Pilihan Cara Membuat Peta Pikiran

0
21
mind map

Membuat sebuah mind map dalam bekerja, mengambil keputusan, dan juga mengembangkan ide itu menjadi hal yang sangat penting. Dengan mind map tersebut, akan bisa membuat cara pandang itu jadi lebih luas dan tentunya jadi lebih runtut. Karena itu dalam mengambil keputusan penting ataupun mengeksekusi sebuah ide diperlukan pembuatan mind map tersebut terlebih dahulu. 

Membuat mind map akan membuat pemikiran Anda dalam mengatasi masalah, eksekusi sebuah ide, dan bahkan mengembangkannya jadi lebih teratur. Dan pembuatan mind map sendiri sekarang sudah tidak sulit, dengan hadirnya teknologi bahkan bisa dibuat yang terbaik lebih mudah. Dan pada kesempatan kali ini kami akan jelaskan pilihan cara yang bisa dipakai untuk membuat peta pikiran

Menggunakan Cara Manual

Cara pertama adalah cara yang sejak dari jaman dahulu sudah bisa digunakan, yakni dengan menggunakan cara manual. Meskipun demikian tentunya ada beberapa langkah yang harus dilakukan ketika Anda mempergunakan cara ini untuk mendapatkan hasil terbaik. Dan berikut ini kami akan coba jelaskan seperti apa langkahnya bila Anda membuat mind map secara manual.

  1. Langkah yang pertama adalah Anda membuat catatan terlebih dahulu dalam membuat mind map di kertas. Meskipun ini dalam bentuk catatan, akan tetapi sangat berguna untuk membantu Anda dalam berpikir untuk berbagai keperluan.
  2. Langkah yang kedua Anda bisa membagikan catatan tersebut kepada orang yang berwenang atau yang berhak untuk mendapatkan masukan. Dari sini nantinya mungkin akan ada perubahan yang bisa menyempurnakan mind map tersebut atau melengkapinya. 
  3. Langkah yang ketiga adalah baru Anda buat atau dokumentasikan dengan menggunakan aplikasi menulis seperti Word misalnya. Setelah itu baru Anda cetak untuk bisa menjadi pedoman berpikir atau sistem berpikir untuk berbagai keperluan Anda. 

Menggunakan Aplikasi Khusus

Pilihan cara yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi khusus, sekarang ini sudah ada aplikasi khusus untuk membantu membuat mind map. Dengan aplikasi tersebut, kami rasa akan jauh lebih mudah untuk Anda membuat satu mind map yang terbaik dan juga lengkap. Dan biasanya aplikasi tersebut pun menyediakan beberapa hal lain seperti misalnya membuat flowchart. 

Bila Anda memutuskan untuk membuat mind map ini dengan aplikasi khusus tersebut, maka Anda perlu untuk melakukan beberapa hal terlebih dahulu. Mungkin beberapa langkah memang terlihat sepele, akan tetapi sangat penting untuk dilakukan, agar supaya lebih lancar dalam membuatnya. Dan berikut ini kami akan jelaskan beberapa langkahnya agar supaya bisa lebih maksimal. 

  1. Langkah yang pertama tentunya Anda harus mencari dulu aplikasi yang terbaik dan yang memiliki fitur paling lengkap. Dengan memperhatikan hal tersebut, maka Anda akan semakin dimudahkan dalam membuat satu mind map yang diperlukan. 
  2. Langkah yang kedua adalah Anda download dulu aplikasinya, dan proses download ini pun Anda tetap harus waspada. Anda harus mencari situs yang tepat dan terpercaya, agar supaya Anda bisa melakukan download dengan aman. 
  3. Langkah yang ketiga sudah pasti adalah install, ini adalah langkah untuk Anda bisa mempergunakan satu aplikasi pada device Anda.
  4. Langkah yang keempat adalah Anda buka aplikasinya dan mulai membuat, biasanya ada pilihan template yang sangat membantu. Dengan template, maka sudah terkonsep dulu kerangka berpikirnya, dan Anda tinggal masukkan saja poin dan juga idenya. 
  5. Langkah yang terakhir adalah koreksi, bisa Anda sendiri atau juga berbagi dengan orang yang dibutuhkan. Dengan begitu mind map ini tidak ada celah dan bisa dipergunakan secara matang untuk menghadapi berbagai macam situasi. 

Menggunakan Aplikasi Online

Cara yang terakhir adalah menggunakan aplikasi online, jadi Anda tidak perlu install dan hanya tinggal buka situsnya saja. Kelebihannya adalah Anda bisa langsung berbagi ke orang lain untuk memeriksa mind map yang Anda buat, jadi lebih cepat dalam pengerjaan. Dan sudah banyak juga lho situs yang menyediakan aplikasi tersebut secara gratis, jadi Anda bisa manfaatkan situs tersebut. 

Bila menggunakan cara online, pastikan mencari situs yang aman supaya data dan informasi yang Anda masukkan tidak tersebar.