Hewan Asli Kalimantan Ini Terancam Punah

0
10
bekantan hewan asli kalimantan
Bekantan - sumber gambar: wwf.or.id

Kalimantan merupakan salah satu pulau terbesar ketiga yang ada di Indonesia. Pulau Kalimantan ini juga menawarkan berbagai pesona alam yang cantik dan indah yang bisa Anda nikmati ketika berada disini. Namun, tak hanya itu saja Kalimantan juga memiliki hutan yang sangat lebat dan memiliki banyak hewan yang unik yang bisa Anda temui. Akan tetapi, dengan maraknya penebangan pohon, perburuan liar hingga pembakaran hutan membuat hewan-hewan ini bisa terancam punah. Oleh karena itu, hal seperti ini merupakan suatu hal yang tidak baik untuk dicontoh. Nah, apa saja sih hewan asli Kalimantan ini. Berikut dapat Anda lihat seperti dibawah ini.

Bekantan

Bekantan atau Nasalis Larvatus merupakan sejenis monyet berhidung panjang dan memiliki rambut berwarna coklat kemerahan. Hewan ini merupakan satu dari dua spesies genus tunggal Monyet nasalis. Bekantan jantan pada umumnya memang memiliki tubuh yang berukuran lebih besar dibandingkan dengan Bekantan betina. Dimana untuk ukurannya bisa mencapai sekitar 75 cm dan memiliki berat sekitar 24 kg sedangkan untuk Bekantan betina memiliki ukuran 60 cm dan beratnya 12 kg. Hewan asli Kalimantan ini biasanya memakan buah-buahan, biji-bijian hingga daun-daunan. Tak hanya itu saja, spesies hewan yang satu ini kini menjadi maskot fauna di Provinsi Kalimantan Selatan dan terancam punah yang disebabkan hilangnya habitat hutan serta penangkapan liar yang memang sering terjadi hingga sampai saat ini.

Lutung Merah

Lutung Merah – sumber gambar: indonesiatravelmagazine.com

Lutung Merah merupakan sejenis primata yang ada di dalam keluarga Cercopithecidae. Hewan yang satu ini juga akan terancam punah apabila pemerintah setempat tidak melindunginya dengan baik dan serius. Hewan asli Indonesia ini juga memiliki ekor yang panjang serta memiliki bulu yang berwarna kemerahan. Selain itu, wajahnya yang berulas kebiruan dan anakan berwarna keputih-putihan serta terdapat bercak-bercak hitam dibagian punggung dengan melintang sepanjang bahu.

Lutung Merah ini akan dapat hidup di perkebunan tertentu dan hewan ini biasanya keluar dari hutan dan kemudian memasuki wilayah perkebunan untuk bisa memakan dedaunan mudah serta biji-bijian. Hewan yang satu ini juga sama dengan hewan lainnya, yang mana beresiko terancam punah yang disebabkan seperti penebangan hutan dengan skala besar, perburuan dan perdagangan satwa liar hingga kebakaran hutan.

Gajah Pygmy

Gajah Pygmy – sumber gambar: rakyatkaltara.prokal.co

Gajah Pygmy atau disebut juga dengan Gajah Kalimantan adalah subspesies dari Gajah Asia yang memang dapat Anda temukan di Pulau Kalimantan tepatnya bagian Utara. Namun, untuk asal usul hewan yang satu ini memang masih belum jelas dan masih merupakan kontroversi. Akan tetapi ada yang mengatakan bahwa Gajah Pygmi ini dibawa ke Pulau Kalimantan tepatnya pada tahun 2003. Selain itu, spesies Gajah Pygmi ini berstatus kritis yang diakibatkan hilangnya sumber makanan dan pengerusakan habitat mereka. Untuk itu, menurut informasi yang didapatkan bahwa Gajah Pygmi ini hanya memiliki populasi kurang lebih sekitar 1.000 ekor.

Itulah ada beberapa hewan asli Kalimantan yang bisa Anda lihat seperti diatas. Semoga informasi ini bisa membantu ilmu pengetahuan Anda agar bisa lebih mengetahui apa saja hewan yang berasal dari Kalimantan.

Tinggalkan Balasan