Pantai Sendang Biru

0
19
pantai sendang biru

Pantai Sendang Biru | Pantai Sendang Biru merupakan objek wisata pantai yang terdapat di daerah Provinsi Jawa Timur kabupaten Malang, yaitu di kecamatan sumbermanjing Wetan tepatnya di desa Tambakrejo.

Malang memang sangat terkenal dengan banyaknya objek wisata berupa pantai yang sangat indah di daerahnya. Misalnya saja pantai sipelot, pantai 3 warna, termasuk juga pantai ini.

Namun, dari semua pantai wisata tersebut, yang paling terkenal adalah Pantai Sendang Biru. Pantai wisata yang satu ini memiliki lokasi yang agak tersembunyi dengan sajian pemandangan alam pantai yang sangat indah.

Pantai sendang biru terletak di Wilayah selatan dari kota Malang. Pantai ini berhadapan dengan laut samudera Indonesia sehingga memiliki ombak yang cukup besar dan kencang.

Meski demikian, Pantai Sendang Biru termasuk wilayah pantai dengan ombak yang lebih tenang jika dibandingkan dengan pantai lainnya yang juga menghadap Samudera.

Hal ini disebabkan oleh adanya sebuah pulau yang bernama Pulau Sempu, yang posisinya tidak jauh dari garis pantai Pulau Sendang Biru. Pulau Sempu inilah yang menghalangi besarnya ombak datang langsung dari laut Samudra Indonesia.

Pulau Sempu juga dikenal sebagai bagian dari keindahan wilayah pantai Sendang. Kedua objek wisata yang berdekatan ini menjadi favorit wisatawan yak berasal dari dalam dan luar negeri.

Harga tiket

Sebagaimana objek wisata pada umumnya, untuk bisa masuk ke area pantai wisata ini Anda diharuskan untuk membeli tiket terlebih dahulu. Yaitu dengan harga Rp5.000 per orangnya.

Harga ini bukanlah harga yang mahal jika dibandingkan dengan keindahan pemandangan alam pantai Sendang yang akan anda dapatkan.

Rute jalan Ke lokasi wisata

Pantai Sendang Biru terletak tidak kurang dari 65 km dari kota Malang. Jarak Perjalanan Ini bisa anda tempuh dengan berkendara selama dua hingga tiga jam menggunakan kendaraan motor ataupun mobil. Untuk menuju pantai ini Anda tidak akan menemukan adanya kendaraan umum.

Oleh karena itu, untuk berwisata ke Pantai Sendang Biru anda perlu membawa kendaraan pribadi.

Rute yang akan anda lewati yaitu dari kota Malang menuju ke daerah Gadang, kemudian melewati pabrik gula Krebet. Dari pabrik gula Krebet Anda juga akan menemukan pabrik Pindad, teruskan perjalanan Anda tinggal masuk ke pedesaan. Dari desa tersebut, Anda tinggal menempuh tidak kurang dari 15 KM perjalanan untuk sampai di daerah pantai Sendang.

Sebelum melakukan perjalanan ke Pantai Sendang pastikan bahwa kondisi tubuh dan kendaraan anda dalam keadaan Fit. Hal ini karena Selama perjalanan melewati jalanan dengan belokan yang sangat banyak sehingga akan ada kemungkinan bahwa anda akan mabuk darat.

Meski demikian, sepanjang perjalanan Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam pegunungan dan pepohonan yang sangat indah dan alami. Anda juga akan menikmati sejuknya suhu hutan dan pepohonan khas Pantai Sendang Biru.

Pengalaman wisata Pantai Sendang Biru

Ada beberapa hal yang akan anda dapatkan dan bisa nikmati selama anda berwisata di Pantai Sendang Biru, yaitu:

1. Pemandangan alam pantai yang sangat indah

Seperti disebutkan di atas Pulau Sempu yang tidak jauh dari pantai Sendang Biru menjadikan kondisi ombak di pinggir sangat aman dan tidak terlalu besar. Kondisi ini cocok dan aman Jika anda ingin berenang bersama keluarga. Selain itu, Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan menarik lainnya seperti berjemur di pantai, menyelam untuk menikmati sajian keindahan alam bawah laut Pantai.

2. Sarana perahu untuk wisata

Di sekitar area wisata Pantai, Anda bisa menyewa Perahu untuk anda gunakan selama anda berwisata. Perahu tersebut bisa anda sewa dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu Rp100.000 untuk perahu bermotor, dan Rp50.000 untuk perahu Tidak bermotor.

3. Akses ke Pulau Sempu

Saat Anda berwisata  ke pulau Sendang Biru, Anda juga bisa menyeberang ke Pulau Sempu menggunakan perahu sewaan dengan harga sewa Rp100.000.

4. Wisata Telaga Pulau Sempu

Pulau Sempu terkenal memiliki beberapa Telaga yang sangat indah untuk berwisata, misalnya telaga sat yang, Telaga lele, dan juga Telaga anakan. Semua Telaga ini sangat dikenal keindahannya masing-masing.

5. Wisata pemancingan

Pantai Sendang Biru memiliki fasilitas yang dibuat khusus untuk anda yang hobi mancing. Bahkan, bisa memancing dari pinggir pantai atau juga menggunakan perahu sewaan.

6. Acara pesta adat

Jika anda berkunjung kesini pada bulan September setiap tahunnya, maka anda akan menyaksikan adat pelik laut. Pesta adat ini berlangsung selama 1 minggu dengan berbagai sajian hiburan, misalnya tampilan wayang, dangdutan organ tunggal, dan juga acara adat lainnya.

7. Fasilitas penginapan

Jika anda berkunjung ke Pantai Sendang Biru untuk beberapa hari, anda bisa menggunakan fasilitas penginapan yang disediakan khusus Untuk para pengunjung yang akan menginap beberapa hari. Penginapan ini bisa anda gunakan dengan membayar sewa penginapan Rp200.000 untuk 2 orang.