Cara Bikin NPWP Online Lewat Hp Android

0
50
npwp

Ditengah pandemi gini semua aktivitas bisa dilakukan secara online. Agar dapat mengurangi resiko dampak yang ditimbulkannya jika datang langsung. Nah kali ini infounix akan bagikan cara bikin npwp onine lewat hp android. 

Memiliki NPWP sudah wajib sebagai warga Indonesia layak nya seperti KTP. Karna NPWP sebagai aturan agar selalu taat pajak.

Fungsi NPWP

  1. NPWP berfungsi sebagai administrasi perpajakan
  2. NPWP merupakan indentitas bagi seseorang wajib pajak
  3. Demi tercapainya ketertiban dalam pengawasan dan pembayaran pajak
  4. NPWP berguna untuk seluruh dokumen yang berkaitan dengan perpajakan 

Npwp juga berfungsi untuk pembukaan kartu rekening. Jadi jika kamu blm mempunyai NPWP kamu harus bikin terlebih dahulu. Selain itu NPWP juga memiliki fungsi sebagai administrasi perpajakan atau urusan diluar administrasi perpajakan. Jika seseorang sudah wajib memiliki NPWP. Namun masih belum memiliki maka bisa dikenakan sanksi sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. 

Aturan perpajakan pemerintah

Aturan perpajakan sudah  tercantum dalam undang undang nomor 7 Tahun 2011. Tentang hak dan pemenuhan kewajiban Perpajakan. Hal tersebut sesuai undang undang perpajakan, tak hanya orang pribadi. Badan atau perusahaan Pun wajib memiliki npwp.

NPWP diwajibkan untuk siapa ?

Npwp diwajibkan kepada seseorang yang sudah atau belum memiliki penghasilan. Sementara itu jika kamu blm memiliki penghasilan kamu masih bisa membuat nya karena wajib pajak dilakukan jika seseorang atau badan atau perusahaan memiliki penghasilan diatas 4.500.000 dalam sebulan. jika penghasilan dibawah 4.500.000 kamu blm wajib untuk membayar pajak.

Tak hanya itu NPWP juga dibagi  menjadi 2 kelompok wajib pajak diantaranya : 

  1. Orang pribadi 
  2. Pajak badan

Orang pribadi

Wajib pajak dilakukan jika seseorang belum menikah dan suami sebagai kepala keluarga. Selain itu wajib pajak orang pribadi dilakukan jika seseorang hidup berpisah, pisah harta Memilih terpisah Dan warisan blm terbagi 

Pajak badan

Pajak badan adalah sekumpulan orang atau modal yang memiliki kesatuan. Baik yang melakukan usaha maupun yang tidak melakukan usaha.

Ada beberapa kategori pajak badan diantaranya : join operator, Kantor perwakilan perusahaan asing, Bendahara seperti ( bandahara pemerintah yang membayar gaji ) dan penyelenggaraan kegiatan.

Apakah NPWP penting ?

Jelas sangat penting, jika kamu ingin melamar kerja ada beberapa perusahaan yang mewajibkan pelamar harus memiliki NPWP sebagai syarat kamu melamar diperusahaan tersebut. Tak hanya itu nwpw juga penting jika kamu ingin membuka kartu rekening di bank. Karna itu adalah salah satu syarat dalam membuka kartu rekening di bank. Lalu bagaimana cara membuat NPWP? .  Ada 2 cara jika kamu ingin membuat NPWP kamu  bisa bikin melalui offline ataupun online 

Cara bikin NPWP offfline

Kamu harus mendatangi kantor pelayan pajak kamu bisa langsung datang ke ke kantor layanan pajak terdekat sesuai dengan domisili kamu. Dengan membawa semua dokumen  persyaratan yang dibutuhkan. Semua dokumen tersebut kamu fotocopy dan kamu harus mengisi formulir pendaftaran wajib pajak yang di peroleh dari petugas KPP. 

Cara bikin NPWP online 

  1. Siapkan hp android kamu, lalu kunjungi situs https://ereg.pajak.go.id/daftar untuk bikin NPWP online di situs Dirjen pajak 
  2. Setelah mengunjungi situs tersebut untuk bikin NPWP online langkah 1 kamu harus mendaftar. Masukkan email kamu lalu ketikan captcha pada web tersebut lalu klik ” daftar “
  3. Langkah ke 2, silahkan verifikasi account kamu. Jika sudah pilih jenis Wp ” orang pribadi “, kemudian Isi nama kamu sesuai KTP, kemudian isi password, no hp, Pertanyaan, jawaban dan kamu harus isi kode captcha kemudian klik ” daftar “. Jika sudah dibuat nanti nya kamu akan diarahkan untuk login pakai account yang tadi kamu buat.
  4. Isi kategori npwp
  5. Isi no NIK dan KK kemudian check
  6. Isi sumber penghasilan, jika kamu blm memeliki pengahsilan silahkan isi sebagai karyawan swasta
  7. Isi alamat tinggal kamu
  8. Isi alamat sesuai KTP 
  9. Isikan penghasilan dalam sebulan
  10. Sebelum klik simpan. Kamu wajib membaca penjelasannya jika sudah
  11. Klik simpan
  12. Kemudian Minta token, dan masukkan email dan kode captcha
  13. Cek kode token terkirim dari email
  14. Salin kode token
  15. Klik kirim permintaan
  16. NPWP dalam bentuk pdf akan terkirim lewat email kamu. 

Nah itu dia cara bikin npwp online maupun offline. 

Jangka Waktu Penyelesaian

Setelah persyaratan Permohonan Pendaftaran Acc KPP atau Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) secara keseluruhan, KPP atau KP2KP akan menerbitkan Bukti Penerimaan Surat. KPP atau KP2KP menerbitkan Kartu NPWP dan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) paling lambat satu hari kerja setelah Bukti Penerimaan Surat diterbitkan.

NPWP dan SKT akan dikirimkan melalui Pos Tercatat. Atau jika kamu merasa pihak pos blm mengirimkan NPWP kamu dalam waktu kurang lebih 1 bulan. kamu bisa ambil melalui KPP terdekat sesuai domisili pada NPWP tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini