8 Menu Andalan Olahan Daging Kurban Yang Terinspirasi Dari Makanan Khas Indonesia

0
10
8 Menu Andalan Olahan Daging Kurban Yang Terinspirasi Dari Makanan Khas Indonesia

Indonesia memiliki banyak kepercayaan dalam masyarakatnya. Namun yang mendominasi adalah penganut agama Islam. Jadi, saat momen hari besarnya semua orang turut memeriahkan. Salah satu hari besar dalam Islam adalah Idul Adha, yang khas dengan penyembelihan hewan Kurban yang umumnya berupa sapi atau kambing. 

Kemudian daging hewan Kurban akan dibagi-bagikan ke orang sekitarnya. Momen ini berlangsung setiap tahunnya. Hal ini mungkin membuat sebagian orang kehabisan ide untuk mengolah daging Kurban tersebut. Maka dari itu, simak menu makanan berbahan daging sapi dan kambing khas indonesia, bisa jadi inspirasi sebagai olahan daging Kurban:

Daftar Isi

Rendang

Rendang kuliner indonesia

Pertama akan dibahas mengenai olahan daging sapi yang sangat menggugah selera makan siapapun yang mencobanya. Rendang merupakan salah satu makanan khas dari daerah Minangkabau, Sumatera Barat. Walaupun demikian olahan makanan ini kini telah mendunia. Kelezatan yang diberikan membuat lidah banyak orang sepakat bahwa memang ini olahan daging tiada duanya.

Hal yang membuat makanan ini sangat lezat adalah karena bumbu rempahnya yang khas.  Jika berminat mencoba rendang yang enak tidak perlu jauh-jauh ke Sumatera Barat. Pasalnya saat ini olahan rendang sudah bisa ditemukan di rumah makan Padang yang banyak tersebar di berbagai kota di Indonesia. Tetapi, apabila daging Sapi dirumah masih banyak, tidak ada salahnya juga membuat Rendang sendiri.

Untuk bahan utamanya ada Santan, rempah-rempah meliputi serai, jeruk purut, kunyit, asam dan cengkih. Selanjutnya campur seluruh bahan dan rebus daging Sapi bersama bumbu tersebut hingga bumbu meresap. Untuk mendapatkan hasil daging sapi yang kering biasanya membutuhkan waktu masak 5 hingga 6 jam. Jadi, olahan ini menyerupai kari namun tanpa kaldu. Rendang yang sudah siap makan biasanya akan disajikan bersama nasi hangat. 

Sate

sate

Siapa yang belum pernah makan sate? Sepertinya makanan yang satu ini sudah melekat di lidah masyarakat Indonesia baik anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan beberapa orang mengklaimnya sebagai makanan favorit mereka, baik sate Ayam atau sate Kambing.

Tentunya momen hari raya Idul Adha ini pasti akan dijadikan kesempatan besar untuk orang untuk membuat sate Kambing.  Pasalnya menu yang satu ini cukup mudah dan simpel dalam mengolahnya. Ibu-ibu dirumah cukup memotong dadu daging Kambing tersebut kemudian ditusuk pada tusukan bambu.

Sate sendiri diolah dengan cara dibakar diatas arang, mungkin cara masak ini juga yang membuat sate memiliki rasa khas. Sedangkan untuk penyajiannya daging tersebut akan diguyur dengan saus kacang yang rasanya pedas manis. Siapa sih yang nggak suka dengan makanan khas Indonesia yang satu ini?. Kabar baiknya sate bisa temukan hampir diseluruh wilayah Indonesia. Salah satu yang sering dijumpai adalah Sate Madura.

Bakso

bakso

Olahan daging berbentuk bulat ini memang sangat populer bagi masyarakat Indonesia. Banyak sekali ditemukan rumah makan yang khusus menjual olahan bakso. Tidak jarang juga ada beberapa orang yang menjajakan dengan menggunakan gerobak dorong yang khas lengkap pemukul suara khas penjual bakso.

Jadi, hampir bisa dipastikan saat berkunjung di daerah manapun di Indonesia, pasti Kamu tidak akan kehabisan penjual bakso. Sehingga para penjual bakso akan terus berkreasi misalnya dengan mengolah bakso menjadi beragam isian, misalnya diisi dengan telur puyuh, keju, bahkan sambal. Nikmatnya bakso ini juga tidak akan menguras kantong Kamu. Pasalnya cukup dengan harga mulai 10k Kamu sudah bisa menikmatinya.

Sehingga bakso bisa jadi salah satu inspirasi olahan daging Kurban selanjutnya, terlebih jika banyak limpahan daging sapi yang belum dimasak. Pasalnya bakso sendiri juga awet hingga beberapa hari jika disimpan didalam freezer kulkas. Dan bisa dihangatkan sewaktu-waktu sesuai kebutuhan.

Semangkuk bakso sangat lezat jika disantap dalam keadaan hangat. Selain itu, untuk pelengkapnya akan dilengkapi dengan tahu, siomay, mie dan taburan bawang goreng. Tidak heran jika masyarakat Indonesia pada umumnya sangat gemar mengonsumsi makanan ini.

Soto

soto kudus
Soto Kudus

Makanan ini merupakan olahan daging yang dimasak dengan kuah berwarna kuning khasnya. Soto merupakan olahan sup daging dengan cita rasa khas rempah tradisional Indonesia. Sehingga tidak jarang soto akan disajikan dengan sayur pelengkapnya seperti irisan wortel, kubis lalu juga ada tambahan mie bihun.

Kemudian bagi penikmat makanan pedas bisa menambahnya dengan sambal. Bahkan berbagai daerah menjadikan soto sebagai makanan khas mereka. Misalnya saja ada soto Betawi, Soto Lamongan, soto medan, soto kudus dan lain sebagainya. Tentunya dengan perbedaan yang khas, walaupun sekilas nampak sama. Tentunya makanan seenak ini bisa jadi daftar list menu saat kebingungan mengolah daging sapi.

Rawon

rawon kuliner tradisional indonesia
Rawon Salah Satu Kuliner Tradisional Indonesia yang Melegenda

Makanan khas Indonesia dengan olahan daging berikutnya adalah Rawon. Berbeda dengan soto, maka kuah pada Rawon berwarna hitam. Walaupun penampilannya tampak tidak begitu menarik, namun saat Anda mencobanya maka akan ada sensasi berbeda dari yang dibayangkan.  Sebab rawon adalah olahan daging dengan rempah yang khas.

Hidangan rawon ini berisi irisan daging sapi yang lengkap dengan kuah hitam yang berasal dari kluwek. Makanan ini juga tidak kalah populernya seperti soto, bakso dan sate,. Sehingga Kamu bisa dengan mudah menemukan makanan ini pinggir jalan khususnya di daerah Jawa Timur. Biasanya penyajiannya dengan nasi hangat dan kerupuk kulit sapi.

Gule Kambing

Jika Kamu masih belum cocok dengan olahan daging Qurban yang dipaparkan diatas, tenang saja masih ada menu selanjutnya yaitu Gule Kambing. Makanan ini masuk dalam kategori sup, sehingga daging akan dimasak dengan kuah santan kental yang gurih.

Tentunya perpaduan antara daging Kambing dengan santan, kemudian bumbu-bumbu rempah yang kuat pasti membuat siapapun ketagihan. Gule bisa disantap kapan saja, saat pagi hari bahkan malam hari, kuah yang hangat tentu membuat suasana malam jadi lebih nikmat.

Tengkleng Kambing

Olahan daging Kambing memang tidak akan ada habisnya, Jika Kamu berkesempatan ke  Solo maka bisa coba menu Tengkleng Kambing ini. Mungkin sekilas hampir mirip dengan gule Kambing, namun sebenarnya keduanya adalah menu yang berbeda.

Salah satu perbedaan yang mencolok antara Gule Kambing dan Tengkleng Kambing adalah terletak pada kuahnya. Tengkleng Kambing memiliki kuah yang cenderung lebih encer, kemudian untuk rempahnya yang khas ada campuran cengkeh, bunga lawang dan juga kayu manis.

Sop Buntut

Jika rawon menggunakan kuah pekat berwarna hitam, kemudian Gule dengan kuah kental yang rasanya kuat. Maka berbeda dengan menu yang akan dibahas ini yaitu Sop Buntut. Dimana  makan ini adalah olahan dari ekor sapi dengan  menggunakan kuah bening dengan rasa kuah yang cukup ringan.

Umumnya olahan makanan ini akan sering ditemukan di daerah Jawa, namun ternyata makanan ini sudah mendunia, sebab salah satunya menjadi makanan pada Pekan Gastronomi yang diadakan Kedutaan Indonesia, di Spanyol. Bahkan banyak orang Spanyol yang turut mengemarinya.

Demikian itu beberapa makanan olahan daging Kurban yang terinspirasi dari makanan khas Indonesia. Selain rasanya yang enak karena bumbu rempah pilihan, beberapa makanan tersebut mudah dipraktekkan sendiri di rumah. Jika malas membuat sendiri pun olahan daging tersebut bisa Kamu temukan di banyak rumah makan terdekat.