Apa Itu Bank Digital

0
18
bank digital

Saat ini sering sekali kita mendengar istilah Bank Digital di berbagai media. Baik itu media sosial, tv dan lain sebagainya. Apasih sebenarnya bank digital itu? Lalu apa bedanya dengan bank konvensional yang sudah terlebih dahulu ada? Mari kita bahas satu persatu.

Pengertian Bank Digital

Bank digital atau bank online (daring), adalah bank yang layanannya didapat melalui jaringan internet, keuntungan menggunakan bank digital salah satunya lebih cepat dalam melakukan transaksi kemudian juga lebih nyaman, karena tidak perlu pergi ke bank, akses lebih gampang, karena biasanya menggunakan komputer atau cukup dengan smartphone dan koneksi internet.

Keuntungan menggunakan bank digital selain bisa mengakses dari mana saja, lebih mudah mengakses informasi bank, seperti melihat saldo, investasi, dan lainnya dari komputer atau smartphone.

Perbedaan Bank Digital dan Konvensional

Bank digital tidak memiliki cabang secara fisik seperti bank tradisional (konvensional), tetapi menawarkan fitur yang hampir sama, minus kehadiran fisik gedung atau cabangnya.

Bank digital sangat mengutamakan ketentraman, kecepatan, dan akomodasi dalam transaksi keuangan. Hal ini sangat sesuai dengan perkembangan zaman yang semakin cepat dan instan, sehingga orang-orang akan lebih kepincut dengan produk atau layanan yang disediakan bank digital.

Meski semuanya dilaksanakan secara online, pengguna tak perlu khawatir, karena tata cara dan teknologi yang mereka tawarkan telah sangat bagus dan respons yang cepat kalau terdapat sebuah duduk perkara. Bank digital umumnya juga tidak membebankan biaya admin bulanan, jadi sangat cocok bagi para milenial yang ingin menyimpan duit tanpa takut terpotong.

Jumlah bank digital di Indonesia ketika ini terus meningkat, baik yang berasal dari badan perjuangan gres maupun anak perusahaan perbankan konvensional.

Kelebihan yang bisa didapat, meski tidak semua, bank digital menawarkan hal yang mirip-mirip, antara lain

  1. Membayar tagihan secara online
    Bank digital biasanya sudah dilengkapi fitur untuk membayar tagihan utilitas dasar seperti listrik, air, beberapa bank digital menggunakan Visa atau Mastercard yang bisa dihubungkan dengan layanan dompet digital yang memiliki cakupan bisa membayar tagihan lebih luas seperti PDAM, BPJS dan lainnya, bahkan ada yang menawarkan cashback.
  2. Melihat histori transaksi
    Dengan bank online kita bisa mengakses histori transaksi kita dari manapun, lebih cepat, pengeluaran apa saja yang sudah kita keluarkan, bahkan jika ada yang aneh dengan transaksi kita bisa lebih cepat mengetahuinya, dan bisa lebih cepat diatasi.
  3. Transfer mudah & auto-transfer
    Melakukan transfer sesama atau antar bank lebih mudah dan cepat.
    Karena bank digital tidak perlu memiliki cabang, maka beberapa biaya admin bisa dikurangi atau bahkan gratis.
  4. Bunga menarik
    Biasanya, meski tidak selalu, bunga bank digital lebih besar daripada bunga yang ditawarkan oleh bank konvensional, dan karena biaya admin juga bisa gratis, maka bunga bisa langsung masuk rekening kita tanpa potongan admin (pajak bunga tetap ada).
  5. Hemat waktu
    Dengan mengakses komputer atau smartphone, kita tidak perlu datang ke bank, atau mengantri untuk melakukan transaksi, atau sekedar melihat cetak rekening koran, dan waktu bisa digunakan untuk hal lain.

Bank Raya Digital

Untuk kalian yang ingin mencoba fitur dan fasilitas dari Bank Digital ini, salah satunya kalian bisa mencoba Bank Raya. Bank Digital yang merupakan anak perusahaan dari Bank BRI ini memberikan berbagai macam program menabung Bank Raya dan fitur yang menarik.

Raya – Digital Bank adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan pembukaan rekening tabungan secara online dimanapun dan kapanpun tanpa harus ke bank. Pembukaan rekening tabungan di aplikasi Raya sudah menggunakan teknologi eKYC. Selain itu, Raya – Digital Bank dapat digunakan untuk transaksi keuangan dan juga menabung.

Fasilitas yang akan didapatkan ketika menggunakan Aplikasi Bank Raya ini antara lain:

  1. Nasabah akan terdaftar pada Internet Banking Bank Raya secara otomatis
  2. Nasabah tidak akan mendapatkan buku tabungan, segala aktivitas transaksi rekening tabungan dapat dipantau melalui e-statement
  3. Nasabah dapat melakukan transaksi keuangan melalui aplikasi saja, selain itu kedepannya nasabah juga dapat melakukan transaksi melalui Kantor Cabang dan juga Unit BRI di Seluruh Indonesia
  4. Nasabah dapat menggunakan fitur Saku Raya, dimana nasabah dapat memiliki lebih dari satu jenis rekening yang disesuaikan dengan kebutuhan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini