Kuliner Asli Indonesia yang Wajib Anda Coba

0
11
soto kudus kuliner asli indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan kuliner asli Indonesia? Banyak kuliner yang dapat Anda temui di Indonesia mulai dari kuliner hingga jajanan tradisional yang sudah cukup terkenal dengan harga murah, namun rasanya yang sangat menggugah rasa. Kuliner Indonesia apa yang pernah Anda coba? Mungkin, jika Anda adalah pecinta dunia kuliner indonesia yang terkenal, Anda sudah tidak asing dengan nama-nama kuliner nusantara yang ada di berbagai daerah. Namun, jika Anda bukanlah pecinta kuliner nusantara, melalui artikel ini, Saya akan membagikan sedikit informasi mengenai kuliner asli Indonesia yang wajib Anda coba.

Soto Kudus

Makanan asli Indonesia pertama yang wajib Anda coba adalah Soto Kudus. Soto ini merupakan salah satu soto yang cukup terkenal dan dapat Anda temui dengan mudah di daerah Kudus, Jawa Tengah. Mungkin, jika Anda lihat, tekstur dan bentuk soto ini sama dengan soto kebanyakan lainnya. Namun, Anda akan menemukan beberapa perbedaan rasa ketika mencicipi makanan atau kuliner asli Indonesia ini. Selain itu, Anda hanya dapat menemukan soto ini di daerah Kudus. Sehingga, ketika Anda mengunjungi Kudus, Anda wajib mencoba salah satu kuliner ini.

Sate Ponorogo

sate ayam ponorogo kuliner asli indonesia

Yup! Siapa yang tidak pernah mendengar sate yang cukup terkenal di Ponorogo ini. Sate Ponorogo merupakan salah satu jenis sate yang cukup terkenal. Rasanya yang enak dengan perpaduan bumbu kacang dan kecap menambah rasa dari sate jenis ini tidak tertandingi dengan sate jenis lainnya. Apakah Anda pernah mencobanya? Jika Anda sudah pernah mencoba kuliner asli Indonesia ini, maka Anda akan menemukan perbedaan rasa khususnya dalam rasa bumbu dan tekstur bumbu yang agak kental daripada sate jenis lainnya. Beruntungnya, saat ini Anda dapat menjumpai sate ini di daerah selain Ponorogo karena Anda dapat menjumpainya di daerah Indonesia lainnya.

Ikan Asam Pedas

ikan asam pedas

Ikan asam pedas merupakan salah satu kuliner yang berasal dari tanah Melayu. Anda dapat menjumpai makanan ini ketika Anda berada pada daerah yang berkebudayaan Melayu. Makanan ini sangat terkenal di daerah Indonesia khususnya di Riau dan Kalimantan. Bahan utama kuliner ini adalah ikan dengan bumbu yaitu saus pedas dan juga asam-asaman yang menambah cita rasa pedas asam pada kuliner ini. Pada dasarnya, Anda juga dapat menemukan makanan ini dengan mudah di daerah lain Indonesia selain Riau dan Kalimantan. Namun, tidak salah jika Anda mencobanya langsung dari daerah yang mulai memperkenalkannya. Tentunya, rasanya akan berbeda.

Soto Medan

soto medan

Jika di Kudus Anda mengenal Soto Kudus, maka di Medan Anda akan mengenal Soto Medan. Soto Medan merupakan jenis soto yang berbeda dengan soto lainnya, karena kuliner asli Indonesia ini dimasak dengan cara satu kali perasan santan, sehingga tidak salah jika kuah yang ada pada soto ini sangat kental. Soto ini disajikan dengan rempah-rempah ditambahkan dengan perkedel dan jenis lauk lainnya seperti tomat, telur, dan bahan-bahan lainnya. Makanan ini juga disajikan dalam 2 jenis daging yaitu daging kambing atau daging sapi. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here