkat keasinan dan gurih rasa yang diinginkan.
  4. Sembari menunggu masak dan meresap bumbu dan rasanya, goreng ayam yang sudah direbus dan di tiriskan sebelumnya, menggoreng-nya jangan terlampau kering agar ayam tetap merasakan kenikmatan bumbu nya, setelah selesai menggoreng-nya lalu suir – suir ayam tersebut kecil – kecil sesuai selera yang diinginkan.
  5. Setelah itu jangan lupa untuk menggoreng tahu yang sudah disediakan sebelumnya, untuk tahu nya sendiri boleh digoreng secara kering atau pun sedang sesuai selera masing – masing.
  6. Sudah dirasa meresap dan tingkat rasa dan kegurihannya cukup untuk dihidangkan, matikan kompor lalu mulai menyajikan soto medan kedalam mangkuk.

Cara Penyajian

  1. Siapkan mangkuk, masukan bihun jika ada dan masukan kuah soto dan beberapa potong daging rebus kedalam mangkuk.
  2. Berikan sentuhan topping seperti daging suir tadi, tomat, daun bawang, seledri, tauge dan diakhiri dengan bawang goreng didalamnya.
  3. Soto medan siap di nikmati oleh keluarga maupun diri sendiri.

Silahkan mencoba kuliner khas medan yang satu ini. Selamat mencoba dirumah.

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here