Manfaat Madu Asli Untuk Kesehatan

0
64
Go Wild Honey Bali

Banyak sekali manfaat madu asli yang bisa didapatkan untuk kesehatan kita. Cairan manis ini dapat meningkatkan stamina, menjaga imunitas tubuh, meredakan batuk dan dapat juga memelihara kesehatan jantung.

Makanan yang sangat banyak manfaatnya ini dihasilkan oleh lebah. Seperti semut, lebah juga merupakan serangga yang hidup berkelompok dan memiliki tugas masing-masing. Hewan kecil ini sangat menakjubkan. Keberadaannya dapat memberi pelajaran bagi kita.

Bagaimana Lebah Bisa Menghasilkan Madu

Madu adalah cairan manis bernutrisi yang dihasilkan oleh lebah madu dari nektar bunga. Para lebah pekerja akan menghisap nektar dari bunga dengan bantuan mulut hisapnya (probosis).

Nektar yang telah dihisap tersebut akan disimpan oleh sang lebah dalam kantung madu. Jika kantung tersebut sudah penuh maka sang lebah pekerja akan kembali kesarangnya.

Di dalam sarang, lebah pekerja yang lain akan menerima nektar yang telah dikumpulkan tadi. Sang lebah yang berada disarang bertugas untuk memproses madu tersebut dalam mulut dan perutnya.

Saat proses pembuatan madu berlangsung, lebah akan menambahkan enzim sehingga nektar berubah menjadi madu mentah.

Madu mentah akan disimpan dalam sarang madu. Kepakan sayap lebah, akan membuat kadar air dalam madu mentah berangsur menurun.

Saat madu sudah terlihat manis dan kental, lebah akan menutup madu tersebut dengan lapisan lilin.

Manfaat Madu Asli Untuk Kesehatan

Manfaat madu asli untuk kesehatan ini didapatkan dari kandungan nutrisinya yang sangat beragam. Selain mengandung gula yang membuatnya terasa manis, madu juga mengandung banyak sekali vitamin. Seperti vitamin A, vitamin E, vitamin K, vitamin B komplek dan vitamin C.

Berikut ini beberapa manfaat madu asli untuk kesehatan:

Menangkal Radikal Bebas

Kandungan vitamin pada madu merupakan antioksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas berlebih dalam tubuh. Khasiat madu ini sangat berguna untuk mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh yang disebabkan oleh aktivitas oksidasi.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, vitamin yang terkandung dalam madu dapat memperkuat sel-sel imun dalam tubuh. Hal ini tentunya akan memperkecil kemungkinan terjadinya penyakit infeksi. Ditambah lagi, madu juga diketahui memiliki khasiat sebagai antibakteri dan antijamur.

Meredakan Batuk

Rasa madu yang manis dapat memicu produksi air liur untuk melembapkan tenggorokan yang kering. Sehingga madu dapat mengurangi rasa gatal di tenggorokan dan keinginan untuk batuk. Selain itu, berbagai antioksidan pada madu juga bermanfaat untuk meredakan peradangan yang bisa memicu batuk.

Menjaga Kesehatan Jantung

Senyawa fitonutrien pada madu dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan cara melancarkan aliran darah. Beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa madu dapat menurunkan tekanan darah serta kadar kolesterol jahat dan lemak dalam darah.

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Beragam manfaat yang telah kita bahas tadi, tentu saja hanya didapatkan jika kita mengkonsumsi madu asli. Seperti yang telah kita ketahui bersama, sekarang ini banyak sekali madu palsu yang beredar di pasaran.

Madu palsu tersebut kebanyakan merupakan larutan gula yang dikentalkan saja. Alih-alih akan mendapatkan manfaat, jika kita mengkonsumsi madu yang palsu ini secara terus menerus dapat meningkatkan resiko penyakit diabetes dan jantung.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dicoba untuk mengecek apakah madu yang kita beli merupakan madu asli, palsu atau campuran:

Merebus Madu

Agar bisa melihat ciri-ciri madu asli tanpa campuran, Anda bisa merebus madu di atas sendok. Caranya cukup mudah, tuangkan madu ke dalam satu sendok, lalu panaskan sendok yang sudah terisi madu di atas lilin atau api.

Apabila madu tersebut mengeluarkan busa yang cukup banyak dan hampir tumpah dari sendok, bisa disimpulkan bahwa madu tersebut asli atau murni. Namun, jika madu tersebut hanya mengeluarkan sedikit busa, bisa dikatakan madu tersebut palsu atau telah dicampur dengan bahan lain di dalamnya.

Membekukan Madu

Cara berikutnya untuk membuktikan madu itu asli atau campuran dengan memasukkan madu ke dalam freezer. Jika madu tersebut tidak membeku setelah beberapa lama, bisa dikatakan madu tersebut asli. Namun jika membeku, kemungkinan besar madu tersebut adalah madu palsu atau telah dicampur.

Membakar Madu

Cara terakhir yang dapat dicoba adalah dengan membakarnya. Caranya sangat mudah, lumuri korek api kayu dengan madu yang dicurigai. Lalu nyalakan korek tersebut.

Kalau korek api masih menyala setelah dilumuri madu, bisa dikatakan bahwa madu tersebut asli atau murni tanpa campuran. Namun jika korek api kayu tidak menyela, maka madu itu palsu atau sudah bercampur dengan bahan lain.

Nah, beberapa cara diatas dapat dicoba dirumah untuk mengecek keaslian madu yang kita beli. Namun untuk kepastian dan keakuratannya tentu saja madu tersebut harus diuji di laboratorium lebih lanjut.

Salah satu cara yang lain untuk mendapatkan madu asli adalah dengan memilih produsen yang terpercaya. Salah satunya adalah Go Wild Honey. Go Wild Honey Bali memberikan Anda madu kualitas terbaik langsung dari sarang lebah ke dalam toples. 100% madu organik dari Bali dikirimkan tepat di depan pintu Anda.

Terdapat beragam jenis madu asli yang dijual disana. Salah satunya adalah Jungle honey (coffee flavor) atau biasa disebut kopi madu. Memiliki rasa kopi yang ringan, digunakan sebagai obat tradisional atau obat pencegah untuk mengobati masuk angin, radang kulit. Membantu meringankan insomnia dan menghilangkan akumulasi stres.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini