Makanan Unik Dari Berbagai Daerah Di Indonesia

0
3
kawok makanan unik indonesia

Indonesia memiliki makanan yang sangat beragam mulai dari makanan manis, pedas, asin, asam serta gurih. Indonesia memiliki beragam makanan di setiap daerah dan setiap daerah tersebut memiliki karakteristik tersendiri dari hal memasak, rasa bahkan penyajiannya sendiri. Ada yang unik mengenai makanan Indonesia yang satu ini, biasanya makanan Indonesia menggunakan hewan yang sudah biasa seperti ayam, sapi atau hewan lainnya yang sudah sering di dengar atau di rasa hampir semua masyarakat Indonesia. Tapi ada yang unik disini yakni menggunakan hewan – hewan yang belum familiar dengan lidah dan mata serta pendengaran masyarakat kita. Dan saya yakin tidak semua orang bahkan belum pernah mencobai makanan unik satu ini. Langsung saja ini adalah makanan unik yang ada di berbagai daerah Indonesia.

Ulat Sagu

Yang pertama adalah Ulat Sagu. Ulat Sagu makanan yang satu ini berasal dari Papua. Jujur saya tidak akan bisa memakan ulat di jadikan makanan. Jika saya membayangkan hewan yang satu ini semasa hidupnya bergerak kesana kemari dan memiliki badan yang gemuk gemuk sebesar ibu jari orang dewasa. Dan saat dimasa berubah warna menjadi kecoklatan lalu di makan kedalam mulut lalu isi perut atau badan dari ulat ini pecah didalam mulut kita. Tapi tunggu dulu menurut informasi yang ada bahwa hewan yang satu ini memiliki protein yang cukup baik dan banyak sekali yang diperlukan oleh tubuh. Makanan yang satu ini sangat populer di Papua.

Kawok

Makanan selanjutnya adalah Kawok. Kawok sendiri adalah makanan terbuat dari Tikus. Pernahkah terpikir untuk memakan daging Tikus? Tetapi tunggu dulu tikus yang digunakan bukanlah tikus got atau tikus sampah yang sering berkeliaran di rumah – rumah. Tetapi tikus yang digunakan adalah tikus hutan. Makanan yang satu ini sangatlah populer di Manado, tetapi tidak dengan masyarakat luar dari Manado. Makanan ini belum familiar dengan daging tikus dijadikan sebuah makanan. Tetapi masyarakat Manado menggemari makanan yang satu ini dikarenakan memiliki daging yang cukup enak jika di makan.

Batok Tawon

Pernahkah anda terpikir batok tawon dijadikan makanan. Ya makanan unik yang satu ini sangat populer di Jawa Timur. Berbagai olahan makanan yang satu ini dijadikan makanan kegemaran di daerah tersebut. Salah satu makanan yang satu ini dapat menambah stamina bagi yang memakan makanan yang satu ini.

Tokek Goreng

Tokek masih sangat aneh dan tidak percaya kalau hewan yang satu ini dijadikan makanan. Tetapi ini benar terjadi, bahwa tokek dijadikan makanan di daerah Indonesia khususnya di daerah Jawa. Kita tau tokek adalah hewan yang merayap sama seperti cicak yang ada dinding rumah tetapi ukuran dari cicak lebih kecil dibanding tokek yang memiliki ukuran lebih besar. Saya percaya tidak semua orang belum pernah merasakan daging yang satu ini mungkin salah satunya makanan ini tidak masuk akal jika dijadikan sebuah makanan bahkan dalam bentuk di goreng. Tapi tahukah anda bahwa tokek harganya sangat mahal dan menurut informasi yang ada bahwa tokek dapat menyembuhkan berbagai penyakit baik ringan mau pun berat sekalipun.

Kelelawar

Kelelawar adalah makanan yang sangat populer di Indonesia untuk saat ini. Kita tau bahwa kelelawar hewan yang berkeliaran pada malam hari, saya tidak bisa membayangkan hewan yang satu ini yang memiliki wujudnya yang menyeramkan menurut saya dijadikan makanan. Tetapi makanan ini sudah sangat populer di Indonesia. Tapi masih sangat aneh bagi saya untuk dijadikan makanan. Hewan yang satu ini di masak dengan berbagai macam mulai dari di goreng, tongseng dan lain sebagainya.

Itulah beberapa makanan unik di Indonesia yang masih belum familiar di berbagai daerah Indonesia. Masih banyak makanan unik lainnya di Indonesia yang lebih ekstrem dari pada tulisan diatas. Tapi dari semua ini bahwa makanan unik yang mungkin tidak terpikirkan oleh seseorang bahwa makanan unik ini lah yang memberikan manfaat bagi tubuh seperti dapat menambah stamina bagi yang memakannya atau dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit yang ada.

Tinggalkan Balasan