Kenapa Kita Harus Bangga Dengan Negara Indonesia

1
13
kenapa harus bangga indonesia

Banyak diantara kita suka membandingkan negara kita dengan negara lain. Padahal negara kita lebih baik dari negara luar. Banyak diantara kita ingin tinggal di luar negeri dikarenakan kebebasan apapun itu. Banyak diantar kita suka berlibur di luar negeri,padahal di negara sendiri memiliki beragam tempat liburan yang dapat mengimbangi tempat liburan di luar negeri. Banyak diantara kita menyukai makanan luar negeri dibanding makanan asli di Indonesia, padahal makanan asli Indonesia memiliki beragam makanan untuk setiap daerah nya. Untuk itu mengapa kita masih sangat membanggakan negara orang lain dibanding negara kita sendiri. Untuk itu inilah beberapa bagian, mengapa kita harus membanggakan negara sendiri dibandingkan negara lain.

Indonesia Memiliki Sumber Daya Laut yang Sangat Banyak Sekali Dibanding Negara Lain

Indonesia memiliki sumber daya laut yang sangat banyak dibandingkan negara lain mana pun. Itu dibuktikan oleh laut yang dimiliki negara Indonesia tidak bisa dihitung jumlahnya. Ini menjadikan sektor kelautan dan perikanan saat ini menjadi andalan utama sumber perekonomian negara Indonesia. Ini dibuktikan oleh adanya pengekspor ikan terbesar di dunia. Indonesia memiliki sejumlah ikan laut yang dimiliki sebagai kekayaan yang tidak ada tandingan nya dengan negara lain, serta terumbu karang yang dimiliki Indonesia sangat banyak sehingga ini menjadikan Indonesia sepatutnya harus di bangga kan dikarenakan perbedaannya dengan lautan negara lain.  

Indonesia Adalah Kepulauan Terbesar di Dunia

Alasan selanjutnya yang harus bangga terhadap Indonesia adalah masuk dalam jajaran negara kepulauan terbesar di Dunia. Fakta ini memang sudah diketahui oleh semua penduduk negara Indonesia orang bahkan luar negeri. Bahkan bukan hanya sebagai negara kepulauan terbesar saja bahkan Indonesia juga termasuk dalam 6 besar pulau terbesar di dunia. Pulau yang menjadi penyumbang pulau terbesar yakni pulau Kalimantan dengan ukuran seluas 743 kilometer persegi, Sumatera dengan ukuran seluas 443 kilometer persegi, dan Papua dengan luas wilayah mencapai 786 kilometer persegi.

Indonesia Memiliki Suku Bangsa Terbanyak Di Dunia

Alasan selanjutnya yang harus bangga terhadap Indonesia adalah memiliki suku bangsa terbanyak di dunia dan yang paling membanggakan lainnya adalah negara Indonesia menempati posisi sebagai negara dengan suku bangsa terbanyak di dunia. Tidak tanggung-tanggung, ada setidaknya 740 suku bangsa di Indonesia, dimana 270 di antaranya terdapat di pulau Papua. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan bahasa daerah terbanyak, dimana ada 583 daerah dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia.

Indonesia Negara Pancasila

Alasan selanjutnya yang harus bangga terhadap Indonesia adalah negara yang menganut pancasila sebagai Ideologi dasar negaranya. Ini menggambarkan keberagaman negara Indonesia mampu hidup harmoni berdampingan dengan ras dan agama yang berbeda Pancasila telah terbukti mampu merekat kan perbedaan yang dimiliki penduduk Indonesia. Kita patut mengambil pelajaran dari kondisi negara-negara di belahan bumi lainnya yang hingga saat ini masih terbelenggu konflik berkepanjangan karena ketidakmampuan mereka dalam mengelola perbedaan. Persamaan agama ternyata belum mampu merekat kan hubungan antara kelompok satu dengan lainnya.

Indonesia adalah Negara G20

Alasan selanjutnya yang harus bangga terhadap Indonesia adalah, Indonesia masuk dalam anggota negara G20, dimana G20 sendiri adalah perkumpulan negara-negara dengan ekonomi terbesar di dunia dimana Indonesia masuk dalam kelompok 19 negara dengan perekonomian besar di dunia ditambah dengan Uni Eropa Hal ini membuktikan bahwa, negara Indonesia kini dapat disejajarkan dalam bidang ekonomi dengan negara-negara maju lainnya yang merupakan anggota dari G20 dan inilah yang patut kita bangga kan terhadap negara Indonesia.

Itulah beberapa pembahasan mengapa kita harus bangga terhadap negara Indonesia, Indonesia memiliki keseluruhan di bidang apapun yang belum tentu dimiliki negara lain.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here