Wajah Indonesia dalam Scene Hollywood

0
14
wajah indonesia dalam film eat pray love
wajah indonesia dalam film eat pray love - sumber gambar: indonesiaexpat.biz

Apabila berbicara tentang industri film, tentu kebanyakan dari kita akan langsung terpikir kata “Hollywood”. Perfilman Amerika itu memang menjadi industri yang produktif menciptakan banyak karya-karya film yang didistribusikan ke seluruh dunia. Dalam seiiap tahun, beragam genre dan tema cerita juga telah diangkat kedalam kisah film layar lebar oleh para pelaku film di Hollywood. Namun tahukah anda, diantara banyaknya kisah-kisah dalam film Hollywood, ternyata ada beberapa film yang mengangkat tentang Indonesia. Baik dari segi kebudayaan, keindahan alam, bahkan latar tempat kejadian cerita dalam film tersebut. Inilah beberapa film Hollywood yang dalam beberapa scene jalan ceritanya mengangkat tentang Indonesia.

1. Eat, Pray, Love

Eat, Pray, Love adalah sebuah film bergenre drama yang diproduksi pada tahun 2009. Film ini dibintangi oleh Julia Robert yang berperan sebagai Elizabeth Gilbert. Elizabeth adalah seorang wartawan dan novelis dari kota New York. Ia digambarkan sebagai wanita sukses yang telah memiliki segalanya, karir yang mapan, suami yang tampan, dan tempat tinggal yang nyaman. Namun Elizabeth tidak merasa bahagia dengan semua itu. Akhirnya ia memutuskan untuk berkeliling ke tiga Negara untuk menemukan makna kebahagiaan yang ia cari. Salah satu dari tiga Negara yang ia kunjungi itu adalah Indonesia. Dalam film ini, banyak diperlihatkan bagaimana keindahan alam kota Bali serta adat dan budaya para masyarakat Bali melalui scene-scene saat Elizabeth berkeliling Bali dan bersosialisasi dengan masyarakat Bali. Film ini juga menggandeng aktor dan aktris Indonesia seperti Christine Hakim dan Hadi Subiyanto untuk berperan sebagai pemeran pendukungnya. Dikisahkan pada akhirnya di Bali Elizabeth jatuh cinta dan menemukan cinta sejatinya.

2. John Wick : Chapter 3 – Parabellum

john wick indonesia silat scene
Adegan silat dalam film John Wick – sumber gambar: gatra.com

Anda pasti sudah tidak asing dengan karakter John Wick yang diperankan oleh aktor Keanu Reeves. John Wick dikenal sebagai tokoh yang memiliki kemampuan bertarung sangat hebat dan selalu berhasil mengalahkan lawan-lawannya. Dalam sekuelnya yang ketiga yaitu John Wick : Chapter 3 – Parabellum, John Wick mendapatkan lawan yang cukup membuatnya kerepotan. Mereka adalah Cecep Arif Rahman dan Yayan Ruhian. Ya, para aktor laga asal Indonesia ini berperan sebagai musuh John Wick dan mengajak John Wick berduel dengan keahlian silat mereka. Maka, dalam beberapa scene film ini kita bisa melihat bagaimana kerennya jurus-jurus bela diri asli Indonesia yang ditampilkan oleh kedua aktor tersebut. Saat melakukan adegan silat tersebut, cecep dan Yayan juga menggunakan senjata tradisional khas minang, yaitu karambit. Bahkan dalam film ini sempat terselip beberapa dialog dalam bahasa Indonesia yang diucapkan oleh Cecep dan Yayan. Namun bukan hanya mereka saja, di akhir scene, John Wick juga mengucapkan dialog dalam Bahasa Indonesia, yaitu “sampai jumpa”. Diketahui bahwa penggunaan dialog Bahasa Indonesia ini ternyata merupakan ide dari Keanu Reeves sendiri yang ingin Cecep dan Yayan menggunakan Bahasa Indonesia saat beradegan silat.

3. After The Dark / The Philosophers

Cinta Laura dalam film After the Dark
Cinta Laura dalam film After the Dark – sumber gambar: kabarindonesiadariluarindonesia.blogspot.com

Film ini pada awalnya berjudul The Philosophers, namun kemudian berganti judul menjadi After The Dark. Film yang disutradarai oleh John Huddles ini dibintangi oleh beberapa aktor Hollywood seperti Rhys Wakefield, Daryl Sabara, Bonnie Wright, dan James D’Arcy. Namun selain nama-nama tersebut, ada satu aktris asal Indonesia yang juga ikut bermain dalam film ini, yaitu Cinta Laura Kiehl. Film bergenre psikologi thriller ini mengambil setting tempat di Indonesia, terutama di kawasan Candi Prambanan. Dalam film ini, kita akan banyak disuguhkan dengan keindahan dan pesona candi yang menjadi kebanggaan Indonesia tersebut. Selain Prambanan, film ini juga mengambil lokasi shooting di berbagai tempat di Indonesia seperti Pulau Belitung, Pulau Sumatera, dan Gunung Bromo. Sang sutradara sendiri menyebut bahwa ia memang ingin mengangkat pesan mengenai multikulturalisme dalam film ini.

4. La La Land

indonesia hollywood - la la land movie

La La Land adalah film drama musikal produksi Hollywood  yang banyak meraih penghargaan dalam ajang Academy Award tahun 2017. Film ini memang tidak mengambil latar di Indonesia ataupun memperlihatkan kebudayaan Indonesia, namun dalam salah satu scene film ini menyebut mengenai keindahan Indonesia. Scene tersebut adalah scene antara Greg yang diperankan oleh Finn Wittrock dan kakaknya yang memberi saran agar Greg mengunjungi Indonesia.

Kakak Greg: “Aku punya saran untukmu. Indonesia”
Greg: “Aku belum pernah mendengarnya”
Kakak Greg: “Aku tidak ingat semuanya, tapi itu mengubah hidupku. Tempat itu (Indonesia) sangat mempengaruhiku dan luar biasa”
Greg: “Apakah semenarik itu?”

Dalam dialog singkat antara Greg dan kakaknya ini kita bisa menilai betapa Indonesia adalah Negara yang sangat indah dan luar biasa untuk dikunjungi.

Itu tadi beberapa film Hollywood yang mengangkat hal-hal mengenai Indonesia dalam jalan ceritanya. Tentunya ini menjadi suatu kebanggaan bagi kita karena ternyata negara kita memiliki banyak hal-hal yang menarik bahkan hingga diminati oleh para sineas-sineas tersebut. Maka sudah seharusnya kita sebagai warga negaranya sendiri bisa lebih menghargai dan mengangkat apa yang kita miliki tersebut.

Tinggalkan Balasan