Hewan Langka Indonesia

0
14
babirusa hewan langka indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara terbesar dengan persebaran flora dan fauna yang beragam. Ada banyak sekali flora dan fauna di berbagai kepulauan Indonesia, meskipun sebagian besar tersebar di pulau tidak berpenghuni dan belum tersentuh oleh dunia luar. Untuk Anda yang belum tahu nih, berikut ini daftar beberapa hewan langka yang ada di Indonesia dan pastinya tidak akan bisa Anda temukan di belahan dunia mana pun. Apa saja hewan langka tersebut? Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

Komodo

komodo fakta unik indonesia

Ada cukup banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menggambarkan spesies hewan unik yang satu ini. Beberapa habitat asli komodo tersebar di Pulau Komodo, Pulau Padar, Flores dan Pulau Rinca. Berdasarkan penelitian-penelitian sebelumnya, komodo diklaim sebagai kadal tertinggi sekaligus terbesar yang tersisa di dunia ini. Binatang unik ini memiliki panjang mencapai 3 meter dengan struktur kulit yang sangat tebal. Para peneliti menyatakan jika komodo masih termasuk salah satu kerabat dekat dinosaurus dan merupakan spesies tertua yang masih ada hingga hari ini meskipun dalam jumlah yang sangat sedikit.

Kerbau Anoa

anoa hewan langka indonesia

Selanjutnya ada kerbau anoa sebagai salah satu hewan asli Indonesia yang keberadaannya hampir punah. Anoa sendiri merupakan kerbau dengan ukuran cukup mini atau cebol, binatang ini juga biasa disebut dengan istilah sapi hutan oleh masyarakat setempat. Anoa hidup di hampir semua hutan hujan yang ada di Sulawesi dan bisa hidup di dataran rendah maupun dataran tinggi. Yang cukup menarik, hewan unik ini memiliki nama yang berbeda-beda tergantung lokasi tempat tinggalnya. Sebagian besar penduduk lokal biasanya akan memburu anoa untuk dijadikan santapan. Ya, layaknya spesies kerbau pada umumnya anoa pun juga bisa dimakan meskipun hari ini keberadaannya sudah sangat langka dan sulit ditemukan.

Badak Jawa

badak jawa

Badak Jawa merupakan hewan langka Indonesia selanjutnya yang jumlahnya semakin berkurang. Badak bercula satu ini sebagian besar ditemukan di Pulau Jawa dan sebagian lain menyebar di titik lokasi sekitarnya. Perlu diketahui, sebagai salah satu hewan langka asli Indonesia populasi badak bercula satu dari tahun ke tahun semakin menurun. Selain perburuan, masalah lainĀ  yang kerap dialami spesies badak ini ialah kesulitan untuk berkembang biak dan hanya mampu hidup tidak lebih dari 80 tahun.

Babirusa

Hewan ini memiliki nama gabungan antara babi dan rusa. Dilihat sekilas, babi rusa memiliki bentuk yang cukup unik, yaitu perpaduan antara bentuk babi dan rusa. Di mana bagian kepala yang menyerupai babi, kaki rusa dan taringnya yang tajam serta terlihat aneh. Meskipun bentuk fisik babi rusa serta pencernaannya yang mirip rusa, hewan ini ternyata masih termasuk dalam keluarga babi. Bentuk dan karakternya yang unik membuat babi rusa sangat menarik untuk diamati. Untuk Anda yang belum tahu, sebagai salah satu hewan langka Indonesia, babirusa bisa ditemukan di Sulawesi Utara dan beberapa provinsi di sekitarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here