Pesona Tempat-tempat Rekreasi di Malang

0
4
kota malang

Disaat kabupaten lain di Jawa Timur mulai membenahi industri pariwisata mereka, berbagai tempat rekreasi di Malang justru sudah mampu memberikan sumbangan Pendapatan Asli Daerah melebihi sektor-sektor yang lain.

Seperti halnya Bali, sudah sejak lama industri pariwisata di Malang digarap dengan professional. Pemerintah daerah dan masyarakat kota dingin ini tampaknya sadar, bahwa sebagai kota tua yang pernah menjadi pusat pemerintahan kerajaan Singasari, Malang sangat potensial untuk dijadikan sebagai tempat wisata sejarah.

Ditambah lagi dengan anugerah Tuhan, berupa kondisi geografis yang terletak di dataran tinggi dengan udara yang sejuk dan pemandangan yang mempesona, membuat wisata alam juga sangat potensial untuk dikembangkan.

Beberapa tempat rekreasi di Malang yang mempesona:

Hampir semua tempat rekreasi di Malang memiliki daya pesona yang luar biasa. Beberapa tempat wisata yang mempesona tersebut diantaranya adalah:

Pantai Balekambang

pantai balekambang tempat rekreasi malang
Pantai Balekambang

Selain keindahan alam yang menyelimuti sekeliling pantai, hamparan pasir dengan ombaknya yang kecil juga menjadi daya tarik sendiri bagi para pengunjung yang ingin berenang, menjelajah kawasan pantai dengan perahu, atau bermain ski air. Sebuah pendopo juga dibangun di tepi pantai untuk dimanfaatkan para pengunjung yang ingin melepas lelah sambil menyantap bekal yang dibawa dari rumah atau dibeli di warung-warung yang ada di sekitar pantai. Keindahan tempat wisata ini semakin terasa pada waktu senja. Siluet cahaya matahari yang akan pulang ke peraduan, menyempurnakan pemandangan pura di atas karang yang dihubungkan dengan jembatan dari beton sepanjang 100 meter. Pura tersebut dibangun pada tahun 1985, dengan maksud untuk meniru Tanah Lot yang ada di Bali. Meski tidak sesempurna yang ditiru, namun keberadaan pura di atas karang yang ada di Pantai Balekambang, cukup dapat berpadu serasi dengan keindahan alam yang ada di sekelilingnya.

Wendit Water Park

Wendit Water Park

Ada 4 wahana air yang ditawarkan oleh tempat wisata yang berlokasi di kecamatan Pakis ini, yaitu: telaga alam yang dipercaya masyarakat setempat dapat membuat awet muda dan panjang umur, kolam buatan yang dilengkapi dengan ember tumpah raksasa dan papan seluncur, danau buatan yang dapat dikelilingi dengan menaiki sepeda air dan perahu, serta sebuah kolam pancing. Selain itu Wendit Water Park juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas permainan, seperti flying fox, worm coaster, dan wahana permainan yang lainnya.

Museum Malang Tempo Doeloe

Museum Malang Tempo Doeloe

Bagi yang menyukai wisata sejarah, museum ini tidak boleh dilewatkan. Karena di tempat ini akan bisa dilihat dan dipelajari secara utuh perjalanan panjang kota Malang, dari sejak berdiri pada tahun 1914, pada masa kemerdekaan, hingga saat sekarang. Banyak benda-benda bersejarah berusia ratusan tahun yang menjadi koleksi Museum Malang Tempo Doeloe, seperti tembikar, arca, juga berbagai macam benda bersejarah peninggalan dari masa kerajaan Singasari.

Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo

Karena lokasinya berada di tengah hutan pinus, keindahan yang ditawarkan Air Terjun Coban Rondo tidak hanya di lokasi wisatanya saja, tapi juga di sepanjang jalan menuju ke tempat wisata tersebut. Berada di lereng Gunung Kawi dengan ketinggian sekitar 1.135 meter dpl membuat udara di sekeliling air terjun yang dikelola KPH Perum Perhutani Malang ini terasa dingin dan sejuk.

Pulau Sempu

pulau sempu tempat rekreasi malang
Pulau Sempu

Pulau Sempu  adalah kawasan cagar alam yang memiliki vegetasi cukup beragam, seperti hutan bakau, hutan pantai, serta hutan tropis. Selain menyuguhkan keanekaragaman hayati yang hidup di vegetasi hutan, Pulau Sempu juga menawarkan pemandangan yang memukau berupa danau seluas 4 hektar yang terletak di tengah pulau. Danau yang disebut Segara Anakan ini airnya berasal dari ombak laut yang memasuki lubang tebing di sisi danau. Dengan air yang jernih ditambah hamparan pasir putih yang landai membuat Segara Anakan sangat menarik untuk dipakai berenang, memancing atau sekedar bermain dengan pasir.

Itulah beberapa tempat rekreasi di Malang yang memiliki daya pesona tersendiri dan menarik untuk dikunjungi. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here