Tempat-tempat Wisata di Magelang yang Mengagumkan

0
6
magelang

Dengan topografi wilayah yang dikelilingi gunung, membuat Magelang seolah dibalut dengan keindahan alam. Tidak heran jika banyak tempat wisata Magelang yang menarik untuk dikunjungi.

Belum lagi keberadaan situs purbakala yang bertebaran di beberapa daerah yang ada di kabupaten ini, selain menarik sebagai objek wisata sejarah, juga dapat dijadikan sebagai objek wisata edukatif, karena situs-situs purbakala tersebut cukup menantang untuk dijadikan objek penelitian.

Berikut tempat-tempat pariwisata yang mengagumkan yang menghiasi salah satu wilayah di propinsi Jawa Tengah ini:

Candi Borobudur

Candi Borobudur

Inilah landmark paling mengagumkan yang dimiliki Indonesia dan menjadi warisan dunia setelah UNESCO menetapkannya sebagai World Heritage Sites. Candi Buddha terbesar yang didirikan wangsa Syailendra pada abad IX ini memiliki 504 stupa dengan 1460 relief.

Bangunan candi ini begitu mempesona, karena meski dibangun tanpa menggunakan tekhnologi tinggi, namun mampu menghadirkan struktur bangunan yang kokoh serta nilai seni arsitektur yang tinggi. Keindahan Borobudur yang nyaris sempurna tersebut semakin lengkap dengan latar belakang panorama alam yang menawan.

Tidak heran jika destinasi wisata ini tidak pernah sepi dari para pengunjung, baik wisatawan local maupun yang datang dari mancanegara.

Candi Mendut

Candi Mendut

Meskipun tidak semegah Candi Borobudur, namun Candi Mendut yang terletak di Desa Mendur, kecamatan Mungkin ini memiliki daya tarik tersendiri. Pertama usianya yang jauh lebih tua dari Borobudur karena didirikan sekitar tahun 824 Masehi. Kedua bentuknya berbeda dari candi-candi yang ada di Indonesia yang pada umumnya menghadap ke timur, sementara candi Mendut justru menghadap ke Barat.

Ketiga relief yang dimiliki Candi ini tergolong unik, karena hanya mengusung gambar-gambar makhluk kahyangan serta binatang-binatang. Lebih dari itu Candi berukuran 13,7 x 13,7 meter yang dibangun dari batu andesit ini rutin digunakan sebagai tempat perayaan Upacara Waisyak pada setiap bulan Mei.

 Air Terjun Kedung Mayang

 Air Terjun Kedung Mayang

Tempat wisata di Magelang lainnya yang menarik untuk dikunjungi adalah air terjun Kedung Mayang. Air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter ini terletak di antara gunung Merbabu dengan gunung Merapi.

Derasnya air yang meluncur dari ketinggian, ditambah  suasana sekeliling yang berpagar bukit hijau dengan sungai yang mengalirkan air yang jernih, menyajikan pemandangan eksotis yang tidak akan pernah terlupakan.

Ketep Pass

Ketep Pass

Bagi wisatawan yang ingin melihat awan panas gunung Merapi dari sumbernya, bisa datang ke Ketep Pass dan memanfaatkan teropong yang ada di Gardu Pandang dan di Pelataran Panca Arga yang ada di sana.

Tidak hanya gunung Merapi saja yang bisa disaksikan dari tempat tersebut, tapi juga gunung Sumbing, Merbabu, Sindoro, serta gunung Slamet. Tempat wisata yang berada di ketinggian ini juga menyajikan indahnya hamparan persawahan serta dilengkapi dengan fasilitas bagi para wisatawan, seperti Museum Vulkanologi dan bioskop mini.

Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng boleh dibilang tempat wisata di Magelang yang difavoritkan, karena selain lokasinya yang hijau oleh pepohonan dengan udara yang segar, beragam sarana permainan bagi anak-anak juga tersedia di sini, seperti kolam renang, permainan jetcoster, prototip pesawat terbang, patung dinosaurus dengan ukuran sebagaimana aslinya, koleksi tanaman langka, serta banyak lagi fasilitas permainan bagi anak-anak dan remaja.

Destinasi wisata keluarga yang terletak di selatan pusat kota Magelang ini juga menyediakan fasilitas perpustakaan, fasilitas arung jeram, dan secara rutin menggelar atraksi seni, baik kesenian tradisional maupun kesenian modern.

Selain kelima spot wisata di atas, masih banyak tempat wisata di Magelang lainnya yang menarik untuk dikunjungi, seperti alun-alun kota Magelang, rafting di Sungai Progo Atas, kawasan Pecinan, Bukit Tidar, Taman Badaan, Candi Pawon, dan beberapa tempat wisata lainnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here