Kumpulan Berbagai Sejarah Nusantara

2
10
sejarah nusantara

Seperti pepatah, sebuah bangsa yang besar ialah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. Bangsa yang besar juga tentu akan menghargai sejarahnya. Sejarah dimana para pahlawan berjuang merebut kemerdekaan bagi bangsa. Sebagai generasi yang baik, salah satu yang bisa dilakukan untuk menghargai perjuangan tersebut ialah dengan mengetahui sedikit sejarah nusantara.

Sejarah Bahasa Indonesia

Bahasa merupakan identitas suatu bangsa yang berfungsi sebagai alat komunikasi dengan bangsa yang lain. Setiap bangsa mempunyai bahasanya sendiri dengan ciri khas, asal usul yang pastinya berbeda antara satu bangsa dan bangsa lainnya. Begitu juga dengan bangsa Indonesia yang dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia. Lalu bagaimana sebenarnya sejarah bahasa Indonesia sebenarnya?

Bahasa Indonesia tercipta pada tanggal 28 Oktober 1928. Yang mana pada tanggal tersebut juga, berebagai pemuda yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia berkumpul dengan mengucap ikrar Sumpah Pemuda, yang isinya:

  • Bertumpah darah satu yaitu tanah Indonesia
  • Berbangsa satu yaitu bangsa Indonesia
  • Dan, menjunjung bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia

Berdasarkan sejarah nusantara ikrar Sumpah Pemuda tersebut, bahasa Indonesia kemudian diresmikan sebagai bahasa nasional. Lalu, di tanggal 18 Agustus 1945, bahasa Indonesia ini dicetuskan sebagai bahasa negara dan terdapat kandungannya di dalam UUD 1945 pada Bab XV di Pasal 36.

Sebenarnya terjadi banyak proses perubahan hingga akhirnya bahasa Indonesia dikukuhkan sebagai bahasa nasional dan bahasa negara, mulai dari menggunakan bahasa Melayu dengan berbagai ejaan hingga bahasa Indonesia lah yang digunakan sebagai bahasa persatuan.

Sejarah Bendera Merah Putih

Selain bahasa, ada bendera yang menjadi salah satu lambang dari sebuah negara juga yang dikibarkan di seluruh daerah bangsa atau negara tersebut. Bendera dari negara Indonesia sendiri merupakan bendera merah putih.

Sejarah bendera merah putih pada zaman dulunya digunakan oleh berbagai kerajaan kuno yang ada di Indonesia. dalam sejarah nusantara, warna merah putih ini diambil dari kepercayaan bangsa Austronesia yang memberi pengertian bahwa warna merah itu menggambarkan tanah sedangkan putih menggambarkan langit. Namun, ada juga yang menyebutkan jika konon warna merah dan juga putih ini didapat sebab terinspirasi dari warna panji dari Kerajaan Majapahit yaitu sembilan garis merah dan putihnya.

Bergelut dengan berbagai sejarah bendera merah putih yang panjang, hingga pertama kali resmi dikibarkan pada saat pernyataan Proklamasi Indonesia yaitu tanggal !7 Agustus 1945 di Jakarta tepatnya di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56. Dengan menggunakan bahan dari katun Jepang yang mempunyai ukuran 276 x 200 cm yang dijahit sendiri oleh istri dari Presiden pertama yaitu Ir. Soekarno.

Bendera merah putih asli ini hanya digunakan tepat di tanggal 17 Agustus saja dari tahun 1946 hingga 1968, namun setelahnya menggunakan bendera duplikat karena bendera yang asli robek hingga akhirnya disimpan di Istana Merdeka. Bendera duplikat yang terbuat dari sutera inilah yang setiap kali upacara dikibarkan di istana.

Tokoh Perjuangan

Negara Indonesia tidak akan pernah ada jika bukan karena perjuangan para pahlawan dengan bangsa Indonesia dalam perang. Para pahlawan tokoh perjuangan bangsa itulah yang sangat berpengaruh dalam sejarah negara Indonesia ini, siapa saja mereka?

  • Ir. Soekarno yang selain menjadi presiden pertama dari negara Indonesia beliaulah yang menjadi tokoh proklamator yang juga dikenal sebagai pencetus dari dasar Negara Pancasila.
  • Mohammad hatta atau yang lebih dikenal sebagai bung Hatta ini merupakan sosok proklamator yang juga dikenal sebagai aktivis dan organisator hingga akhirnya menjadi seorang negarawan yang kerap kali ada di samping Soekarno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
  • Panglima Soedirman yang dalam sejarah nusantara merupakan panglima tentara pertama dan juga seorang pahlawan nasional negara Indonesia yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia di era Revolusi.
  • Pangeran Diponegoro dikenal sebagai pemimpin perang Diponegoro dalam kurun waktu 5 tahun yaitu pada tahun 1825 – 1830 di Jawa. Perang ini tercatat sebagai perang yang paling banyak menelan korban dalam sejarah perjuangan Indonesia.
  • Kyai Haji Mohammad Hasyim Asy’arie atau lebih dikenal dengan Kyai Hasyim Asy’arie merupakan salah satu pahlawan Indonesia dan merupakan tokoh yang mendirikan Nahdlatul Ulama atau NU. NU merupakan organisasi massa Islam yang paling besar di Indonesia. Kyai dikalangan alim ulama dan juga Nahdliyin dijuluki sebagai Hadratus Syeikh yang artinya adalah Maha Guru.
  • Kyai Haji Ahmad Dahlan yang juga mempunyai nama Muhammad Darwis ini merupakan salah satu dari Pahlawan Nasional Indonesia juga. Beliau merupakan putra keempat dari K.H Abu Bakar (ulama dan khatib tersohor di Masjid Besar kesultanan Ngayogyakarta) yang memiliki 7 orang anak.
  • Ki Hadjar Dewantara yang dalam sejarah nusantara mempunyai nama asli Raden Mas Soewardi Soerjaningrat namun sejak 1922 telah berubah nama. Ki Hadjar Dewantara ini merupakan aktivis dalam gerakan kemerdekaan Indonesia, politisi, kolumnis dan juga yang menjadi pelopor pendidikan di jaman Belanda. Di mendirikan Perguruan Taman Siswa yang merupakan sebuah lembaga pendidikan yang mempunyai kepedulian kepada pribumi jelata untuk bisa memperoleh hak dalam pendidikan.
  • Bung Tomo (Sutomo) merupakan pahlawan yang cukup dikenal sebab perannya dalam membangkitkan semangat bangsa untuk kembali melawan penjajah yaitu Belanda.
  • Kapitan Pattimura yang mempunyai nama asli Thomas Matulessy dan merupakan panglima perang dalam memperjuangkan rakyat Maluku melawan VOC. Berada dalam pimpinannya, sejumlah kerajaan yang ada di nusantara bersatu seperti Ternate dan Tidore untuk membantu melawan penjajah di tahun 1817.
  • Tuanku Imam Bonjol (Muhammad Shahab) adalah sosok alim ulama yang memimpin rakyat Sunga Rimbang, Suliki yang mempunyai banyak gelar seperti Tuanku Imam, Peto Syarif dan Malin Basa.
  • RA Kartini adalah sosok pahlawan bangsa meskipun seorang perempuan. Selama hidupnya, beliau mengabdikan diri untuk memperjuangkan hak yang setara bagi kaum wanita dan dikenal sebagai pelopor kebangkitan kaum wanita pribumi.
  • Selain RA Kartini ada satu lagi pahlawan perempuan yaitu Cut nyak Dien sebagai tokoh perjuangan yang berasal dari Aceh.

Daerah Istimewa Di Indonesia

Daerah istimewa di Indonesia adalah daerah yang mempunyai status istimewa yang berasal dari sejarahnya, baik sejarah yang dibentuk oleh Indonesia ataupun yang diakui oleh Pemerintahan Kolonial Belanda. Kini, ada 2 daerah istimewa yang diakui oleh Indonesia yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta dan Daerah Istimewa Aceh. Namun sebenarnya pada zaman dulu terdapat beberapa daerah yang memiliki status istimewa selain kedua daerah tersebut, antara lain:

  • Berau dari 1953 sampai dengan 1959
  • Bulungan dari 1953 sampai dengan 1959
  • Kutai dari 1953 sampai dengan 1959
  • Kalimantan Barat dari 1946 sampai dengan 1950
  • Surakarta dari 1945 sampai dengan 1946

Itulah daerah – daerah yang sebelumnya mempunyai status keistimewaan menurut sejarah nusantara namun telah dicabut.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here