Kerajaan-kerajaan Terbesar yang Pernah Berdiri di Nusantara

6
75
kerajaan nusantara
Salah satu peninggaln Kerajaan Sriwijaya - sumber gambar: ceritadanbiografi.blogspot.com

Kamu pasti pernah mempelajari atau paling tidak mendengar tentang berbagai nama kerajaan yang pernah berdiri di Indonesia. Mulai dari kerajaan Hindu Budha yang berkembang sejak abad ke 4 sampai abad ke 15, sampai kerajaan Islam yang berdiri setelah Hindu Budha mulai lengser. Semua kerajaan nusantara tersebut, meninggalkan prasasti maupun peninggalan bersejarah lainnya yang memperlihatkan kehebatan nusantara pada masa lalu.

Dari peninggalan-peninggalan ini, kita juga dapat mengetahui bahwa ada beberapa kerajaan besar yang pernah berdiri di Indonesia. Lalu kerajaan manakah yang menjadi kerajaan terbesar? Penasaran? Yuk, simak jawabannya di bawah ini.

Kerajaan Majapahit

Menurut sejarah nusantara, Kerajaan Majapahit adalah salah satu kerajaan terbesar yang pernah berdiri di nusantara. Kerajaan ini sangat berpengaruh dalam mempersatukan nusantara. Masih ingat dengan Patih Gajah Mada dengan Sumpah Pallawa miliknya? Sumpah ini, salah satu alasan Majapahit bisa menyatukan nusantara. Mulai dari Sumatra, Jawa, Kalimantan hingga Sulawesi bahkan bisa ditaklukkan dalam kekuasaan Kerajaan Majapahit.

Kerajaan Majapahit memiliki militer yang sangat kuat. Semenjak didirikan kerajaan ini memang sudah fokus dalam memperkuat pertahanan militernya. Selain itu, Kerajaan Majapahit sangat pandai berpolitik. Bahkan mereka bisa menaklukkan suatu wilayah tanpa harus melakukan perang. Namun, sayangnya kerajaan ini mengalami kehancuran setelah 200 tahun setelah didirikan. Hal ini disebabkan adanya konflik internal yang sangat kacau.

Kerajaan Sriwijaya

Salah satu kerajaan terbesar selanjutnya adalah Kerajaan Sriwijaya. Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan nusantara yang terkenal akan kekuatan armada lautnya. Bahkan bisa dikatakan bahwa Sriwijaya adalah kerajaan bahari terbesar yang pernah berdiri di nusantara. Hal ini disebabkan menurut catatan perjalanan dari Tiongkok serta beberapa prasasti yang pernah ditemukan, pengaruh Kerajaan Sriwijaya tersebar ke seluruh Sumatera, Jawa bagian barat, Malaka sampai kawasan Thailand.

Selain kuat di bidang kelautan, Kerajaan Sriwijaya juga sangat maju dalam bidang perdagangan. Bahkan kerajaan ini, sampai menjalin perdagangan dengan beberapa negara di kawasan Asia Tenggara dan Tiongkok. Perdagangan ini, juga salah satu alasan dari kejayaan Kerajaan Sriwijaya.

Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai sering disebut sebagai kerajaan Hindu Budha pertama yang berdiri di nusantara. Oleh karenanya tak banyak bukti yang dapat menceritakan tentang kerajaan ini, satu-satunya bukti yang dapat dikumpulkan adalah yupa. Dari yupa ini, dapat dilihat bahwa kerajaan Kutai adalah kerajaan terlama yang berdiri di nusantara. Hal ini dikarenakan kerajaan Kutai mampu berdiri selama 1200 tahun.

Walaupun sedikit bukti yang menunjukkan keadaan pada masa kerajaan Kutai, namun dari yupa yang ditemukan dapat disimpulkan bahwa kerajaan Kutai adalah salah satu kerajaan terbesar yang pernah ada. Apalagi sebagai kerajaan Hindu Budha pertama, tentunya wilayah kerajaan ini cukup luas. Selain itu, dari segi perekonomian kerajaan nusantara pertama bercorak Hindu Budha ini, juga cukup makmur.

6 KOMENTAR

  1. Selain kerajaan itu, ada juga kerajaan besar lainnya yaitu Sunda Empire dan Agung sejagat yang wilayahnya meliputi bukan hanya seluruh Indonesia bahkan dunia, Amerika saja jadi anak buahnya. hebat ngga tuh…😂🤣

  2. Sebenarnya masih banyak kerajaan lain ya mas tapi mungkin tidak sebesar tiga kerajaan ini. Kebetulan saya suka sejarah. Beberapa candi sudah saya kunjungi, museum kerajaan/kesultanan juga sudah saya datangi. Seperti pengen melihat masa lalu dengan mata kepala sendiri

    • Iya Mbak, masih banyak yang lain. Indonesia kan sejatinya negara yang kesemuanya bekas daerah kerajaan. Makanya sistem demokrasi kita yang sekarang agak aneh, karena masih ada bau2 monarki di sistemnya 😀

Tinggalkan Balasan