Minuman Tradisional Asli dari Indonesia yang Dapat Menghangatkan Tubuh

0
6
wedang ronde minuman tradisonal indonesia

Indonesia memiliki daerah yang sangat beragam, di Indonesia sendiri memiliki beragam cuaca baik di setiap daerah maupun musimnya. Indonesia memiliki daerah dataran tinggi maupun rendah yang dapat mempengaruhi cuaca di setiap belahan daerah yang ada di Indonesia. Begitu juga minuman tradisional Indonesia memiliki beragam serta manfaat yang didapatkan. Berikut adalah beberapa minuman tradisional asli dari Indonesia.

Bandrek

Yang pertama adalah bandrek. Ya siapa yang tidak mengenal minuman yang satu ini. Minuman yang berasa pedas manis serta dapat menghangatkan tubuh ini. Minuman ini banyak di jumpai dimana pun. Mulai dari warung sampai dengan gerobak dorong. Bandrek adalah minuman tradisional asli Indonesia yang sudah melegenda. Bandrek biasanya digunakan berbagai macam seperti penambahan susu sebagai pemanis dari minuman ini serta dapat ditambahkan bahan pendukung seperti telor ayam kampung yang dapat menambah stamina bagi peminumnya. Minuman ini sudah dikenal dapat membuat tubuh menjadi hangat dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti Flu atau pun sedang demam. Minuman ini terbuat dari bahan utamanya adalah jahe. Jahe sendiri memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Dan jahe adalah tanaman asli dari Indonesia. Untuk harga segelas bandrek tidaklah mahal.

Bajigur

Siapa yang tidak mengenal minuman yang satu ini. Minuman ini dapat menghangatkan tubuh bagi orang yang meminumnya. Bajigur sendiri adalah minuman khas tanah sunda yang sudah sangat terkenal hingga ke daerah lainnya. Minuman yang satu ini terbuat dari bahan utamanya adalah santan. Santan sendiri memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Biasanya bajigur tidaklah sulit ditemukan. Banyak daerah khususnya tanah sunda menjual minuman tradisional yang satu ini. Biasanya bajigur dijajahkan dengan makanan pendamping seperti kue – kue basah. Bahkan kue ini sangat cocok di makan bersamaan dengan minuman bajigur ini. Bukan hanya mengenyangkan tetapi dapat menghangatkan tubuh juga.

Sekoteng

Siapa juga yang tidak mengenal minuman yang satu ini. Sekoteng sendiri adalah minuman tradisional masyarakat Indonesia. Minuman yang satu ini juga dapat menghangatkan badan. Minuman sama dengan bandrek terbuat dari Jahe. Yang menjadi pembeda adalah sekoteng memiliki toping yang beragam mulai dari roti, kacang – kacangan dan lain sebagainya. Walaupun sama – sama menghangatkan tetapi sekoteng sangat baik bagi tubuh dapat menyembuhkan penyakit ringan dalam tubuh seperti meredahkan tenggorokan yang meradang atau pun sedang mengalami gejala Flu.

Wedang Jahe

Wedang jahe juga adalah minuman tradisional asli masyarakat Indonesia khususnya daerah Jawa Tengah. Minuman yang satu ini bahan utamanya adalah jahe yang dimana minuman ini dapat menghangatkan tubuh bagi yang meminumnya dan dapat juga menyembuhkan penyakit seperti radang tenggorokan atau pun sedang Flu maupun demam.

Wedang Ronde

Wedang Ronde adalah Minuman tradisional Masyarakat Indonesia. Minuman yang satu minuman dapat menghangatkan tubuh khususnya Wedang Ronde Yogya yang terbuat dari rebusan jahe yang otomatis dapat memberikan sensasi hangat di tubuh ditambah toping seperti bulat – bulat kecil berisi yang bukan menghangatkan saja tetapi dapat mengenyangkan juga.

Tuak

Tuak adalah minuman tradisional masyarakat Indonesia. Tuak yang terbuat dari pohon aren yang di fermentasi dan memiliki kandung alkohol yang sedikit. Tuak sendiri dapat memberikan sensasi menghangatkan jika di minum. Tuak sendiri memiliki macam – macam yang beragam.

Itulah minuman – minuman asli dari Indonesia, yang memiliki sensasi menghangatkan tubuh khususnya di daerah – daerah tertentu Indonesia yang memiliki udara atau cuaca yang dingin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here