Hewan Asli Sulawesi Yang Tidak Ada di Negara Lain

0
212
anoa hewan asli sulawesi
Anoa

Jika berbicara mengenai hewan, tempat wisata, pulau tentu Indonesia menjadi juara. Nah, dimana berbagai pulau yang ada di Indonesia tentunya memiliki beragam flora dan fauna yang bisa Anda temukan salah satunya di Sulawesi. Dimana Pulau Sulawesi ini terdapat banyak hewan yang unik dan tidak dimiliki oleh negara lain. Nah, untuk informasi tentang hewan asli Sulawesi, yuk langsung saja kita lihat seperti dibawah ini.

Anoa

Hewan asli Sulawesi yang pertama yaitu Anoa. Dimana Anoa ini merupakan salah satu mamalia terbesar yang ada dan hidup di daratan khususnya di Pulau Sulawesi. Hewan ini memiliki ciri-ciri fisik yang bisa dikatakan sangat mirip sekali dengan kerbau.

Akan tetapi Anoa ini memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan kerbau. Namun, pada biasanya masyarakat Sulawesi menyebutkan Anoa ini sebagai Kerbau kecil. 

Selain itu, Anoa ini juga merupakan hewan yang saat ini tergolong ke dalam satwa yang memang hampir punah. Mengapa demikian? karena memang hal ini disebabkan oleh ketidakpastian status taksonomi dan juga struktur populasi yang ada di Pulau Sulawesi. Tak hanya itu saja, hewan ini juga sering sekali diburu untuk diambil tanduk daging hingga kulitnya.

Untuk ukuran tubuh, Anoa ini bisa memiliki tinggi sekitar 80 hingga 100 cm khususnya bagi Anoa yang tinggal di dataran rendah. Akan tetapi untuk Anoa yang hidup di dataran tinggi bisa mencapai ukuran sekitar 60 hingga 75 cm. Anoa ini juga merupakan hewan herbivora atau disebut juga dengan hewan pemakan tumbuh-tumbuhan.

Tarsius

kera tarsius hewan unik indonesia
Kera Tarsius – sumber gambar: travel.kompas.com

Tarsius ini merupakan hewan asli Indonesia yang berada di Pulau Sulawesi. Dimana hewan yang satu ini merupakan sejenis hewan yang terdiri dari kelompok primata. Selain itu, Tarsius ini dulunya adalah hewan yang memiliki habitat yang luas.

Akan tetapi dengan seiring waktu berjalan hewan jenis primata ini hanya tinggal sedikit. Jika Anda ingin melihat hewan ini maka Anda bisa menemukan di kawasan Asia Tenggara tepatnya di Sulawesi.

Tarsius ini juga termasuk kedalam hewan yang sangat unik yakni memiliki tubuh yang sangat kecil serta memiliki mata yang besar. Untuk ukurannya bisa mencapai 10 hingga 15 cm saja, namun hewan ini memiliki kaki belakang yang cukup panjang dan bisa sekitar dua kali tinggi dari badannya.

Selain itu, Tarsius ini juga memiliki ekor yang panjang yakni sekitar 20 hingga 25 cm. Mereka juga memiliki bulu berwarna cokelat ke abu-abuan ataupun memiliki bulu kuning jingga muda.

Burung Maleo

burung maleo hewan asli sulawesi
Burung Maleo – sumber gambar: regional.kompas.com

Burung Maleo ini juga salah satu unggas yang berasal dari Pulau Sulawesi. Ada hal yang menarik dari burung yang satu ini yaitu pada saat mereka baru saja menetas. Dimana pada saat baru menetas burung-burung unggas ini sudah bisa terbang. Namun, Burung Maleo ini juga beresiko terancam punah, sebab telur-telur Burung Maleo sering diburu oleh manusia. 

Nah, itulah informasi menarik yang bisa Anda lihat mengenai hewan asli Sulawesi yang dapat Anda lihat seperti diatas.

Tinggalkan Balasan