Tempat Wisata Kota Pematangsiantar yang Wajib Dikunjungi

7
58
vihara avalokitesvara pematang siantar
patung dewi kwan im pematangsiantar - sumber gambar: medanbisnisdaily.com

Kota pematangsiantar adalah salah satu kota terbesar kedua yang berada di Sumatera Utara. Kota pematangsiantar adalah kota yang memiliki beragam tempat wisata yang banyak sekali dan wajib dikunjungi jika berada di Sumatera Utara.

Jika biasanya orang – orang luar Sumatera hanya mengetahu wisata Danau Toba atau Pulau samosir maka tidak ada salahnya berkunjung ke lokasi yang satu ini untuk lebih mengenal daerah – daerah Indonesia yang belum banyak diketahui oleh orang – orang. Jadi langsung saja inilah tempat wisata di Kota Pematangsiantar yang wajib dikunjungi jika berada di sini.

Vihara Avalokitesvara / Patung Dewi Kwan Im

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi jika berada di Kota Pematangsiantar adalah Patung Dewi Kwan Im yang berada di Vihara Avalokitesvara yang berlokasi di Pematangsiantar. Patung ini menjadi tempat wisata yang sering dikunjungi baik masyarakat sekitar ataupun luar dari Kota Pematangsiantar.

Tapi tahukah anda bahwa patung ini adalah patung terbesar di Asia Tenggara. Ya itu memang benar. Patung ini memiliki ukuran yang sangat tinggi sekali yang tingginya bisa mencapai 22 meter yang menjulang keatas. Tempat wisata ini terbuka bagi siapa saja yang ingin singgah atau ingin berfoto di bersama patung ini.

Kebun Teh Sidamanik

kebun teh sidamanik pematangsiantar
kebun teh sidamanik pematangsiantar – sumbergambar: pariwisatasumut.net

Tempat wisata selanjutnya adalah kebun Teh Sidamanik. Tempat ini menjadi tempat wisata terfavorit dan paling di gemari oleh semua kalangan yang ada di sekitaran Pematangsiantar. Kebun teh ini terletak di Sidamanik dan menjadi salah satu kebun teh terbesar di Indonesia.

Kebun teh sidamanik ini memiliki luas yang sangat besar bisa mencapai 8000 hektar luasnya. Oleh karena itu kebun Teh Sidamanik selalu menjadi tempat terbaik jika dikunjungi. Biasanya para pengunjung datang kelokasi ini disaat akhir pekan atau liburan panjang.

Pemandian Aek Manik

pemandian aek manik pematangsiantar
pemandian aek manik pematangsiantar – sumber gambar: wisatasumutterbaru.blogspot.com

Pemandian Aek Manik tidak jauh dari Kebun Teh Sidamanik.  Biasanya orang – orang yang baru mengunjungi Kebun Teh Sidamanik sekalian akan mengunjungi pemandian yang satu ini. Pemandian ini memiliki tempat yang cukup bagus jika dikunjungi.

Dikarenakan pemandian ini memiliki air yang masih cukup jernih dan bersih ini dikarenakan kebersihan lingkungannya masih terjaga. Tempat ini menjadi tempat Favorit untuk dikunjungi dikarenakan wisata yang satu ini menarik untuk dikunjungi.

Taman Hewan Pematangsiantar

siantar zoo pematangsiantar
siantar zoo – sumber gambar : beritasatu.com

Tempat wisata selanjutnya adalah Taman Hewan Pematangsiantar. Taman hewan ini sangat terkenal di Pematangsiantar dan Sumatera Utara. Taman hewan ini memiliki beragam spesies hewan dan beragam jenisnya ada di sini.

Untuk sekedar menambah wawasan mengenai hewan yang ada, tidak ada salahnya dapat mengunjungi tempat yang satu ini. Taman Hewan Pematangsiantar selalu ramai dikunjungi baik diakhir pekan, maupun liburan panjang atau hari biasa sekalipun.

Museum Zoologi

Museum yang satu ini wajib dikunjungi jika berada di Taman Hewan Pematang. Karena mengapa? Karena Museum Zoologi ini adalah bagian dari Taman Hewan Pematangsiantar. Museum ini adalah tempat hewan yang sudah mati yang menjadi tempat panjangan mulai dari kerangka tubuh ataupun hewan yang di awetkan yang menjadi tempat Museum Zoologi.

Tempat ini biasanya selalu dikunjungi oleh masyarakat sekitar maupun orang – orang yang ingin mengetahui kerangka – kerangka hewan langkah.

Museum Simalungun

Tempat yang satu ini museum yang dijadikan sebagai peninggalan dari kebudayaan simalungun. Museum yang satu ini memiliki bangunan yang kurang lebih sama dengan rumah yang digunakan pada zaman dahulu pada adat simalungun.

Itulah beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungin jika berada di Kota Pematangsiantar.

7 KOMENTAR

  1. Kebun teh Sidamanik itu kalo ngga salah sudah ada sejak zaman Belanda ya kang, dulu tukang petik atau butuh tehnya kadang dari tanah Jawa saja, bukan berarti orang Jawa nyari kerja disana tapi jadi tahanan Belanda dan dibuang disana.

Tinggalkan Balasan