Macam – Macam Kue Tradisional di Indonesia

11
24
kue putu makanan tradisional indonesia
Kue Putu

Indonesia memiliki beragam kuliner makanan yang banyak dan tak terhitung lagi  jumlahnya pada setiap daerah – daerah yang ada di Indonesia ini. Indonesia sendiri memiliki macam – macam kue yang banyak dan beragam mulai dari kue manis, asin, bahkan kue dengan rasa gurih sekalipun ada di jumpai di Indonesia. Kue – kue ini sendiri memiliki macam – macam yang berbeda pada setiap daerah yang membuat kue ini mulai dari perbedaan memasak serta penyajiannya sekalipun. Langsung saja inilah macam – macam kue dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. 

Bika Ambon

Bika Ambon adalah kue yang berasal dari Medan. Kue yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Bika Ambon yang memiliki rasa yang manis dan bentuknya yang lembut serta sedikit kenyal dan memiliki bentuk yang unik sehingga Bika Ambon sangat disukai oleh masyarakat di seluruh Indonesia. Bika Ambon mudah untuk di temukan di daerah – daerah mana pun untuk saat ini. Biasanya Bika Ambon dimakan saat sedang santai dan di temanin dengan segelas kopi panas atau pun teh panas.

Pancong

kue pancong makanan tradisional indonesia
Kue Pancong

Pancong adalah kue tradisional masyarakat Betawi. Kue ini sudah sangat terkenal di seluruh daerah Indonesia. Kue Pancong sekarang ini sudah memiliki banyak variasi dan rasa yang banyak serta toping yang beragam. Pancong biasanya di masak dan dihidangkan dalam keadaan masih panas saat di berikan kepada pelanggan. Untuk saat ini Kue Pancong tidaklah sulit ditemukan, banyak saat ini penjual mulai dari kaki lima sampai restoran menjual Kue Pancong dan harganya yang bervariatif.

Cucur

kue cucur makanan tradisional indonesia
Kue Cucur

Cucur adalah Kue tradisional masyarakat Jawa yang sangat terkenal. Kue ini memiliki rasa manis yang berasal dari gula merah. Kue cucur dimasak dengan cara di goreng. Kue Cucur sangat enak disantap dengan minuman hangat seperti kopi atau pun teh sebagai pendampingnya.

Wajik

Wajik adalah makanan khas dari Indonesia. Rasanya yang manis dari gula merah memberikan kesan yang nikmat jika di makan saat kapan pun. Wajik terbuat dari beras ketan serta gula merah yang cara memasaknya dengan melarutkan santan dan gula merah serta daun pandan sampai mengering dan kental. Warnanya yang kecoklatan menambah tampilan yang unik bagi kue yang satu ini.

Klepon

Klepon adalah kue tradisional dari Indonesia. Kue yang satu ini mudah dijumpai terutama di pasar – pasar tradisional yang menjajahkan kue yang satu ini. Rasanya yang gurih dan enak serta manis menambah kesan untuk memakan ini. Kue ini terbuat dari tepung beras yang didalamnya ada gula merah cair serta parutan kelapa di sekeliling kue ini. Yang uniknya memakan makanan yang satu ini adalah langsung dimakan seluruhnya kedalam mulut, jika di makan dalam keadaan setengah atau sebagian gula yang di dalam kue ini akan muncrat dengan sendirinya. Kue ini sangat cocok di makan saat sedang sarapan pagi atau pun sedang bersantai.

Putu Bambu

Putu Bambu adalah kue tradisional dari Indonesia. Siapa yang tidak kenal Putu Bambu?? Saya rasa hampir semua masyarakat Indonesia mengenal makanan yang satu ini. Makanan ini terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan lubang berisi uap. Kue ini dilapisi dengan gula merah di dalamnya. Putu Bambu mudah untuk ditemukan di Indonesia, terutama menjelang sore ke malam hari. Putu Bambu di Indonesia mudah ditemukan yang berjualan menggunakan sepeda. Putu Bambu memiliki rasa yang manis asin serta gurih dari parutan kelapa yang ditaburi di sekeliling Putu Bambu ini.

Itulah beberapa macam – macam kue tradisional dari Indonesia yang melegenda dan masih ada hingga pada saat ini.

11 KOMENTAR

  1. kue cucur sama kue apem, sama nggak sih? soalnya emak suka bikin apem tapi tampilannya sama kayak kue cucur gitu. :’D

  2. Lihat foto kue putu diatas itu…ihhh kq jadi ngiler ya.
    Sudah lama gak nikmati putu. Suka ada yg lewat jualan tiap malam dengan suara yg khas…tuuuuttttt…

    Salam,

Tinggalkan Balasan