Tahapan Operasi Katarak dan Biayanya

0
168
operasi katarak dan biayanya

Katarak adalah salah satu gangguan kesehatan mata yang sering terjadi pada kaum lanjut usia. Kondisi ini terjadi ketika lensa mata yang berfungsi sebagai alat bantu penglihatan mengalami kerusakan dan menjadi keruh, sehingga menyebabkan penurunan kemampuan penglihatan.

Untuk mengatasi masalah ini, operasi katarak adalah solusi terbaik yang dapat dilakukan. Operasi ini lazim dilakukan pada pasien dengan keluhan penglihatan kabur, sulit membaca dan mengemudi, serta berbagai gangguan lainnya yang terkait dengan masalah katarak.

Penyebab katarak kebanyakan disebabkan oleh faktor usia dan genetik. Namun, beberapa faktor lain juga dapat memperburuk kondisi seperti diabetes, penggunaan steroid jangka panjang, paparan sinar matahari secara berlebihan, dan merokok.

Tahapan Operasi Katarak

Operasi katarak dilakukan dengan cara membuang lensa mata yang rusak dan menggantinya dengan lensa buatan yang sesuai dengan kebutuhan pasien. Berikut adalah beberapa tahapan dalam operasi katarak:

  1. Anestesi lokal: sebelum operasi dimulai, dokter akan memberikan obat bius lokal pada pasien agar pasien tidak merasakan sakit.
  2. Pemecahan lensa: saat operasi berlangsung, dokter akan membuat sayatan kecil di kebagian samping mata dan menghilangkan lensa yang rusak.
  3. Pemasangan lensa buatan: setelah lensa yang rusak diangkat, dokter akan memasang lensa buatan untuk menggantikannya. Lensa buatan ini bisa ditentukan berdasarkan minat dan kebutuhan pasien.
  4. Penutupan sayatan: setelah semuanya selesai, dokter akan menutup sayatan tersebut menggunakan jahitan kecil atau lem medis.

Setelah menjalani operasi katarak, pasien harus melakukan perawatan dan menghindari kegiatan yang dapat memperberat kondisi mata selama beberapa minggu. Dalam waktu 1-2 bulan, kebanyakan pasien akan merasakan adanya perbaikan pada penglihatannya.

Sebenarnya, operasi katarak tidak menimbulkan risiko yang berbahaya. Akan tetapi, setiap operasi pasti memberikan risiko yang kecil seperti terjadinya infeksi atau pendarahan. Oleh karena itu, sangat penting bagi pasien untuk rutin melakukan pemeriksaan mata dan berkonsultasi dengan dokter spesialis mata jika merasakan keluhan apa pun pada mata.

Biaya Operasi Katarak

Biaya operasi katarak bervariasi tergantung pada tingkat kesulitan operasi, jenis lensa intraokular yang dipasang, dan fasilitas rumah sakit yang digunakan. Secara umum, biaya operasi bisa berkisar antara puluhan juta hingga ratusan juta rupiah. Jika pasien memiliki asuransi kesehatan, biaya operasi katarak dapat dikurangi atau bahkan ditanggung seluruhnya oleh pihak asuransi.

Namun, jangan takut dengan biaya operasi yang mahal. Banyak rumah sakit atau pusat kesehatan yang menawarkan program pengobatan gratis atau dengan biaya yang lebih terjangkau untuk pasien yang tidak mampu membayar.

Operasi katarak merupakan prosedur yang efektif dan aman. Setelah operasi, pasien akan merasakan penglihatan yang jernih dan warna yang terlihat lebih terang. Bagi pasien yang mengalami katarak, operasi ini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup mereka dengan kembali memperoleh penglihatan yang normal. Oleh karena itu, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter mata terdekat jika Anda mengalami gejala katarak dan segera lakukan operasi jika diperlukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here