Permudah Proses Cetak Label Dengan Berbagai Jenis Mesin Coding Otomatis Ini

0
45

Peran dari label pada sebuah produk merupakan hal utama dalam memberikan informasi yang dibutuhkan oleh para konsumen. Melalui label tersebut, para konsumen dapat mendapatkan berbagai macam informasi mengenai produk misalnya adalah nama produk, mengenai tanggal kadaluarsa produk, tanggal produksi, dan sebagainya.

Melalui label juga, seorang konsumen dapat menaruh kepercayaan mereka pada sebuah produk dari sebuah perusahaan. Dengan pemberian label yang menarik, seorang konsumen dapat tertarik dengan produk yang kita buat. Sehingga, setelah mereka tertarik dengen produk tersebut, mereka akan menggunakan produk tersebut secara terus menerus.

Berbicara mengenai label? Pernahkah anda membayangkan mesin seperti apakah yang dapat mencetak label tersebut? Nah, jawabannya adalah dengan menggunakan mesin coding otomatis. Mari kita bahas apa itu mesin coding otomatis beserta jenis-jenisnya.

Apa itu sebenarnya mesin coding otomatis?

Mesin coding otomatis merupakan mesin yang digunakan untuk mencetak label, logo, maupun kode pada sebuah kemasan produk. Pemberian label pada kemasan ini bertujuan untuk memberikan informasi yang relevan mengenai produk tersebut.

Jenis mesin coding otomatis ini terdiri dari berbagai macam, salah satunya adalah mesin laser coding printer. mesin laser coding printer merupakan mesin keluaran terbaru setalah mesin thermal coding dan juga inkjet.

Mesin laser coding ini memanfaatkan teknologi laser yang digunakan untuk mencetak kode maupun label pada sebuah produk. Laser yang digunakan ini bisa menghasilkan hasil cetakan dengan kualitas yang terbaik dan juga sangat jelas.

Proses percetakan kode pada sebuah produk tidak bisa dipisahkan dari proses produksi. Hal ini karena dari sebuah label, para konsumen akan mendapatkan informasi yang dibutukan oleh para konsumen.

Jenis Mesin Coding Otomatis dari Laser Print

Mesin coding otomatis mengalami perkembangan yang pesat dari masa ke masa. Salah satunya yaitu penggunaan mesin coding laser printer. Jenis mesin ini terdiri berbagai macam dan tipe. Berikut beberapa jenis mesinnya antara lain :

1. CO2 Laser Coding

Mesin CO2 laser coding atau disebut juga dengan mesin Carbon Dioxide Laser Coding karena mesin ini menggunakan gas karbon dioksida yang dicampur dengan berbagai jenis bahan yang lain sebagai bahan utamanya. Mesin jenis ini dapat mencetak dengan proses yang sangat cepat dan juga hasil cetakan kodenya sangat jelas dan rapi.

Mesin CO2 laser ini terdiri dari 2 jenis yaitu PL 8015CO dan PL 8030CO. Proses pemilihan mesin jenis ini yang cocok dengan usaha anda adalah seberapa baik pemilhan bahan atau media yang akan digunakan dalam proses menyerap sinar laser dari mesin coding ini. Karena setiap jenis mesin mempunyai panjang gelombang yang berbeda sehingga proses penyerapanpun juga akan berbeda.

2. Fiber Laser

Mesin fiber laser ini memiliki fungsi yang yang terbaik karena fungsi dan bentuknya sangat simple dan ringkas. Penggunaan dari mesi fiber laser ini dapat dipakai pada jenis permukaan yang berbeda, contohnya pada permukaan logam maupun non-logam. Hasil dari cetakan mesin ini dapat berajam lama dan tidak akan mudah hilang dalam waktu yang cukup lama.

Dengan berbagai jenis keuntungan yang dimiliki oleh mesin fiber laser, penggunaan dari mesin ini banyak digunakan pada jenis industri otomotif, komponen elektronik, peralatan hardware, dan sebagainya.

3. UV Laser Coding

Mesin UV Lase Coding digunakan pada berbagai jenis usaha industri karena mesin ini sangat serbaguna penggunaanya. Prinsip dari mesin ini mesin ini yaitu dengan penerapan reaksi dari ultraviolet yang sedemikian rupa. Menghasilkan titik pemfokusan sangat kecil dan zona yang terpengaruh oleh panas pada saat pemrosesan menjadi sangat minim. Sehingga pengkodean super halus dan rapi menjadi salah satu keunggulan UV Laser Coding ini.

Penggunaan dari mesin jenis ini banyak diterapkan pada industri otomotif maupun elektronik. Contohnya adalah mencetak pada komponen otomotif maupun pada elektronik. Selain itu, mesin ini bisa juga digunakan pada industri untuk perangkat medis.

Itulah sedikit penjelasan mengenai mesin coding otomatis dengan jenis mesin coding laser. Setiap jenis mesin coding laser mempunyai keunggulannya masing-masing. Pilihlah mesin yang sesuai dengan jenis usaha anda agar anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari penggunaan mesin tersebut. Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini