Belajar Tentang Sejarah Bahasa Indonesia

0
5
sumpah pemuda, sejarah bahasa indonesia
Sumpah Pemuda - sumber gambar: liputan6.com

Sebagai seorang warga negara Indonesia, tentunya kamu telah fasih menggunakan bahasa Indonesia. Terlebih bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Sebagai bahasa nasional, tahukah kamu bagaimana sejarah bahasa Indonesia? Jika kamu belum tahu dan penasaran dengan salah satu sejarah bangsa Indonesia, yuk belajar dengan menyimak beberapa ulasan berikut ini.

Lahirnya Bahasa Indonesia

Sejarah lahirnya bahasa Indonesia merupakan salah satu sejarah nusantara yang wajib untuk diketahui oleh masyarakat Indonesia. Bahasa Indonesia lahir dan ditetapkan sebagai bahasa nasional Indonesia pertama kali pada kongres pemuda yang dilaksanakan tanggal 28 Oktober 1928. Pada kongres tersebut seluruh pemuda yang ada di seluruh nusantara berkumpul dari segala penjuru. Mereka berunding dan terucaplah sebuah ikrar yang saat ini dikenal dengan nama Sumpah Pemuda.

Sumpah pemuda ini, berisikan 3 poin. Isi sumpah pemuda, yaitu :

  1. Kami putra dan putri Indonesia mengaku, bertumpah darah yang satu, Tanah Air Indonesia
  2. Kami putra dan putri Indonesia mengaku, berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia
  3. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung, bahasa persatuan, Bahasa Indonesia

 Dari poin ketiga dapat kita simpulkan bahwa para pemuda Indonesia sudah bertekad menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan ( pemersatu bangsa ). Itulah sekilas sejarah bahasa Indonesia di masa kelahirannya sebagai bahasa nasional.

Pengukuhan Bahasa Indonesia

Setelah Indonesia merdeka, Bahasa Indonesia dinyatakan sebagai bahasa negara pada tanggal 18 Agustus 1945. Hal ini dikarenakan pada saat itulah, Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia disahkan. Dalam UUD pernyataan bahwa Bahasa Indonesia merupakan bahasa negara Indonesia pada batang tubuh. Tepatnya pada bab XV pasal 36.

Pencantuman Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dalam UUD adalah sebuah pengesahan atau peresmian saja. Hal tersebut, tentunya disebabkan Bahasa Indonesia telah dikukuhkan dan diakui sebagai bahasa nasional ( bahasa pemersatu ), sejak Kongres Pemuda ke II. Tepatnya saat ikrar Sumpah Pemuda diucapkan.

Bahasa Indonesia Berasal dari Bahasa Melayu

Pernyataan Bahasa Indonesia berasal dari Bahasa Melayu didapatkan dalam Kongres Bahasa Indonesia II pada tahun 1954. Pernyataan ini dilandasi oleh beberapa sebab, yaitu :

  1. Bahasa Indonesia tumbuh dan berkembang dari Bahasa Melayu sejak zaman kerajaan.
  2. Bahasa Melayu digunakan sebagai bahasa perhubungan.
  3. Bahasa Melayu digunakan sebagai bahasa kebudayaan di Kerajaan Sriwijaya.
  4. Bahasa Melayu digunakan sebagai bahasa untuk berkomunikasi antar suku di Nusantara. Hal ini, untuk mempermudah komunikasi dalam perdagangan.
  5. Bahasa Melayu digunakan untuk berkomunikasi kepada pedagang maupun orang dari luar Nusantara.
  6. Bahasa Melayu digunakan sebagai lingua franca di Kepulauan Nusantara.
  7. Bahasa Melayu dapat diterima dengan mudah oleh masyarakat Indonesia.

Itulah beberapa alasan, mengapa Bahasa Indonesia disebut berasal dari Bahasa Melayu. Bagaimana? Sebuah informasi yang cukup menarik tentang sejarah bahasa Indonesia, bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here