Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Blitar Untuk Buah Tangan Keluarga Tersayang Di Rumah

0
13
Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Blitar Untuk Buah Tangan Keluarga Tersayang Di Rumah

Setiap wilayah pasti memiliki ciri khas tertentu baik dari segi budaya hingga makanannya. Maka jangan lupa saat pergi ke suatu tempat coba juga makanan khas di tempat tersebut. Tentunya selain untuk pengalaman, pasti Kamu akan mendapatkan cita rasa nusantara unik lainnya.

Termasuk saat Kamu berkunjung ke Blitar, yaitu salah satu kota kecil yang ada di daerah Jawa Timur. Blitar sendiri terkenal dengan sebutan bumi Bung Karno,  disini Kamu bisa berziarah ke makam Sang Proklamator tersebut.

Liburan di Blitar tidak akan ada habisnya, termasuk wisata alam yang beragam. Mulai dari Pantainya yang indah, kebun kopi hingga belimbingnya yang bisa jadi rekomendasi liburan.  Tetapi setelah puas bermain di Blitar, jangan lupa juga bawa oleh-oleh khas Blitar untuk keluarga di rumah. Apa saja rekomendasi oleh-oleh khas Blitar tersebut? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini:

Dodol Belimbing

Menjadi salah satu daya tarik pengunjung saat ke Blitar adalah karena Kota ini terkenal dengan buah Belimbing yang melimpah. Bahkan ada kebun khusus buah Belimbing yang memberikan pengalaman agar bisa dipetik langsung oleh pengunjung yaitu di Agrowisata Belimbing Karangsari.

Maka, tidak heran jika banyak makanan olahan dari Buah Belimbing ini seperti sirup Belimbing, puding hingga dodol Belimbing juga ada. Bagi yang ingin membawa oleh-oleh Khas Blitar Dodol Belimbing ini bisa jadi salah satu rekomendasinya.

Selain rasa yang manis, olahan dodol memang terkenal tahan lama dan awet walaupun tanpa bahan pengawet. Jadi, bagi yang melakukan perjalanan jauh, tidak perlu khawatir makanan akan busuk atau basi saat di jalan. Sehingga Kamu bisa menikmati bersama keluarga nanti.

Geti

geti

Camilan khas Blitar selanjutnya yang bisa di buat oleh-oleh adalah Geti. Kamu mungkin masih asing dengan istilah Geti, jadi makanan ini merupakan olahan kacang tanah yang kemudian dicampur dengan wijen dan juga gula merah. Untuk teksturnya sendiri padat, dan umumnya produsen akan membuat potongan-potongan kecil sehingga akan lebih mudah untuk sekali lahap.

Kemudian mengenai cita rasa dari Geti sendiri tidak manis aja, tapi ada rasa gurih juga. Bisa dibayangkan bukan? Paduan gurih dan manis dari bahan-bahan alami ini pasti akan memanjakan lidah Kamu. Geti bisa Kamu jadikan daftar list oleh-oleh Khas Blitar yang wajib dimasukkan koper saat meninggalkan kota ini.

Sambel Pecel

Saat berada di Blitar, Kamu akan mendapatkan banyak penjual Nasi Pecel di pagi hari. Ini memang pemandangan yang sangat wajar, pasalnya orang Blitar suka menikmati menu nasi pecel sebagai menu sarapannya.

Nasi hangat dengan sayur mayur di atasnya dan peyek yang kemudian di guyur dengan sambel pecel khas Blitar memang membuat ketagihan siapapun yang memakannya. Sambel pecel di Blitar sendiri memiliki rasa manis, pedas dan gurih yang pas. Jadi, bukan yang hanya pedas saja. Tentunya cita rasa ini dijamin akan banyak cocok di banyak lidah.

Untuk menambah kenikmatan sarapan pagi dengan menu ini, Kamu bisa memesan lengkap dengan segelas teh hangat. Maka dari itu, untuk mengingatkan akan rasa nasi pecel ini, tidak ada salahnya jika membawa oleh-oleh khas Blitar berupa sambel pecel.  Umumnya sambel pecel yang dijadikan oleh-oleh akan dikemas sedemikian rupa dengan tekstur padat.

Namun, jangan khawatir saat sampai di rumah dan Kamu ingin mengkonsumsinya maka siapkan saja wadah dan ambil secukupnya sambel tersebut. Kemudian tuangkan air panas sedikit saja lalu aduk hingga padatan tersebut menjadi lebih cair dan sambel siap di hidangkan. Dimakan dengan kerupuk juga enak.

Wajik Kletik

Masih membicarakan oleh-oleh khas Blitar yang selanjutnya adalah Wajik Kletik. Makanan ini memiliki bentuk pengemasan yang cukup unik pasalnya bukan dibungkus plastik, namun klobot. Bagi yang belum tahu, klobot adalah penyebutan pada kulit jagung yang telah kering.

Kemudian Wajik Kletik sendiri terbuat dari bahan dasar kelapa muda, gula dan juga beras ketan. Jadi, untuk cita rasanya adalah gurih dan manis, kemudian agak lengket karena tekstur dari besar ketan tersebut.

Umumnya makanan ini akan disuguhkan pada acara-acara khusus, termasuk juga hidangan menjamu tamu di pesta pernikahan juga. Jika penasaran rasanya seperti apa bisa langsung masukkan Wajik Kletik sebagai oleh-oleh dari Blitar.

Teh Hitam “Ken Tea”

Salah satu wisata alam yang ada di daerah Wlingi, Blitar ada Kebun Teh Sirah Kencong. Selain pengunjung bisa menikmati hawa dingin yang sejuk disana bisa juga menikmati olahan teh premiumnya. Produk teh hitam asli Blitar ini tidak bisa diragukan lagi untuk masalah rasanya.

Terlebih teh Hitam Ken Tea ini sangat nikmat dihidangkan pada cuaca yang dingin. Bagi pengunjung yang ini menikmatinya di rumah bisa membeli produk Teh Hitam “Ken Tea” dalam kemasan. Dimana bubuk kering teh ini bisa diseduh kapan saja. Tenang saja tanpa harus ke daerah Wlingi produk ini sudah bisa didapatkan di pusat oleh-oleh yang tersebar di Blitar.

Peyek Uceng

peyek uceng

Salah satu makanan yang terkenal di Blitar ada nasi Uceng. Dimana Uceng sendiri adalah nama ikan dengan ukuran kecil. Tidak hanya enak digoreng langsung, ternyata masyarakat Blitar biasa mengolahnya menjadi peyek.

Rasanya yang gurih dan renyah pasti membuat banyak orang suka. Bisa untuk sekadar camilan, tetapi bisa juga untuk pendamping lauk makan. Bagaimanapun cara menikmatinya Peyek Uceng ini tetap jadi primadona. Jadi, saat berkunjung ke Blitar tidak ada salahnya membeli Peyek Uceng ini sebagai buah tangan.

Opak Gambir

Camilan yang bisa dijadikan buah tangan selanjutnya ada Opak Gambir. Untuk bentuknya sebenarnya ada berbagai macam, biasanya berbentuk kerucut dengan ukuran kecil hingga sedang. Kemudian teksturnya tidak keras, namun lebih ke renyah.

Memang jika diperhatikan dari ramanya Opak artinya kerupuk, jadi sudah sangat sesuai dengan namanya. Adapun bahan dasar dari olahan Opak Gambir ini adalah Tepung, santan, wijen dan bumbu pelengkap lainnya. Setelah adonan tercampur, maka akan dituangkan pada cetakan khusus.

Opak Gambir ini biasanya juga digunakan sebagai oleh-oleh di acara Pernikahan. Selain rasanya yang enak, harga Opak Gambir tidak akan menguras kantong para penikmatnya mulai dari 10 ribuan saja per kemasannya. Jadi, tidak heran jika banyak orang suka dengan makanan satu ini.

Demikian itu beberapa jajanan hingga sambal yang wajib jadi buah tangan saat berkunjung di Blitar. Oleh-oleh khas Blitar ini bisa Kamu jadikan salah satu pengingat suasana kota kecil ini saat sudah pulang ke Rumah nanti. Pastinya keunikan rasa makanannya bikin Kamu ingin kembali lagi ke Blitar.