Fakta unik tentang minuman keras orang batak “Tuak”

0
12
fakta unik tuak batak

Sumatera utara dikenal sebagai daerah yang dikenal memiliki budaya batak yang cukup kental. Daerah sumatera utara dikenal logat batak nya yang cukup kental sehingga daerah ini dikenal memiliki mayoritas budaya batak nya. Di daerah batak sendiri ada tradisi dimana masyarakatnya khusus pria disana baik anak muda, orang tua bahkan yang sudah berumur minum – minuman keras batak yang dikenal dengan nama “ Tuak “ ya … tuak yang diproduksi khususnya di sumatera utara ini sangat berlimpah. Yang menjajah kan tuak biasanya dijual di kedai – kedai atau biasanya kita menyebutnya “ Lapo “ sedikit menyinggung mengenai tuak ini, Tuak adalah sejenis minuman beralkohol khas Nusantara yang merupakan hasil fermentasi dari nira, beras, atau bahan minuman/buah yang mengandung gula.

Tuak adalah produk minuman yang mengandung alkohol. Bahan baku yang biasa dipakai adalah beras atau cairan yang diambil dari tanaman seperti nira pohon enau atau nipah, atau legen dari pohon siwalan atau tal, atau sumber lain. Kadar alkohol tuak di pasaran berbeda-beda bergantung daerah pembuatnya. Masyarakat sumatera utara, khususnya masyarakat Batak menganggap bahwa tuak berkhasiat menyehatkan badan karena mengandung efek menghangatkan tubuh.

Khasiat dari tuak ini ada manfaatnya jika diminum dalam keadaan masih wajar. Berikut adalah manfaat minuman khas batak ini.

Membuat ASI Lebih Lancar

Tahukah kamu bahwa tuak dapat dikonsumsi saat Ibu dalam masa – masa menyusui yang juga dapat memberikan manfaat tersendiri bagi Ibu – Ibu menyusui. Kenapa ? karena tuak dapat memberikan berbagai nutrisi yang akan meningkatkan dari ASI yang dihasilkan oleh Ibu. Selain itu, tuak juga berfungsi untuk memberikan perlindungan pada kondisi ASI yang dihasilkan oleh ibu sehingga kualitas ASI yang didapatkan bayinya tidak akan turun. Biasanya para Ibu menyusui disarankan meminum tuak ini tidak lebih dari segelas agar memberikan manfaat yang berarti untuk menghasilkan Asi tersebut.

Menurunkan Kadar Gula

Tahukah kamu bahwa Tuak ini  dapat menurunkan kadar gula bagi penderita diabetes tipe 2. Dan siapa yang menyangka jika minuman ini memiliki khasiat yang sangat baik bagi peminum nya, terutama bagi penyandang diabetes. Jika meminum tuak masih dalam keadaan wajar maka seorang pengidap diabetes dapat menurunkan kadar gula darahnya dengan mengonsumsi tuak secara teratur dan tidak berlebihan. Yang pada intinya mengonsumsi tuak secara teratur dalam dosis yang rendah sangat baik untuk menjaga kadar gula darah Sahabat tetap rendah.

Menurunkan Demam

Tahukah kamu bahwa Tuak ini dapat menyembuhkan penyakit demam. Ya Jika biasanya demam dapat diatasi dengan minum obat atau kedokter untuk berobat atau mengompres bagian kening, ternyata tuak ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sakit ini, cukup dengan memberikan tuak ini pada orang yang sedang menderita demam untuk di minum. Kandungan yang ada di dalam tuak akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta melancarkan metabolisme dalam tubuh sehingga demam akan segera turun. Perlu diingat meminum minuman ini dengan tidak berlebihan agar berdampak yang berarti bagi penderita sakit demam ini.

Obat Penenang dan Anti Stres

Tahukah kamu bahwa Tuak ini dapat menjadi penenang untuk meredahkan stress bagi pencinta tuak. Ya biasanya masyarakat yang meminum tuak ini akan datang ke tempat kedai – kedai yang menjajahkan tuak ini untuk di minum. Disana mereka bukan sekedar meminum tuak bahkan dapat bercerita atau memainkan musik sambil meminum tuak. Bahkan yang lucunya banyak masyarakat batak pulang kerumah dalam kondisi setengah sadar alias mabuk. Mereka yang berpendapat bahwa minuman tuak yang tidak diminum setiap hari dapat membuat mereka stress. Bisa saja tuak ini dapat mempengaruhi mereka dikarenakan sudah kecanduan akan minuman ini sehingga tidak bisa jika tidak minum minuman ini.

Oke segitu saja pembahasan mengenai fakta unik minuman ini. Kesimpulan yang bisa diambil, minuman ini sebenarnya baik jika dikonsumsi dalam batas wajar, dan akan memberikan efek yang baik bagi peminum nya. Jika berlebihan dapat membuat masalah bagi si peminum nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here