Pentingnya Belajar Sejarah Bangsa Indonesia

4
19
sejarah bangsa indonesia

Belajar sejarah bangsa Indonesia bagi penduduk Indonesia adalah sesuatu yang wajib dilakukan. Ada banyak manfaat belajar sejarah bangsa Indonesia yang menjadi alasan kenapa kita sebaiknya mempelajari sejarah bangsa Indonesia dengan sebaik-baiknya. Diantaranya adalah:

1. Memperluas Pengalaman

Pertama, manfaat belajar sejarah Indonesia baik secara mandiri maupun di bangku sekolah adalah untuk memperluas pengalaman. Ya, pengalaman tersebut kemudian kita jadikan pegangan menjalani hidup. Bahwa, dahulu para pahlawan telah berusaha sekuat tenaga untuk membela bangsa Indonesia hingga titik darah penghabisan.

Dahulu, bangsa kita di jajah mulai dari hitungan tahun sampai dengan hitungan ratusan tahun, dan mencoba menyelamatkan bangsa dari tindakan penjajahan itu. Sekarang, bentuk penjajahannya tidak lagi penjajahan fisik, namun penjajahan di bidang lain sehingga kita harus bisa meng-filter diri sendiri dari penjajahan tersebut.

2. Berpikiran Luas dan Terbuka

Cara pandang yang luas dan terbuka adalah salah satu manfaat belajar sejarah bangsa Indonesia. Berpikiran luas berarti kita bersifat terbuka terhadap siapa saja namun tetap bisa menyaring mana yang sebaiknya kita lakukan dan mana yang ditinggalkan.

Terbuka terhadap kompetisi, tidak menutup diri, dan selalu meng-up grade diri agar menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Memandang dunia secara luas dari sisi yang positif dan selalu berpacu untuk maju dengan selalu meningkatkan kemampuan diri dalam ilmu, pengetahuan dan teknologi. 

4. Membentuk Identitas Bangsa

Selanjutnya adalah dengan belajar sejarah bangsa Indonesia, maka identitas dan kepribadian bangsa akan terbentuk. Indonesia adalah Indonesia. Bukan Jepang, bukan Amerika, bukan pula Arab Saudi. Meski menyerap sesuatu yang positif dari berbagai negara itu adalah seyogyanya dilakukan, namun ini tidak berarti kita harus menjadi bangsa yang berkiblat pada bangsa lain.

Karena apa? Karena Indonesia sendiri memiliki nilai, memiliki budaya yang sudah disesuaikan dengan bangsa Indonesia. Mengambil perkembangan yang positif dari bangsa-bangsa yang lain, dan tetap berpegang teguh pada nilai yang dimiliki bangsa Indonesia. Filterisasi wajib dilakukan agar bangsa Indonesia tidak kehilangan identitas.

5. Belajar Menjadi Lebih Baik

Dari belajar sejarah di masa lalu, kita akan belajar menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Bagaimana tidak? Dahulu mungkin kita merasa begitu mudah ditaklukkan oleh bangsa asing dengan tindakan persuasif yang dilakukan.

Namun, setelah belajar dari sejarah, maka tidak sebaiknya kita mudah sekali percaya pada orang lain. Dan, tidak sebaiknya kita mengalah saat negara dan identitas diri di jajah, ada pemberontakan yang semestinya dilakukan lebih dini agar penjajahan tidak berlarut-larut.

Dengan demikian, belajar sejarah bangsa Indonesia baik itu belajar secara mandiri maupun belajar di bangku sekolah adalah keharusan agar terbentuk pribadi yang lebih baik dan cinta tanah air.

4 KOMENTAR

  1. Alangkah lebih baik juga kalau dibarengi belajar sejarah dunia. Biar nggak bangga berlebihan. Bahaya nanti kalau bangga berlebihan. Gampang aja diadu sama komunitas lain. 😀

  2. Belajar sejarah itu bagi saya suatu aktivitas yang menarik. Apalagi kalau sudah penasaran, untuk satu bahasan bisa mencari dari banyak sumber. Selalu ada materi pembanding dari sumber berbeda.

    Tambah wawasan dan pengetahuan, itu pasti banget kalau rajin membaca sejarah.

    Mari tetap belajar sejarah.

    Salam,

Tinggalkan Balasan