Hewan Unik Indonesia

0
6
kera tarsius hewan unik indonesia
Kera Tarsius - sumber gambar: travel.kompas.com

Fakta tak terbantahkan jika Indonesia disebut sebagai salah satu negeri yang amat sangat kaya. Bagaimana tidak, Indonesia hadir dengan lebih dari 17 ribu pulau serta  keberagaman budaya, suku dan bahasa. Menariknya lagi, ada berbagai habitat unik yang berbeda antara satu dengan lainnya yang tersebar di seluruh penjuru nusantara ini. Ya, sadar atau tidak tanah air tercinta ternyata menjadi tempat tinggal berbagai spesies unik yang tidak ada di negara lainnya. Sebagai informasi tambahan, berikut ini daftar beberapa hewan unik yang ada di Indonesia!

Kera Tarsius

Salah satu primata unik yang menjadi kekhasan negara Indonesia ialah tarsius. Pernahkah Anda mendengarnya atau mungkin sudah pernah melihatnya secara langsung? Satwa ini juga memiliki nama lain yaitu mentilin dan berasal dari kawasan Bangka Belitung. Kera tarsius memiliki warna coklat kemerahan dan sebagian juga memiliki warna abu-abu kecoklatan. Biasanya kera tarsius akan keluar pada malam hari dan bergantung pada dahan-dahan pohon untuk mencari makanan. Dikarenakan panjangnya yang hanya sekitar 12 hingga 15 cm, kera tarsius mendapat julukan sebagai primata terkecil di dunia. Indonesia patut berbangga ya!

Harimau

Harimau sumatera
Harimau Sumatera

Harimau merupakan salah satu hewan asli Indonesia yang keberadaannya hampir punah. Mungkin Afrika memang dikenal sebagai salah satu wilayah yang memiliki penyebaran habitat harimau yang cukup besar. Namun Anda tidak boleh menutup mata jika Indonesia pun nyatanya juga memiliki spesies harimau sendiri yang tidak ada di belahan bumi lainnya. Sebagai hewan unik Indonesia, harimau setidaknya hadir dengan dua spesies berbeda, yaitu harimau Sumatera dan Bali. Sangat disayangkan, harimau Bali sudah dinyatakan punah sejak tahun 1937 silam karena habitatnya yang dirusak. Dan sangat mengkhawatirkan juga karena kini harimau Sumatera pun juga dinyatakan sebagai hewan langka yang hanya tersisa sekitar 5000 ekor.

Orang Utan

orang utan hewan unik indonesia
Orang Utan – sumber gambar: indonesia.go.id

Memang ada banyak spesies primata yang tersebar di seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. Saking banyaknya penyebaran spesies primata membuat populasi dan keberadaannya sudah tidak diistimewakan lagi. Akan tetapi berbeda dengan spesies primata langka yang satu ini, yaitu orang utan yang hanya bisa ditemukan di Indonesia saja. Karena keunikannya, orang utan telah menjadi salah satu hewan langka yang harus dijaga dan dilindungi habitatnya oleh dunia. Meskipun masih termasuk keluarga kera, orang utan memiliki rambut yang lebih panjang dibandingkan jenis kera pada umumnya.

Badak

badak jawa
Badak Jawa

Setidaknya ada dua jenis badak yang ada di Indonesia dan dua-duanya merupakan hewan langka yang dilindungi. Badak Jawa dan badak Sumatera memiliki perbedaan dari segi culanya. Dibandingkan badak Sumatera, sebagian besar masyarakat lebih mengenal badak bercula satu yang berasal dari Pulau Jawa. Meskipun pemerintah sudah membuat penangkaran khusus di Ujung Kulon, sangat disayangkan pertumbuhan badak semakin mengalami penurunan karena beberapa faktor. Bahkan dalam data terakhir yang telah dipublikasi diketahui jika jumlah badak sebagai salah satu hewan unik Indonesia hanya sekitar puluhan ekor saja. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here