Pinjaman Dana Pendidikan

4
31
kredit dana pendidikan

Pendidikan memang sudah “naik kelas” dan bisa dianggap sebagai kebutuhan primer, sama pentingnya dengan sandang, pangan, dan papan. Sayangnya, pendidikan tidak membutuhkan biaya sedikit, apalagi jika Anda sedang dalam kondisi di mana ada kebutuhan penting dan mendesak lainnya. Untungnya, saat ini sudah ada program pinjaman dana pendidikan atau kredit pendidikan kuliah yang bisa digunakan untuk mendukung pemenuhan biaya pendidikan Anda maupun buah hati.

Secara umum, kredit pendidikan merupakan fasilitas pinjaman yang disediakan oleh lembaga keuangan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan lanjutan maupun awal pendidikan, serta untuk membiayai kebutuhan hidup untuk menunjang pendidikan. Jenis pinjaman ini biasanya disediakan oleh lembaga keuangan bank maupun bukan bank, yang umumnya menawarkan bunga pinjaman yang relatif rendah dan memiliki tenor panjang.

Lewat produk pinjaman ini, Anda sebagai nasabah nantinya bisa mendapat dana pendidikan lanjutan maupun awal tanpa jaminan. Proses pengajuannya juga mudah, apalagi suku bunganya rendah dengan jangka waktu pinjaman yang relatif panjang. Sebab, tujuan dari program pinjaman ini secara garis besar adalah untuk memperbaiki taraf pendidikan masyarakat di Indonesia.

Syarat Umum Pengajuan Pinjaman Dana Pendidikan

Persyaratan umum untuk mengajukan pinjaman dana pendidikan adalah sebagai berikut:
1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
2. Merupakan nasabah bank tertentu.
3. Mempunyai riwayat pembayaran angsuran pinjaman yang lancar.

Plafon dan Suku Bunga

Besarnya plafon kredit yang disediakan untuk program pinjaman ini beragam, mulai dari Rp 75 juta sampai Rp 250 juta untuk lembaga keuangan bank. Untuk lembaga keuangan bukan bank yang memfasilitasi program pinjaman ini, nominal yang tersedia juga beragam, dan bisa jadi berbeda dari angka yang disediakan oleh bank.

Sedangkan untuk suku bunga yang dipatok, angkanya berkisar dari 0,65% sampai 0,72% per bulan, sampai 6,5 persen per tahun.

Dokumen Pengajuan

Pinjaman dana pendidikan bisa diajukan oleh siapa saja dengan penghasilan tetap, termasuk mahasiswa pascasarjana maupun bukan. Nantinya, nilai plafon akan disesuaikan berdasarkan besar penghasilan bulanan.

Biasanya, dokumen pengajuan yang dibutuhkan adalah salinan (fotokopi) kartu identitas diri, slip gaji, kartu keluarga, riwayat pembayaran lancar, SK pegawai, surat kuasa potong gaji, dan surat rekomendasi dari tempat bekerja. Di samping itu, ada beberapa lembaga keuangan yang mengharuskan Anda untuk sudah menjadi debiturnya selama 1 atau 2 tahun agar bisa mengajukan pinjaman ini. Bagi Anda yang membutuhkan kredit pendidikan kuliah silahkan langsung saja cek : https://www.cekaja.com/kredit-pendidikan/.

4 KOMENTAR

  1. Entahlah harus disyukuri atau gimana ya? sekali kita pernah punya riwayat pinjam dana, apalagi pembayarannya lancar, dijamin besoknya makin banyak yang nawarin minjem lagi hihihi

Tinggalkan Balasan