Berwisata di Candi Prambanan

0
28
candi prambanan

Berbicara mengenai Yogyakarta, tak akan pernah ada habisnya. Mengapa demikian? Karena di kota ini kita akan dengan mudah membuat banyak kenangan. Jadi tak akan lengkap tanpa berwisata dan mencicipi kuliner khasnya. Candi Prambanan adalah tempat yang cocok dituju untuk menyimpan kenangan Anda selama di Yogyakarta.

Hampir pasti akan mendatanginya, terutama bagi para pecinta sejarah. Wisata satu ini juga masuk dalam salah satu keajaiban dunia yang dicatat oleh UNESCO. Candi yang bernuansa Hindu ini merupakan salah satu peninggalan sejarah Indonesia sebelumnya.

Arsitektur luar biasa menyelimutinya, untuk menunjukkan keahlian manusia terdahulu. Cocok sekali diabadikan keunikan dan kedetailan arsitekturnya. Padahal ketika masa itu masih belum terdapat alat canggih.

Kompleks Candi Prambanan

Berasal dari kisah Roro Jonggrang, mengatakan bahwa ada seribu candi di dalamnya. Tetapi kalau dihitung dengan detail, sekitar 240 buah candi saja dalam Candi Prambanan. Empat buah pintu masuk terletak di setiap penjuru mata angin. Pintu utamanya berada di bagian Timur.

Jika diulas berdasarkan ajaran Hindu, candi ini ialah sebuah persembahan bagi Dewa Siwa atau selaku Sang Penghancur. Berdasarkan prasasti yang disimpan di Museum Nasional Indonesia, nama asli kompleks ini ialah Siwaghra. Berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu Rumah Siwa.

Kegiatan yang Dapat dilakukan di Candi Prambanan

Candi Prambanan yang merupakan peninggalan bersejarah ini sangat cocok digunakan untuk kunjungan wisata edukasi. Karena banyaknya sejarah yang dapat diajarkan serta dikenalkan pada anak – anak. Selain itu Anda juga bisa melakukan beberapa kegiatan menarik berikut ini.

1. Mengenal Seni Sastra dan Membaca Cerita Hindu

Satra yang tertulis dalam candi ini mengisahkan sebuah alur cerita Hindu. Anda bisa membacanya melalui alur pintu masuk utama di sisi Timur, dan berjalanlah searah jarum jam. Berdasarkan itu Anda akan menemukan dua cerita Hindu. Kisah Ramayana dan dan kisah Krishnayana.

Apabila Anda merasa kesulitan untuk membacanya, gunakanlah jasa pemandu yang tersedia. Sang pemandu akan menceritakan seperti apa alur kisah tersebut. Anda juga dapat mendatangi museum di bagian utara kompleks candi ini tanpa biaya sepeserpun.

2. Hunting Foto

Para pemuda pemudi yang hobi berfoto banyak berdatangan pula ke Candi Prambanan ini. Bangunannya yang nampak berdiri kokoh dan indah ini sangat cocok dijadikan latar foto. Apalagi ketika malam datang, tempat ini akan semakin indah dengan lampu – lampu. Terutama yang menyorot Candi Trimurti yang megah dan nampak mewah dari cahaya keemasan.

3. Keliling dan Membeli Souvenir

Nah, setelah puas belajar sejarah dan berfoto, Anda dapat berkeliling menikmati sejuknya alam dari candi. Serta bisa pula berburu souvenir berbagai macam yang khas dari tempat ini. Ada banyak sekali kios – kios yang tersedia dan menjualnya untuk siapapun yang berdatangan.

Tinggalkan Balasan